Pengertian CSR, Tujuan, dan Manfaatnya Secara Lengkap [ISO 26000]

PENGERTIAN CSR – Hallo pembaca Gallery Sepedaku? Apakah anda sedang mencari informasi terkait CSR? Ngomong-ngomong sudah tahu apa belum kepanjangan dari CSR? Jika belum, tenang saja ya, karena di sini akan memberikan informasi tetang CSR secara lengkap.

Secara umum, kata CSR adalah suatu kata yang masih cukup asing. Bahkan bagi sebagian masyarakat mungkin ada yang belum pernah mendengar kata CSR. Namun, CSR sebenarnya bisa dikatakan sangat dekat dengan kita. Apabila, kita hidup di lingkungan sekitar kawasan perusahaan atau industri.

Karena, CSR adalah suatu program yang di dalamnya terdapat unsur mengikat antara perusahaan dan masyarakat. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas secara lebih jelas dalam artikel ini.

Pengertian CSR (Corporate Social Responsibility)

Pengertian CSR adalah Penting
Sumber: bschool.cuhk

Apa itu pengertian CSR? Coporate Social Responsibility yang merupakan kepanjangan dari CSR, adalah sebuah bentuk kepedulian terhadap lingkungan sosial. Di mana interaksi di dalamnya melibatkan peran serta stakeholder untuk mengatasi masalah tertentu disuatu wilayah dimana sebuah perusahaan tersebut beroperasi.

Sedangkan pengertian CSR secara sederhana ialah sebuah konsep dan tindakan yang dilakukan oleh perusahaan sebagai rasa tanggung jawab terhadap sosial termasuk lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berdiri.

Dan kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan dilingkungan sekitar, memberikan beasiswa, membangun fasilitas umum dan memberi bantuan berupa dana masyarakat disekitar perusahaan. Itulah pengertian CSR, sudah mengertikah tentang pengertian CSR?

CSR berkaitan dengan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable development, yakni perusahaan dalam melakukan kegiatannya haruslah berdasar pada keputusan yang tidak hanya terorientasi pada aspek ekonomi atau keuntungan yang didapat.

Akan tetapi memikirkan dampak sosial dan juga lingkungan yang akan timbul dari keputrusan tersebut.

Pengertian CSR Menurut para Ahli

Pengertian CSR Menurut para Ilmuan adalah sebagai berikut.
Sumber: rikysanria’s blog

Menurut para ahli pengertian CSR mempunyai tiga pengertian, yaitu:

  1. Komitmen usaha yang dilakukan dengan etis, operasi resmi serta dapat berkontribusi pada peningkatan ekonomi yang dilakukan bersamaan dengan peningkatan kualitas hidup juga. Dan kualitas ini mencakup ke karyawan, keluarga karyawan dan masyarakat lokal, serta komunitas lokal.
  2. Melaksanakan tindakan sosial, berupa kepudilan terhadap lingkungan hidup yang diwajibkan peraturan undang-undang.
  3. Komitmen bisnis yang bertuan agar berkontribusi dalam pembangunan ekonomi yang berkelanjutan, komunitas lokal, bekerja dengan karyawan perusahaan dan masyarakat luas yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup.

Manfaat  CSR untuk Masyarakat

Manfaat CSR
Sumber: abras
  • Manfaat CSR Bagi Masyarakat

Setelah memahami tentang pengertian CSR, akan dibahas tentang manfaat dari CSR itu sendiri. Melaksanakan program CSR memiliki beberapa manfaat yang baik bagi masyarakat dan juga perusahaan itu sendiri, berikut penjelasannya:

  1. Beasiswa yang ada meberikan kesempatan terhadap anak yang kurang mampu dalam ekonomi.
  2. Meningkatkan kesejahteraan terhadap masyarakat dan lingkungan secara meluas.
  3. Fasilitas umum yang di bangun seperti pembangunan pedesaan yang bersifat sosial dan bermanfaat untuk masyarakat umum yang ada disekitar perusahaan.
  • Manfaat CSR untuk Perusahaan

  1. Meningkatkan citra bagi perusahaan.
  2. Brand yang akan lebih dikenal di masyarakat.
  3. Dapat mengembangkan kerjasama dengan beberapa perusahaan yang berbeda-beda.
  4. Memberikan inovasi untuk perusahaan itu sendiri.

Tujuan Program CSR

Tujuan CSR bagi Semua Pihak
Sumber: DosenPendidikan

Tujuan program ini tidak jauh dari pengertian CSR itu sendiri, dimana tujuannya ialah dapat menghasilkan dampak yang positif dilingkungan tersebut. Berikut beberapa tujuan CSR:

  1. Mengurangi adanya resiko korupsi dan kerugian terhadap perusahaan.
  2. Dapat berkontribusi dalam pengembangan lingkungan dan masyarakat sekitar.
  3. Dapat menjadi pembeda antar perusahaan dengn perusahaan pesaing.
  4. Dan menangkap sumber daya menusia yang berkualitas serta pontensial.
  5. Membina hubungan yang baik  dengan masyarakat di luar perusahaan.
  6. CSR sendiri akan mengurangi jumlah pajak yang akan di bayar oleh perusahaan.

Keuntungan CSR terhadap Perusahaan

Tujuan CSR (Corporate Social Responsibility)
Sumber: blog.qontak

Selain memiliki manfaat terhadap masyarakat serta perusahaan. Adapun keuntungan CSR terhadap perusahaan tersebut yang menjalankan program CSR, yakni:

  • Izin  Sosial untuk Beroprasi

Masyarakat bagi perusahaan adalah faktor yang akan membuat perusahaan tersebut bergerak atau malah sebaliknya. Sudah bukan rahasia lagi jika masyarakat disekitar perusahaan bermanfaat bagi mereka.

