Barakallah fii Umrik Artinya dan Jawabannya

Yaumul milad barakallah fii umrik artinya secara pengertian adalah semoga Allah memberkahi usiamu. Ini merupakan ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Arab yang mana arti dari kalimat tersebut merupakan sebuah doa yang sangat bagus untuk orang yang sedang ulang tahun.

Selain mengetahui artinya, alangkah baiknya jika kita juga tahu bentuk tuilsan arab barakallah fii umrik. Dan, ada banyak hal-hal penting terkait ucapan selamat ulang tahun yang perlu kita ketahui dari berbagai sudut pandang.

Untuk itu, sebaiknya kita cari tahu lebih jauh tentang ucapan selamat ulang tahun bahasa Arab agar tidak hanya sekedar tahu ucapan barakallah fii umrik saja. Tapi tahu balasan untuk ucapan barakallah fii umrik.

Baca juga artinya mabruk alfa mabruk.

Barakallah fii Umrik Artinya dalam Bahasa Indonesia

Barakallah fii Umrik Artinya dalam Bahasa Indonesia
Sumber Gambar: Canva.com

Sebelumnya sudah kami singgung di awal paragraf tentang arti barakallah fii umrik. Bahwasanya, barakallah fii umrik artinya dalam bahasa Indonesia adalah “semoga Allah memberkahi usiamu”.

Sebaik-baik ucapan adalah sebuah kalimat yang mengandung makna. Dan sebaik-baik makna adalah kalimat yang penuh doa.

Kalimat barakallah fii umrik adalah ucapan yang ditujukan kepada orang yang sedang ulang tahun. Atau dalam bahasa Arabnya adalah yaumul milad.

Kalimat barakallah fii umrik di Indonesia sudah cukup populer. Khususnya di kalangan umat muslim. Namun belum semua umat muslim tahu dan paham dengan kalimat ini. Mungkin termasuk anda yang membaca artikel ini.

Ya, itu sesuatu yang sangat wajar. Apalagi kalimat tersebut bukan dari bahasa keseharian kita. Nah, hal yang terbaik bagi orang yang belum tahu adalah mencari tahu.

Dengan begitu, pengetahuan kita akan bertambah dan bisa bermanfaat dengan memberi tahukan pada yang belum tahu dan belum paham.

Jawaban Ucapan Barakallah fii umrik

Jawaban Ucapan Barakallah fii umrik
Sumber Gambar: Canva.com

Mencari informasi tentang arti barakallah fii umrik tentu tidak lengkap jika tidak mencari informasi apa jawaban kalimat tersebut.

Apa jawaban untuk ucapan barakallah fii umrik?

Jika kita mendapat ucapan barakallah fii umrik, maka jawablah “wa fiikum barakallah“. Apa arti dari kalimat tersebut? Artinya yaitu dan untukmu semoga Allah memberkahi. Atau mudahnya semoga Allah memberkahimu juga.

Ini adalah suatu komunikasi yang sangat baik. Saling mendoakan adalah sebagian dari adabnya umat muslim. Begitulah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada umatnya.

Seperti halnya ucapan assalamu’alaikum. Rasulullah SAW mewajibkan umatnya menjawab ucapan salam.

Artinya apa? Artinya ketika kita didoakan orang lain, sangat ditekankan untuk menjawab doa tersebut. Contohnya seperti salam dan menjawab salam.

Hal Hal yang Sebaiknya Dilakukan Ketika Ulang Tahun

Hal Hal yang Sebaiknya Dilakukan Ketika Ulang Tahun
Sumber Gambar: Canva.com

Berbagai macam bentuk cara orang merayakan hari ulang tahunnya. Ada yang membuat pesat kecil-kecilan, ada yang diberi berbagai kejutan seperti dilempar tepung dan air, ada yang meniup lilin, dan masih banyak lagi.

Apakah hal-hal tersebut sudah termasuk baik? Sebenarnya tidak ada masalah selagi yang berulang tahun ridho. Namun, dalam pandangan Islam, sesuatu bisa dikatakan baik jika ia ada manfaatnya. Baik manfaat untuk diri sendiri atau pun manfaat untuk orang lain.

Nah, berikut ini ada beberapa saran dari kami mengenai hal-hal yang baik untuk dikerjakan ketika diri sendiri berulang tahun dan ketika mendapati orang lain ulang tahun.

Ulang Tahun Diri Sendiri

Pertama adalah hal-hal baik yang sebaiknya dilakukan ketika diri kita mendapati momen hari ulang tahun sendiri.

