Arti Kedutan Mata Kiri Atas / Kiri Bawah / Kanan Atas / Kanan Bawah

ARTI KEDUTAN MATA- Apa kabar pembaca Gallery Sepedaku? Hampir semua orang tentu pernah mengalami yang namanya kedutan mata. Baik kedutan mata kiri atas, kedutan mata kiri bawah, atau mata kanan atas, atau juga mata kanan bawah. Berdasarkan primbon Jawa, kedutan pada mata memiliki arti yang berbeda-beda pada setiap bagian mata yang mengalami kedutan.

Apa saja arti dari setiap bagian mata yang mengalami kedutan?
Sebelum masuk ke penjelasan arti dari mata kedutan, penulis ingin menjelaskan arti dari kedutan mata menurut dunia medis.

Arti Kedutan Menurut Dunia Medis

Arti Kedutan Mata Kanan Atas
Sumber: info.jualproduknasa

Penjelasan ini bersumber dari referensi situs dokter terpercaya. Dalam dunia medis, mata kedutan disebut dengan blefarospasme. Apa itu blefarospasme? Suatu gerakan tiba-tiba yang terjadi secara berulang pada bagian kelopak mata atas. Menurut dunia medis, kedutan terjadi beberapa detik sekali, dan berlangsung kurang lebih selama satu hingga dua menit.

Berbeda dengan penafsiran dari primbon Jawa, menurut dunia medis, kedutan mata malahan berpotensi sebagai gejala penyakit yang serius. Ada tiga kategori kedutan mata yang dijelaskan oleh dunia medis. Pertama yaitu kedutan minor, kedua blefarospasme esensial jinak, dan ketiga hemificial spasm atau kejang pada wajah.

Ketiga kategori kedutan itu ditimbulkan dari sebab-sebab yang berbeda. Seperti kedutan minor disebabkan karena kelelahan, stres, atau kurang istirahat. Kedutan blefarospasme esensial jinak disebabkan karena minuman keras, kafein yang berlebihan, iritasi, dan kelelahan. Dan hemificial, disebabkan karena tekanan arteri pada saraf, namun kedutan ini sangat jarang terjadi.

Umumnya kedutan pada mata akan hilang dengan sendirinya. Namun, jika tidak kujung berhenti selama beberapa hari, hal yang direkomendasikan oleh dokter adalah istirahat cukup, membatasi konsumsi kafein, minuman keras, dan berhenti merokok. Dan jika kunjung hilang juga, maka sebaiknya di periksakan ke dokter.

Nah itulah penjelasan singkat dari arti kedutan mata menurut dunia medis. Jadi, menurut dunia kesehatan, kedutan merupakan suatu gejala dari penyakit. Tetapi, itu hanya gejala. Secara akal sehat jika kita sedang kelelahan, kurang istirahat, dan gaya hidup yang kurang sehat, tentu wajar jika terjadi masalah pada anggota tubuh kita.

Lalu bagaimana dengan arti dari kedutan menurut primbon Jawa? Untuk lebih jelasnya, berikut adalah penjelasan kedutan mata berdasarkan dengan primbon Jawa.

Arti Kedutan Mata Menurut Primbon Jawa

Arti Mata Kedutan
Sumber: fractalpanda

Kedutan pada mata biasanya terjadi di empat bagian. Kanan atas, kiri atas, kanan bawah, dan kiri bawah. Menurut primbon apa arti dari kedutan mata?

Primbon Jawa adalah sebuah buku yang berisi tentang ramalan-ramalan dengan sistem perhitungan dari leluhur atau nenek moyang orang Jawa. Buku primbon Jawa ini berisi ramalan-ramalan tentang kehidupan manusia mulai dari perilaku, watak, hari, tata tempat, dan hal lain yang bersangkutan dengan kehidupan.

Jadi, buku Primbon ini sudah dari turun temurun dipercayai oleh sebagian besar masyarakat Jawa. Makanya, ketika mereka mendapati masalah tentang kehidupan seperti kedutan pada anggota tubuh, kejatuhan cicak, membangun rumah atau memindah rumah, dan lainnya. Mereka mencari jawaban dan solusi di Primbon Jawa.

Mereka selalu merujuk terlebih dahulu ke perhitungan Primbon. Mulai dari perhitungan hari, perhitungan arah rumah, sampai pintunya pun bisa diperhitungkan dengan buku Primbon Jawa tersebut.

Tujuan dari perhitungan Primbon Jawa itu apa?
Tentunya tidak lain agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diiinginkan. Di dalam buku Primbon juga dijelaskan terkait arti atau ramalan dari masalah-masalah, atau hal-hal yang terjadi di kehidupan. Jadi, buku Primbon itu bisa dikatakan berisi jawaban-jawaban masalah yang terjadi pada kehidupan.

Termasuk kedutan mata ini. Di dalam kitab Primbon kedutan mata bisa berarti sebuah pertanda baik, dan bisa juga merupakan sebuah pertanda buruk. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah keterangannya.

1. Kedutan Mata Kanan Atas

Arti Kedutan Mata Kanan Atas Menurut Primbon
Sumber: artikedutan

Apabila seseorang mengalami kedutan mata pada bagian kelopak mata kanan atas, maka menurut Primbon, itu adalah pertanda baik.

Menurut Primbon, segala kedutan yang letaknya di sebelah kanan anggota tubuh, maka itu merupakan suatu pertanda baik atau pertanda yang membahagiakan, kabar gembira. Lalu apa arti mata kanan atas kedutan?

 

Arti Kedutan Mata Kanan Atas

Di dalam Primbon arti mata kanan atas kedutan adalah pertanda seseorang tersebut akan mendapatkan rizki yang tidak terduga-duga.

