Arti Yaumul Milad

By | Januari 9, 2020
Arti Yaumul Milad Barakallah Fii Umrik

Apa arti yaumul milad ? Kalau kata milad mungkin sudah tidak asing ya? Yakni bahasa Arabnya ulang tahun. Lalu yaumul milad artinya apa?

Akhir-akhir ini kalimat yaumul milad cukup viral. Semenjak maraknya media sosial, banyak hal baru yang hadir dalam kehidupan ini.

Dalam hal ulang tahun saja cukup banyak kalimat-kalimat yang mengundang rasa penasaran. Contoh saja arti barakallah fii umrik, terus ada juga kalimat mabruk alfa mabruk.

Kedua kalimat tersebut merupakan kalimat untuk menyampaikan ungkapan ulang tahun. Kalau bahasa kitanya itu seperti, selamat ulang tahun ya, semoga makin dewasa.

Kurang lebihnya seperti itu. Nah, bagaimana dengan kalimat yaumul milad? Apakah ini juga sebuah kalimat untuk mengungkapkan ucapan selamat ulang tahun?

Arti Yaumul Milad

Arti Yaumul Milad Barakallah Fii Umrik

Sumber Gambar: Canva.com

Yaumul milad artinya adalah “hari kelahiran”. Tuliasan Arab yaumul milad (يَوْمُ الْميلاد). Kalimat tersebut terbentuk dari dua kata, yaitu yaum (يَوْمُ) yang artinya hari, dan milad (الْميلاد) yang artinya kelahiran.

Jadi, secara pengertian kalimat ini bukanlah suatu kalimat ungkapan untuk mengucapkan selamat ulang tahun. Melainkan hanya sebuah istilah hari ulang tahun.

Namun secara secara tujuan, kalimat ini maknanya mengucapkan selamat ulang tahun. Seperti kalimat happy birthday.

Jika dijelaskan secara bahasa Arab dengan ilmu nahwu, maka kata yaum (يَوْمُ) adalah isim. Dan kata milad (الْميلاد) adalah masdar dari kata dasar walada, yang memiliki arti telah dilahirkan.

Jika kalian pernah dengar kata maulid, sebenarnya itu sama saja dengan kata milad.  Artinya telah dilahirkan dalam waktu sudah dilewati, waktu lampau.

Contoh Ucapan Yaumul Milad yang Bagus

Bagaimana dengan penjelasan arti yaumul milad di atas? Tentu sekarang sudah paham ya? Jika sudah paham, berikut ini adalah kalimat-kalimat yang bagus untuk mengucapkan selamat ulang tahun pada orang lain. Entah itu saudara, teman, sahabat, atau lainnya.

1. Mabruk fi yaumil milad akhi. (Semoga penuh berkah di hari ulang tahunmu saudara laki-laki)

2. Yaumul milad, barakallah fii umrik. Jangan lupa syukurannya. (Selamat ulang tahun, semoga Allah SWT memberkahi usiamu. Jangan lupa syukurannya)

3. Selamat milad, Mabruk alfa mabruk. (Selamat hari ulang tahun, semoga diberkahi beribu berkah)

Nah itu hanya 3 contoh saja. Kalimat-kalimat tersebut masih bisa dimodifikasi lagi kalimat ucapan selamat ulang tahun dengan kata-kata penuh doa lainnya.

Jawaban untuk Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Arab

Masih berkaitan dengan pembahasan ucapan selamat ulang tahun bahasa Arab. Banyak dari kita, khususnya yang masih awam dengan bahasa Arab, kebingungan ketika mendapat ucapan-ucapan dengan bahasa Arab.

Bingungnya, mau jawab apa. Wong belum tahu bahasa Arab. Sebenarnya tidak semua yang mengucapkan selamat ulang tahun bahasa Arab itu bisa bahasa Arab. Jadi, untuk menjawab kallimat ucapan-ucapan selamat ulang tahun bahasa Arab tersebut juga tidak harus orang yang bisa bahasa Arab.

Jika seorang mengucapkan kalimat barakallah fii umrik, kita bisa menjawab dengan kalimat wa fiika barakallah. Maknanya, semoga keberkahan dari Allah untukmu juga.

Jika dengan kalimat-kalimat doa lainnya, bisa menjawabnya dengan kata aamiin. Yang artinya semoga Allah Mengabulkan.

Nah, bagaimana? Sudah cukup tercerahkan ya? Apa arti yaumul milad, barakallah fii umrik, dan kalimat-kalimat  lainyang sudah dibahas di atas. Kami harap ada pemahaman yang tersampaikan lewat artikel ini, sekian dari kami, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.