1. Jadikan Ulang Tahun Sebagai Momen untuk Muhasabah Diri

Apa itu muhasabah diri? Muhasabah diri adalah merenungi diri sendiri. Bahasa populernya adalah intropeksi diri.

Sudah berapa lama kita hidup di dunia ini? Kira-kira lebih banyak berbuat baik atau lebih banyak berbuat buruk? Sudahkah bisa menjadi orang yang bermanfaat untuk orang lain?

Dalam muhasabah diri, munculkan pertanyaan-pertanyaan kepada diri sendiri seperti pertanyaan di atas.

Dengan begitu, kita bisa melihat kebelakang. Dan akan kita simpulkan sebuah perasaan syukur dan penyesalan.

Tujuan dari muhasabah diri tidak lain adalah untuk menyadarkan diri supaya berusaha menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Apalagi usia hidup kita begitu terbatas.

Kita hidup dibekali pikiran akal dan hati. Jadi gunakan bekal tersebut untuk menuju tujuan hidup di dunia ini. Semua orang pasti fitrahnya ingin menjadi orang baik.

2. Memilih untuk Sedekah ke Anak Yatim dari Pada Berpesta

Berpesta merupakan sesuatu yang sia-sia, jika tidak diniatkan untuk beribadah. Berarti bukan pesta, tapi syukuran.

Nah, yang namanya syukuran pasti berkaitan erat dengan pengeluaran. Entah untuk makan-makan, atau yang lainnya.

Maka, alangkah baiknya jika syukuran tersebut dimaksimalkan dengan cara mengundang anak-anak yatim. Atau bersedekah ke yayasan-yayasan yatim atau yatim piatu.

Tentu cara itu lebih afdhol dan lebih berkah. Dengan begitu, pengeluaran tidak akan sia-sia. Melainkan menjadi pahala. Selain itu, bersedekah ke anak yatim tidak akan membuat kita jadi miskin.

3. Memulai Awal yang Lebih Baik

Hal baik lainnya adalah jadikan hari ulang tahun sebagai titik awal menuju perubahan yang lebih baik. Entah baik dalam segi amal, semangat, atau perbuatan positif lainnya.

Momen-momen seperti hari ulang tahun memiliki kekuatan tersendiri untuk memotivasi diri. Maka gunakan sebagai awal memotivasi diri agar menjadi lebih baik dalam segala hal.

Ulang Tahun Orang Lain

Hal baik apa yang bisa dilakukan jika kita mendapati teman, saudara, atau sahabat kita sedang ulang tahun? Berikut beberapa hal yang bisa anda lakukan.

1. Mendoakan Kebaikan

Memberi ucapan selamat ulang tahun sebenarnya sudah termasuk doa. Jika, ucapannya diawali dengan kata semoga.

Jika orang lain sedang berulang tahun, sebaiknya kita ikut sumbang asih dengan niat untuk membahagiakan orang yang sedang berulang tahun.

Biasanya, hanya dengan mengucapkan selamat ulang tahun saja dia yang ulang tahun sudah sangat bahagia.

2. Memberikan Nasehat Kebaikan

Sering penulis jumpai, ketika ada orang atau temen yang ulang tahun, teman-temannya pada minta traktiran, terus ada juga yang melempari dengan tepung, ada juga yang menyiram dengan air got, dan macam-macam lainnya.

Mungkin hal-hal seperti itu menyenangkan dan berkesan. Namun jika dilihat dari sisi kebermanfaatan, hal-hal tersebut kurang bermanfaat.

Mungkin akan lebih baik jika memberi nasehat-nasehat untuk yang ulang tahun. Entah nasehat yang bersifat motivasi hidup, atau nsehat renungan kehidupan.

3. Memberi Kado yang Bermanfaat

Memberi kado ulang tahun merupakan hal biasa. Namun kado biasa sangat bermacam-macam. Maka, sebaiknya berikan kado yang kira-kira bermanfaat untuk yang sedang ulang tahun.

Misa seperti memberi kado berupa Al Qur’an, buku-buku inspirasi dan motivasi, dan barang-barang yang bermanfaat lainnya.

Ketika bertemu dengan momen ulang tahun, setidaknya kita berusaha berpikir, bahwa usia sudah semakin tua. Dengan begitu, hari ulang tahun bisa memberi dampak siginifikan pada pola pikir dan kedewasaan.

Nah, itu saja yang bisa kami bagikan. Jadi, barakallah fii umrik artinya tidak lain adalah semoga Allah memberkahi usiamu.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.