Mabruk Alfa Mabruk Artinya dalam Bahasa Indonesia

Apa artinya mabruk alfa mabruk ? Kalimat mabruk alfa mabruk adalah ucapan selamat ulang tahun bahasa Arab. Artinya sangat bagus, karena kalimat tersebut adalah sebuah doa.

Di bawah ini akan kami jelaskan pengertian kalimat mabruk alfa mabruk, termasuk arti dari kalimat tersebut.

Baca juga: Pacaran dalam Islam

Mabruk Alfa Mabruk Artinya dalam Bahasa Indonesia

Mabruk Alfa Mabruk Artinya dalam Bahasa Indonesia
Sumber Gambar: canva.com

Mabruk alfa mabruk merupakan kalimat bahasa Arab yang sering diucapkan ketika hari ulang tahun orang muslim (milad).

Arti dari Mabruk Alfa Mabruk adalah semoga diberkahi dengan ribuan berkah. Jika dijabarkan secara kata per kata, maka artinya sebagai berikut.

  • Mabruk : Semoga berkah (berkah)
  • Alfa       : Beribu/Banyak

Kebanyakan orang umum tahu kalimat-kalimat tersebut namun belum paham artinya. Padahal, arti dari kalimat tersebut sebuah doa yang sangat bagus.

Maka bagi kalian yang punya rasa penasaran akan arti dari kalimat-kalimat tersebut, berarti kalian termasuk orang yang beruntung. Karena dengan rasa penasaran itu, kalian akan tahu arti dari kalimat tersebut.

Penggunaan Kalimat Mabruk Alfa Mabruk yang Baik

Penggunaan Kalimat Mabruk Alfa Mabruk yang Baik
Sumber Gambar: canva.com

Mengucapkan selamat hari ulang tahun pada saudara, teman, dan lainnya merupakan hal yang baik. Namun, tidak sedikit yang kadang hanya mengucapkan “selamat ya”.

Meski itu lebih baik dari pada tidak mengucapkan selamat, namun alangkah lebih baiknya jika kalimat tersebut dijadikan doa yang lebih spesifik untuk orang yang sedang ulang tahun. Misalnya disambung dengan untaian doa yang baik.

Misal, selamat ya, semoga makin sukses dan semakin dewasa pikirannya. Dengan kata-kata doa seperti itu, tentu akan lebih baik dan berkesan bagi yang mendapatkan ucapan tersebut.

Begitu juga dengan kalimat mabruk alfa mabruk, kalimat tersebut sudah bagus, namun alangkah lebih baik dan bagus lagi jika ditambahin dengan doa-doa yang baik lagi.

Misalnya seperti berikut ini.

Mabruuk alfa mabruuk ‘alaika mabruuk. Mabruuk alfa mabruuk yawm miiladik mabruuk.

Selamat hari ulang tahun (milad), semoga mendapat rahmat dari Allahu Ahad hingga hidup selamat.

Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Arab Selain Mabruk Alfa Mabruk

Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Arab Selain Mabruk Alfa Mabruk
Sumber Gambar: canva.com

Selain kalimat tersebut, yakni mabruk alfa mabruk, ada juga kalimat yang sering diucapkan ketika milad orang muslim yaitu Barakallah fii umrik.

Jika dipresentasikan, kalimat Barakallah fii umrik 70% lebih sering digunakan untuk mengucapkan selamat ulang tahun.

Entah karena lebih mudah diucapkan atau karena kalimat tesebut lebih populer dari kalimat mabruk alfa mabruk.

Lalu apa arti dari kalimat Barakallah fii umrik?

Arti Barakallah fii umrik adalah semoga Allah memberi keberkahan pada usiamu. Kalimat ini juga berupa untaian doa yang bagus.

Nah di Indonesia, kalimat ucapan selamat ulang tahun bahasa Arab yang paling sering digunakan adalah kedua kalimat tersebut, yaitu mabruk alfa mabruk dan barakallah fii umrik.

Nah, tidak sedikit juga dari kita yang belum tahu apa kalimat bahasa Arab untuk menjawab ucapan selamat ulang tahun bahasa Arab tersebut.

Apa jawabannya? Mari kita ulas secara lebih jauh.

Apa Jawaban Ketika Mendapat Ucapan Kalimat Mabruk Alfa Mabruk?

Jawaban Ketika Mendapat Ucapan Kalimat Mabruk Alfa Mabruk
Sumber Gambar: canva.com

Jika kalian ulang tahun, dan mendapat ucapan selamat dengan bahasa Arab seperti mabruk alfa mabruk, atau barakallahu fii umrik, maka kalian bisa menjawabnya dengan kalimat berikut.

Jazakallahu Khairan yang artinya adalah semoga Allah membalasmu dengan kebaikan.

Tidak sedikit yang ketika ulang tahun mendapat ucapan kalimat dalam bahasa Arab hanya membalasnya dengan senyum.

Sebenarnya tidak masalah, namun akan lebih baik jika kalimat doa dibalas dengan kalimat doa pula. Seperti halnya mengucapkan salam dan menjawab salam.

Berbicara tentang Kalimat Mabruk Alfa Mabruk

Di Indonesia, kalimat mabruk alfa mabruk sebenarnya jarang digunakan untuk mengucapkan selamat ulang tahun.

Kecuali di kalangan para santri atau penuntut ilmu agama Islam. Itupun bagi mereka yang serius dalam belajar ilmu agama Islam, terkadang tidak sempat memikirkan hal seperti hari ulang tahun, atau momen-momen sejenisnya.