Dan masyarakat akan merasa diuntungkan dengan adanya CSR ini. bahkan masyarakat merasa sudah memiliki perusahaan, dan hal ini perusahaan akan lebih leluasa menjalankan usaha di daerah tersebut.

  • Melebarkan Akses

Manfaat CSR bagi perusahaan yang kedua ialah dapat melebarkian akses sumber daya. Jika hal ini dikelolah dengan baik.

Dan akan menjadi sebuah keunggulan bersaing yang nantinya akan memuluskan perusahaan agar mendapatkan sumber daya yang dibutuhkan perusahaan.

  • Mereduksi Resiko Bisnis Perusahaan

Selanjutnya ialah CSR akan membuat hubungan antara perusahaan dengan beberapa pihak yang terlibat menjadi semakin baik. Sehingga kerusuhan menentang berdirinya perusahaan dapat berkurang. Dan biaya yang disediakan untuk adanya resiko tersebut bisa dimanfaatkan untuk perusahaan maupun masyarakat

  • Akses Menuju Market

Salah satu manfaat CSR yang juga penting yakni sebagai sarana akses perusahaan kepada market. Seluruh biaya besar yang tentunya sudah dikeluarkan tidak semata-mata hilang tanpa jejak. Dana yang sudah digunakan CSR bisa anda masukan untuk budget marketing.

  • Mengehemat Biaya

Program CSR ini menghemat biaya perusahan, seperti melakukan program yang terkait dengan lingkungan dengan menerapkan konsep daur ulang di dalam perusahaan. Dan limbah perusahaan akan berkurang.

  • Memperbaiki Hubungan dengan Stakeholder

Jika sebelumnya antara stake holder dengan perusahaan kurang mempunyai komunikasi yang baik, maka dengan adanya CSR ini akan membuat stake holder lebih percaya terhadap bisnis anda.

  • Memperbaiki  Hubungan dengan Regulator

Regulator adalah pihak berwenang yang mempunyai hak untuk membuat regulasi di Indonesia. Tidak terkecuali regulasi mengenai sistem perusahaan. Dengan adanya CSR secara tidak langsung anda membantu dan mengambil peran untuk peduli terhadap kesejahteraan sosial masyarakat sekitar.

  • Mendapatkan Penghargaan

Apa untungnya melalui program CSR ini? Perusahaan yang berkontribusi sangat besar di masyarakat serta lingkungan, dengan program CSR akan mendapatkan peluang mendapatkan penghargaan.

Dan siapa yang tidak bangga jika diberi penghargaan. Karena dengan adanya penghargaan berarti perusahaan tersebut di akui.

  • Meningkatkan Semangat Karyawan

Yang terakhir ialah dapat meningkatkan semangat serta produktivitas karyawan. Jika di mata stakeholders perusahaan itu baik dan kontribusinya positif bagi masyarakat. Akan menjadi kebanggan tersendiri bagi karyawan dan menjadi motivasi kerja mereka.

Contoh CSR Perusahaan

Contoh CSR Perusahaan di Lingkungan Masyarakat
Sumber: beritalingkungan

Bukan hal yang tabu jika program CSR ini akan bermanfaat bagi masyarakat, karyawan maupun perusahaan tersebut. Karena program CSR ini dapat membantu kesulitan yang ada di masyarakat dan membuat nama baik perusahaan semakin dikenal.

Dan program CSR ini sudah digunakan oleh beberapa perusahaan dan memberi perhatian terhadap masyarakat disekitarnya, berikut perusahaan yang menggunakan program CSR:

  • PT Sinde Budi Sentosa

Perusahaan yang mempelopori adanya CSR sosial terhadap lingkungan yakni pemilik PT Sinde yang membantu pemerintah dalam upaya pelestarian badak jawa di Taman Nasional Ujung Kulon. Tidak mengherankan juga jika keseriusan perusahaan ini akhirnya bekerjasama dengan WWF Indonesia.

  • Danone (Air Mineral Aqua)

Siapa yang tidak tahu Aqua? Ya, Aqua ini ialah air mineral yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat pada umumnya. Danone melakukan program CSR ini untu berkontribusi aktif dalam memberi solusi atas permasalahan penyediaan air bersih.

Dan tujuan lainnya ialah meningkatkan masyarakat kesejahteraan lingkungan masyarakat pra-sejahtera. Program ini dikenal dengan “1 Liter Aqua untuk 10 Liter Air Bersih”.

Karakteristik CSR yang Baik

CSR adalah singkatan dari Corporate Social Responsibility
Sumber: blog.empowermint.

CSR yang baik memiliki beberapa karakternya, berikut pengertian CSR dari sehi karakteristiknya :

  1. CSR seharusnya dapat menghasilkan dampak semi permanen untuk masyarakat dan perusahaan tersebut.
  2. CSR memperhitungkan dan mempertimbangkan kepentingan stakeholder diluar maupun didalam perusahaan.
  3. CSR harusnya mengikuti tip ISO 26000.
  4. CSR seharusnya patuh akan peraturan ataupun undang-undang yang berlaku
  5. CSR mengandung sistem govermance yang sangat layak, dan tanggung jawab serta dengan transparansi.

Bagaimana sudah pahamkah tentang pengertian CSR? Jadi, pada intinya CSR adalah suatu program yang berdampak baik bagi perusahaan dan masyarakat. Jika masih butuh penjelasan, anda bisa baca di situs sumber informasi wikipedia yaitu tentang tanggung jawab sosial perusahaan. Semoga dengan penjelasan tentang pengertian CSR dapat memberi manfaat bagi anda dan menambah pemahaman CSR lebih luas lagi.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.