Cara Menghapus Akun Facebook Sendiri Secara Permanen & Sementara

CARA MENGHAPUS AKUN FACEBOOK (FB) – Apa kabar pembaca Gallery Sepedaku? Facebook adalah media sosial dengan jutaan pengguna aktif setiap harinya. Ada banyak sekali manfaat yang bisa anda ambil dari facebook. Mulai dari mudahnya menemukan sahabat lama anda, mempromosikan produk milik anda, berdiskusi bersama orang-orang baru, bermain game untuk menghilangkan rasa bosan. Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Meskipun begitu banyak juga yang mulai mencari cara menghapus akun FB karena beragam alasan. Beberapa pengguna facebook  misalnya karena facebook membuat mereka merasa “kecanduan” atau bahkan membuat manajemen waktu tidak efisien. Melakukan aktivitas like, comment, dan membagikan status secara inten tentu membuat banyak waktu anda tersita bukan?

Alhasil mereka lupa mengerjakan hal yang jauh lebih penting dan utama dikerjakan. Bahkan lebih parahnya, banyak orang yang lebih hidup di dunia maya dibandingkan dunia nyata. Orang-orang yang sudah mengalami gejala ini, kebanyakan mulai memutuskan mencari cara menghapus akun FB mereka.

4 Alasan Pengguna Menghapus Akun Facebook / FB

cara menghapus akun facebook
Sumber: mindtekno
  1. Agar orang lain tidak lagi bisa menemukan profil anda di facebook
  2. Mencegah orang yang tidak bertanggung jawab menggunakan akun anda (hacker)
  3. Menghentikan notifikasi (pemberitahuan) FB yang masuk ke hp, karena email yan digunakan sama dengan email utmama yang digunakan di hp
  4. Bosan dengan facebook dan ingin mencoba media sosial lainnya seperti instagram dan lain-lain.

2 Cara Menghapus Akun Facebook / FB Paling Mudah

cara menghapus akun facebook
Sumber: siswonesia

Cara menghapus akun facebook biasanya dibagi menjadi dua, yakni menghapusnya untuk sementara (nonaktifkan) dan menghapus secara permanen.

Jika anda memilih cara pertama (menghapus untuk sementara), anda akan dengan mudah untuk bisa mengaktifkannya kembali, cukup dengan login seperti cara pada umumnya.

Namun, berbeda jika menghapusnya secara permanen. Apabila dalam waktu 14 hari anda tidak melakukan login sama sekali, maka akun facebook anda akan dihapus dan tidak bisa diaktifkan kembali. Dengan kata lain sudah resmi terhapus secara permanen.

1. Cara Menghapus Akun FB Untuk Sementara

Jika anda sudah memilih keputusan untuk menghapus akun fb sementara, langkah-langkah berikut ini bisa anda lakukan untuk menghapus sementara akun facebook anda:

  1. Pertama login dahulu ke akun facebook anda seperti biasanya
  2. Selanjutnya pilih menu Pengaturan
  3. Kemudian Anda akan menuju menu Pengaturan Umum Akun. Pilih menu Sunting pada kolom Kelola Akun
  4. Scroll kebawah kemudian pilih Nonaktifkan akun
  5. Akan muncul form seperti gambar dibawah. Pilih Lainnya dan jelaskan lebih lanjut: Kemudian isikan alasan kenapa anda akan menghapus akun facebook. Centang juga pilihan pada opsi Tolak email. Selanjutnya kemudian pilih Tutup
  6. Setelah itu lalu pilih Nonaktifkan Sekarang
  7. Akun facebook milik anda telah berhasil untuk dihapus sementara. Seperti yang dijelaskan di penjelasan sebelumnya, orang lain, kerabat atau teman facebook anda sudah tidak dapat lagi melihat kronologi di facebook anda.

Jika setelah akun terhapus anda berubah pikiran, maka anda tetap bisa mengaktifkan akun anda kembali. Hal ini karena menghapus akun FB sementara mempunyai sistem menonaktifkan akun saja. Jadi anda cukup login seperti biasanya untuk dapat menggunakan akun yang pernah terhapus sebelumnya.

2. Cara Menghapus Akun FB untuk Selamanya Secara Permanen

Jika ingin benar-benar menghapus akun FB secara permanen, anda harus bersedia menerima konsekuensi karena setelah dihapus secara permanen, tidak akan bisa dikembalikan seperti semula lagi. Jika memang diperlukan, maka anda bisa mendownload datau mengcopy data yang ada di facebook tersebut. Berikut ini langkah – langkah mengunduh data akun FB anda :

  1. Klik tanda panah dibagian kanan atas
  2. Kemudian pilih setting
  3. Pada bagian bawah menu utama yang mengatakan “download a copy of your facebook data” bisa anda klik.
  4. Kemudian terakhir adalah klik “Delete my account”. Ikuti langkah selanjutnya untuk dilakukan konfirmasi.