Mereka lebih disibukkan dengan belajar dan mendalami Ilmu agama Islam. Ucapan selamat ulang tahun dengan kalimat mabruk alfa mabruk biasanya lebih sering digunakan oleh para orang biasa yang sedang berusaha belajar bahasa Arab.

Kebanyakan prinsip orang-orang seperti itu yaitu semakin sering praktek maka semakin cepat bisa. Jadi dalam segala hal mereka berusaha mengaitkan dengan bahasa Arab. Ini tentu hal yang bagus.

Menggunakan kalimat mabruk alfa mabruk dan barakallah fii umrik untuk mengucapkan selamat ulang tahun sebenarnya sangat bagus.

Namun, sebaiknya lihat-lihat dulu yang ulang tahun siapa. Tentu kalimat ini tidak pas jika diucapkan pada orang yang berkeyakinan bukan Islam.

Meskipun boleh-boleh saja. Namun, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya penggunaan kalimat ini disesuaikan dengan siapa yang ulang tahun.

Ulang Tahun Di Dalam Islam

Mungkin ini informasi tambahan saja. Jadi, banyak hal-hal yang menjadi perdebatan perbedaan pendapat di kalangan umat muslim.

Termasuk dalam permasalahan ulang tahun. Kenapa muncul perbedaan pendapat dalam masalah ulang tahun? Salah satu penyebabnya adalah pertanyaan-pertanyaan seperti:

  • Apa hukum mengucapkan selamat hari ulang tahun menurut Islam?
  • Apa hukum merayakan hari ulang tahun menurut Islam?

Pertanyaan-pertanyaan di atas merupakan pertanyaan yang wajar. Namun, dari pertanyaan tersebut akhirnya timbulah perbedaan-perbedaan pendapat dengan dalil yang masing-masing bisa dipertanggung jawabkan.

Apa Hukum Mengucapkan Selamat Ulang Tahun menurut Islam?

Apa Hukum Mengucapkan Selamat Ulang Tahun menurut Islam?
Sumber Gambar: canva.com

Untuk menjawab pertanyaan ini bisa di lihat dari dua sudut pandang. Pertama dari sudut pandang sosial, dan yang kedua dari sudut pandang agama.

Sudut Pandang Sosial

Sebagai manusia, kita diciptakan untuk saling bersosialiasi baik dengan orang lain. Entah itu dengan saudara, teman, rekan kerja, atau lainnya.

Tidak dipungkiri, hari ulang tahun di era sekarang sudah menjadi suatu momen yang spesial di hati orang-orang.

Maka sebagai muslim yang baik, mengucapkan selamat ulang tahun dengan niat untuk mendoakan dan membahagiakan oang yang berulang tahun bukan suatu yang dilarang.

Termasuk dalam hal memberi kado, jika diniatkan untuk membuat bahagia orang yang berulang tahun tentu bukan hal yang dilarang pula. Kado sendiri merupakan sebuah hadiah.

Dalam salah satu hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari menjelaskan, bahwa Nabi Muhammad SAW biasa menerima hadiah dan biasa membalasnya.

Dari Sudut Pandang Agama

Ada perbedaan pendapat jika dilihat dari sudut pandang agama.

  • Pendapat pertama, melarang atau mengharamkan karena Nabi Muhammad SAW tidak mencontohkan.
  • Pendapat kedua, membolehkan, karena sesuatu yang tidak dicontohkan Nabi, tidak semuanya dilarang. Setiap perbuatan memiliki hukum mubah (boleh), menjadi tidak boleh jika ada larangannya.

Dalam sudut pandang agama, kita tidak perlu beradu argumen pendapat pertama yang benar, pendapat kedua yang benar. Kita cukup ambil salah satu pendapat yang menurut kita mudah diterima tanpa harus mencari pembenaran.

Apa Hukum Merayakan Ulang Tahun Menurut Islam?

Jawaban pertanyaan hukum merayakan ulang tahun, tidak jauh berbeda dengan jawaban atas pertanyaan hukum mengucapkan ulang tahun.

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Apa hal tersebut? Yakni kegiatan-kegiatan yang tidak menyalahi syariat.

Adapun hal-hal yang biasa dilakukan dalam merayakan ulang tahun namun tidak dianjurkan dalam syariat Islam adalah sebagai berikut.

  • Pesta berlebihan
  • Meniup lilin
  • Iringan musik yang tidak baik
  • Busana yang tidak menutup aurat

Adapun untuk mengisi kegiatan perayaan ulang tahun yang baik adalah sebagai berikut.

  • Merenungkan kehidupan
  • Bershalawat
  • Memberi saran dengan nasehat-nasehat bagi yang ulang tahun
  • Mengundang anak yatim dan orang yang kurang mampu hadir di perayaan ulang tahun

Nah, itu yang dapat kami ulas dan bahas terkait tentang kalimat mabruk alfa mabruk. Bagaimana? Cukup tercerahkan ya, dengan ulasan artikel di atas. Kami harap ada manfaat dari ulasan ini.

Demikian ulasan dari pembahasan kalimat mabruk alfa mabruk yang dapat kami sampaikan. Jadi, mabruk alfa mabruk artinya dalam bahasa Indonesia adalah semoga diberkahi dengan banyak/ribuan berkah. Terima kasih sudah membaca artikel kami, semoga kalian puas dan tercerahkan.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.