Namun, Primbon tidak menjelaskan terkait kejelasan kapan waktu tibanya. Yang dijelaskan hanya jika kedutan yang dialami semakin sering dan semakin berasa, itu menandakan semakin cepat dan semakin besar rizki yang akan datang.

2. Kedutan Mata Kiri Atas

Arti Kedutan Mata Kiri Atas Menurut Primbon
Sumber: artikedutan

Kedutan mata yang terjadi pada bagian kiri atas menurut buku Primbon, kedutan tersebut merupakan pertanda akan terjadi hal yang tidak diinginkan. Artinya kedutan yang terjadi pada bagian mata kiri kelopak yang atas merupakan pertanda akan terjadi musibah atau kesedihan.

Berbanding berbalik dengan kedutan yang terjadi di sebelah kanan anggota tubuh, kedutan sebelah kiri anggota merupakan suatu pertanda buruk bakal yang menimpa. Apa pertanda buruk yang akan terjadi jika mata kiri atas mengalami kedutan?

Arti Kedutan Mata Kiri Atas

Jika seseorang mengalami kedutan pada mata sebelah kiri bagian kelopak mata yang atas, maka seseorang tersebut akan mengalami kejadian buruk.

Menurut Primbon, kejadian buruk tersebut bisa berupa dikecewakan, dikhianati, ditipu, atau hal yang membuat hati kecewa.

3. Kedutan Mata Kanan Bawah

Arti Kedutan Mata Kanan Bawah Menurut Primbon
Sumber: artikedutan

Bagian mata lainnya yang biasa mengalam kedutan adalah mata kanan bagian kelopak bawah. Apakah ini suatu pertanda buruk?

Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa kedutan yang terjadi pada bagian tubuh sebelah kanan, itu adalah kedutan pertanda baik. Entah itu di bagian atas ataupun bawah. Terus arti mata kanan bawah kedutan itu apa?

Arti Kedutan Mata Kanan Bawah

Arti dari mata kanan bawah yang mengalami kedutan menurut primbon merupakan pertanda baik. Tetapi pertanda baiknya tidak seperti pertanda baik yang bakal terjadi seperti pada kedutan mata kanan atas.

Kedutan yang terjadi di mata kanan bawah adalah pertanda seseorang akan mendapatkan kabar yang menggembirakan berupa ketemu saudara yang jauh, menemukan barang yang hilang, ketemu dengan jodoh, atau kabar baik yang sejenis itu.

4. Kedutan Mata Kiri Bawah

Arti Kedutan Mata Kiri Bawah Menurut Primbon
Sumber: artikedutan

Terakhir adalah kedutan mata kiri bagian kelopak bawah. Kedutan juga bisa terjadi pada mata kiri bagian bawah. Tentunya juga merupakan suatu pertanda sesuatu akan terjadi pada seeorang tersebut.

Apakah ini juga pertanda buruk? Menurut Primbon Jawa, jika seseorang mengalami kedutan di mata kiri bagian bawah, kedutan ini merupakan pertanda yang sangat fatal.

Arti Kedutan Mata Kiri Bawah

Arti mata kiri bawah kedutan adalah musibah yang besar akan menimpa seseorang tersebut. Menurut Primbon Jawa, letak kiri bawah itu sangat buruk.

Artinya, suatu musibah akan menimpa seseorang tersebut. Dan bentuk musibahnya bisa sebuah kecelakaan, sakit, atau hal lainnya yang sejenis.

Nah itulah kurang lebih arti kedutan mata menurut Primbon Jawa. Percaya atau tidak, tergantung kepercayaan masing-masing. Orang Jawa sendiri kini sudah mulai berkurang dengan hal-hal seperti ini.

Namun, ada juga yang masih mempercayai akan hal ini. Tentunya mereka yang percaya dengan ramalan dan perhitungan Primbon, mereka punya dasarnya. Entah karena sudah pernah mengalami, atau memang kepercayaan yang harus dijaga secara turun-temurun.

Arti Kedutan Menurut Islam

Pandangan Islam tentang Mata Kedutan
Sumber: viva

Dalam Islam, kedutan bukanlah sesuatu yang pantas menjadi patokan atau pertanda nasib baik buruknya seseorang. Karena jika umat Islam percaya dengan kedutan sebagai suatu pertanda akan terjadinya hal baik atau buruk pada seseorang, maka itu adalah suatu kesyirikan.

Segala sesuatu yang belum terjadi dan belum berwujud adalah hal yang ghaib. Termasuk, meramal bahwa akan terjadinya sesuatu pada seseorang, suatu kejadian yang bakal menimpa seseorang adalah hal yang ghaib, karena belum terlihat nyata.

Allah SWT berfirman:

قُلْ لَا يَعْلَمُ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ الْغَيْبَ إِلَّا اللَّهُ

Artinya: “Katakanlah; Tidak ada seorang pun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara ghaib kecuali Allah SWT.” (QS. An Naml:65).

Islam sangat melarang hal-hal yang berbau ramalan. Hal ini sesuai dengan Al-Qur’an dan Hadits. Banyak ayat Al-Qur’an dan Hadits yang menjelaskan tentang dilarangnya ramalan.

Rasulullah SAW pernah bersabda:

مَنْ أَتَى كَاهِناً أَوْ عَرَّافاً فَصَدَّقَهُ بِمَا يَقُولُ فَقَدْ كَفَرَ بِمَا أُنْزِلَ عَلَى مُحَمَّدٍ

Artinya: “Barang siapa yang mendatangi dukun atau tukang ramal, lalu ia membenarkannya, maka ia berarti telah kufur pada Al-Qur’an yang sudah diturunkan pada Muhammad.” (HR. Ahmad, Hasan).

Baca juga cara cek kuota 3 4G terbaru dan termudah.

Tinggalkan komentar