Memang tidak bisa langsung, tetapi akan memakan waktu sekitar 90 hari untuk kemudian facebook menghapus semua hal yang sudah anda posting, seperti foto, status update, atau data lain yang sekiranya tersimpan dalam sistem backup. Akan tetapi, pesan yang pernah dikirim akan tetap terbaca di pesan mereka.

Perbedaan Menghapus Akun Facebook / FB Sementara dan Selamanya

cara menghapus akun facebook
Sumber: siswonesia

Cara menonaktifkan akun Anda terbilang mudah, tetapi ini bukan berarti akun tersebut dihapuskan. apabila Anda kembali di kemudian hari ingin mengaktifkan lagi akun Anda, akan terlihat kalau semua informasi masih tetap di sana, menunggu untuk proses pemulihan kembali.

Kalau Anda benar-benar ingin menghapus akun anda, tidak akan mungkin untuk mengaksesnya kembali untuk kedepannya, baik data foto muapun konten yang pernah anda bagikan.

Cara Menghapus Akun Facebook / FB Lupa Kata Sandi

Cara Menghapus Akun Facebook yang Lupa Kata Sandi
Sumber: blog.situstarget

Jika dalam suatu kondisi, anda pernah memiliki akun facebook yang lain. Tetapi masalahnya adalah anda lupa password dan ingin menghapus akun tersebut. Apalagi jika anda sudah benar-benar lupa untuk mendapatkan akses ke akun tersebut.

Apabila emailnya masih ada, pastinya gampang untuk melakukan riset password. Akan tetapi, berbeda kasusnya ketika email hilang atau password email yang juga sudah lupa, mungkin anda akan mulai kebingungan. Dan untuk kasus seperti ini sebenarnya memerlukan cara khusus.

Cara menghapus akun facebook pada kasus ini bisa dilakukan dengan langkah sederhana sebagai berikut.

  1. Login pada halaman facebook
  2. Cari akun yang ingin anda hapus
  3. Klik tombol”….” yang ada di bagian profil akun yang lama
  4. Klik laporkan akun ini
  5. Lalu pilih “memulihka atau menutup akun ini”
  6. Pilih “menurut saya orang lain sedang menggunakan akunnya”
  7. Lalu klik “tutup akun ini”
  8. Kemudian klik “selesai”
  9. Ulangi cara ini selama 10 hari berturut-turut pada jam yang sama

Akan tetapi untuk cara ini masih belum terlalu bagus tingkat keberhasilannya hanya 50% saja. Jadi cara lainnya adalah dengan meminta bantuan beberapa orang untuk melaporkan akun ini agar bisa dihapus oleh pihak facebook.

Cara Menghapus Akun Facebook / FB Dengan Bantuan Jasa Hapus Akun

Cara Menghapus Akun FB
Sumber: garudacyber

Ada juga jasa pihak ketiga yang menawarkan layanan membantu untuk menghapus akun lama tersebut, walaupun password sudah hilang. Silahkan anda simak solusi yang satu ini, sebuah metode yang terbilang ampuh. Dimana menonaktifkan akun facebook yang kemungkinannya gagal sangat kecil. Harga yang ditawarkan juga sangat beragam, anda hanya perlu membandingkan jasa mana yang paling terpecaya dan tentunya mempunyai kualitas pelayanan yang bagus.

Cara Menghapus Akun Facebook / FB Secara Permanen Melalui HP

Cara Menghapus Akun FB Secara Permanen
Sumber: youtube

Cara menghapus akun facebook secara permanen lewat hp adalah cara untuk menghapus akun facebook dengan media handphone, smartphone, adroid atau sejenisnya. Caranya sangat mudah yakni, anda tinggal melakukan login dan masuk ke link https://m.facebook.com/account/delete?_rdr. Selanjutnya silahkan masukan password dan kirim. Untuk lebih jelasnya, silahkan mengikuti langkah – langkah ini.

  • Silahkan login terlebih dahulu melalui browser yang terpasang di hp anda
  • Agar, tidak bingung maka langsung saja klik link tadi untu melakukan delete account. Akan muncul gambar dibawah
  • Setelah itu kemudian masukan password dari akun facebook dan selanjutnya kirim.
  • Dengan cara ini, maka permintaan untuk menghapus akun akan di proses oleh pihak facebook.

Untuk cara ini memang tidak bisa langsung dihapus, melainkan harus menunggu sekitar 14 hari. Dan sebelum 14 hari, facebook akan akan menanyakan apakan benar tidak akan membatalkan. Apabila anda sekiranya berubah pikiran maka tinggal melakukan login dan membatalkan proses penghapusan akun tadi. Jika tidak melakukan login maka akan langsung dinonaktifkan secara permanen.

Cara Menghapus Akun Facebook / FB yang di Hack

Cara Menghapus Akun FB yang di Hack
Sumber: cellspyapps

Akun facebook bisa dikatakan sebagai akun media sosial yang profit untuk marketing online. Selain pengguna yang banyak, akun facebook juga kebanyakan dimanfaatkan sebagai media penjualan secara online. Lalau bagaimana jadinya jika akun anda di hack, tentunya banyak sekali hal yang tidak diinginkan dipergunakan secara tidak bertanggung jawab. Maka langkah tepatnya adalah menghapus akun tersebut.

Caranya adalah sebagai berikut.

  1. Masuk ke facebook dengan menggunakan akun lain, bisa membuat akun baru atau menggunakan akun teman
  2. Serach nama akun yang ingin dihapus
  3. Setelah menemukan kemudian masuk ke profil akunnya
  4. Tekan menu selengkapnya, kemudial laporkan
  5. Apabila sudah, kemudian gadget akan dibawa ke menu laporkan kemdian pilih menu pulihkan akun ini atau tutup
  6. Klik tombol tutup akun

Inilah 5 Hal yang Terjadi Setelah Akun Facebook / FB Anda Terhapus

Menghapus Akun Facebook
Sumber: techquinteal

Apakah pernah terlintas dalam benak anda, setelah akun fb terhapus, apa saja dampak setelahnya? Mulai dari dampak dari akun anda sendiri hingga pertemanan fb anda. Berikut ulasan

  1. Proses ini tidak akan serta merta akan menutup akun yang sandinya tidak kita tahu atau kena hack. Karena facebook akan melakukan verifikasi terlebih dahulu sebelum benar-benar menghapus akun yang dimaksud.
  2. Tidak bisa mengembalika akun setelag 2 minggu seja berlaku proses penghapusan secara permanen dilakukan.
  3. Ada kemungkinan data anda masih tersimpan dalam basis data facebook.
  4. Ketika sedang menghapus, tidak ada yang bisa mendapatkan informasi mengenai akun tersebut.
  5. Pesan yang masuk ke teman masih tersimpan.

Cara Menghapus Akun Facebook / FB Orang Lain Paling Gampang

Cara Menghapus Akun Facebook Dengan Mudah
Sumber: livewire

Pada dasarnya, jika ingin menghapus akun fb milik orang lain secara permanen karena mungkin akun tersebut meresahkan atau membagikan hal yang tidak pantas maka langkah ini bisa dilakukan. Berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan untuk menghapus akun fb orang lain.

  • Lakukan Report akun dengan jumlah yang banyak

Fitur report pada facebook bisa menjadi cara yang dipercaya ampuh untuk melakukan penghapusan akun fb orang lain. Fitur ini akan menjadi pertimbangan dari facebook apakah benar akun ini akan dihapus atau tidak. Apabila memang benar melakukan pelanggaran seperti yang dilaporkan pelapor maka akan ditindak lajuti oleh pihak facebook.

Semakin banyak yang mereport maka kemungkinan besar untuk akun tersebut dihapus sangat besar. Semakin banyak maka prosesnya juga akan semakin cepat.

  • Cara Menghapus Akun FB Orang Lain Menggunakan Social Engineering

Untuk cara ini, anda memang perlu sedikit meluangkan waktu untuk bisa benar – benar menghapus akun milik orang lain. Meski keberhasilannya masih tidak bisa di jamin secara pasti, tidak ada salahnya anda mencoba langkah – langkah berikut ini :

  1. Temukan link id akun yang anda maksud, misalkan http://facebook.com/nama-orang. Diharuskan untu melakukan pertemanan terlebih dahulu.
  2. Mencatat segala info yang vital pada profil target.
  3. Membuat email baru, kemudian masukan nama pertama dan nama terkahir yang sama seperti yang dipakai target
  4. Masuklah  ke url facebook berikut ini , anda bisa langsung copy paste ke tab baru http://www.facebook.com/help/identify.php?show_form=hack_nologin_access
  5. Isi data yang diperlukan dalam form tersebut tujuannya untuk membuat email samaran
  6. Setelah 1 hingga 2 hari anda akan menerima emali kedua dari pihak facebook dengan pertanyaan apakah anda sudah bisa mengakses email yang terasosiasi atau belum. Kirim balasan email tersebut bahwa anda belum bisa mengases email. Tambahkan detailnya dan akun target akan dinonaktifkan segera.

Dari penjelasan di atas, tentu sudah sangat cukup untuk anda mengetahui cara menghapus akun facebook (FB) dengan berbagai alasan. Tentunya, semua penjelasan di atas akan menjadi suatu hal yang kurang bermanfaat jika anda hanya sekedar membacanya. Oleh karena itu sebaiknya langsung saja anda praktekkan. Dan jangan lupa baca juga artikel tentang cara mematikan laptop yang benar, mudah, dan simpel.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.