Cara Transfer BRI ke BCA Lewat ATM dan HP (SMS Bangking BRI)

CARA TRANSFER BRI KE BCA – Apa kabar pembaca Gallery Sepedaku? Kali ini informasi yang kami bagikan adalah tentang cara transfer uang lewat ATM dan lewat HP dari rekening BRI ke BCA. Menjadi hal yang cukup membingungkan bagi orang-orang yang belum melakukan transaksi ini. Oleh karena itu, kami mencoba untuk membantu memberikan solusi bagi anda yang masih bingung dengan cara transaksi ini.

Maraknya dunia digital yang semakin canggih, memang banyak membawa dampak positif bagi masyarakat umum. Salah satu dampak positifnya yaitu mudah melakukan pengiriman uang.

Dalam memberikan pelayanan terbaiknya, kini hampir semua Bank sudah menyediakan fasilitas yang mempermudah nasabahnya. Seperti ATM (Anjungan Tunai Mandiri) dan aplikasi SMS Banking serta Aplikasi Mobile Banking. Fasilitas-fasilitas tersebut tentunya dengan senang hati diterima oleh para nasabahnya.

Dengan adanya fasilitas tersebut, kini nasabah tidak harus pergi ke cabang Bank jika akan meakukan transfer uang atau transaksi lainnya. Cukup gunakan kartu ATM lalu lakukan transaksi dengan mudah di mesin ATM. Mesin ATM sendiri kini sudah cukup banyak tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Apa kelebihan menggunakan ATM? Selain lebih praktis, tidak antri lama, menggunakan ATM juga sangat fleksibel. Artinya kapan saja bisa melakukan transaksi. Fasilitas lainnya selain ATM adalah aplikasi smartphone yang bernama SMS Banking dan Mobile Banking.

Aplikasi ini gunanya hampir tidak jauh dengan ATM. Hanya saja, kita tidak bisa mengambil uang tunai melalui aplikasi berbasis smartphone ini. Jadi gunanya untuk melakukan transaksi seperti transfer uang, cek saldo, dan bayar-bayar online.

Cara Transfer BRI ke BCA

Cara Transfer BRI ke BCA
Sumber: telegraf.co.id

Menyambung pembahasan di atas, kedua fasilitas yang disediakan oleh pihak Bank yang tadi kita bahas, sangat berkaitan dengan tema pembahasan utama kita. Yaitu cara transfer BRI ke BCA.

Pada artikel ini, kita akan membahas tentang cara transfer uang lewat ATM dan lewat HP menggunakan layanan SMS Banking dan Mobile Banking. Lebih spesifikasinya adalah transfer dari rekening BRI ke Rekening BCA.

Mungkin mudah-mudah saja kalau transfernya antar sesama rekening Bank, dan pastinya semua nasabah sudah bisa. Berbeda lagi jika transfernya ke rekening Bank lain. Mungkin kasusnya yang membuat bingung adalah sudah mencoba namun gagal. Nah, jika anda masih bingung bisa ikuti langkah-langkah dan cara berikut ini.

1. Cara Transfer Uang Lewat ATM (Mesin ATM)

Cara Transfer BRI ke BCA lewat ATM
Sumber: radio2.be

Pertama adalah cara transfer BRI ke BCA lewat ATM. Transfer menggunakan ATM bagi pemula bisa dikatakan lebih sulit dan beresiko dari pada menggunakan layanan SMS Banking dan Mobile Banking. Apa alasannya?

Transfer dari rekening Bank BRI ke rekening Bank BCA lewat ATM harus menggunakan kode Bank. Jika tidak menggunakan kode Bank tujuan atau kodenya salah, maka transfer tidak akan pernah berhasil.

Alasan lainnya kenapa transfer menggunakan ATM lebih beresiko adalah ketika salah memasukan PIN ATM sebanyak 3 kali, secara otomatis kartu ATM akan tertelan oleh mesin ATM. Jika kartu ATM sudah tertelan mau tidak mau kita harus mengurusnya ke kantor Bank.

Pada intinya, jika ingin melakukan transfer atau transaksi lainnya lewat ATM, harus berhati-hati. Namun, jika sudah terbiasa melakukan transaksi lewat ATM tentu akan mudah dan nyaman-nyaman saja. Intinya, butuh membiasakan diri. Baik langsung saja masuk ke pembahasan yaitu cara melakukan transfer dari rekening BRI ke BCA lewat ATM.

Cara Transfer BRI ke BCA Lewat ATM

Jika anda ingin melakukan transaksi berupa transfer uang melalui ATM, dari rekening BRI ke BCA, maka langkah-langkah yang harus dilakukan yaitu sebagai berikut.

  1. Pastikan anda memiliki kartu ATM BRI.
  2. Cari mesin ATM BRI atau ATM selain BRI yang berlabel ATM bersama.
  3. Jika sudah di mesin ATM, langsung masukkan kartu ATM ke mesin ATM.
  4. Jika sudah masuk dan berhasil, selanjutnya pilih bahasa yang anda kuasai. Biasanya hanya ada dua bahasa, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
  5. Masukkan PIN kartu ATM BRI anda, dalam tahap ini harus benar-benar berhati-hati, jangan sampai melakukan kesalah sampai 3 kali.
  6. Cari menu transfer, jika tidak ada pilih menu menu transaksi lainnya, kemudian pilih menu transfer.
  7. Jika sudah muncul tampilan menu baru, pilih Bank lain.
  8. Masukkan kode bank tujuan yaitu kode bank BCA, selanjutnya diikuti dengan nomor rekening tujuan yaitu rekening BCA yang akan ditransfer. Kode bank BCA adalah 014. Jadi formatnya kode bank + nomor rekening. Contoh= 01401122112211.
  9. Untuk mengetahui kode bank tujuan, cari menu kode bank pada tampilan layar mesin ATM. Lalu pilih, nanti akan muncul tampilan berisi kode-kode bank. Jika sudah tahu kode banknya, pilih menu kembali.
  10. Jika kode bank+nomor rekening sudah dimasukkan, selanjutnya pilih menu benar.
  11. Tampilan selanjutnya adalah kolom untuk memasukkan jumlah uang yang akan ditransfer.
  12. Jika sudah masukkan nominalnya, silahkan pilih menu benar.
  13. Selanjutnya akan muncul menu referensi, untuk kolom ini kosongkan saja, dan pilih menu benar.
  14. Tampilan selanjutnya yaitu berisi data-data detail mengenai transaksi yang akan anda lakukan. Cek lalu pastikan semua sudah benar. Jika sudah benar, pilih menu benar.
  15. Terakhir transaksi akan diproses oleh sistem. Tunggu sampai ada laporan mengenai berhasil atau tidaknya transaksi yang anda lakukan.

Nah itulah langkah-langkah untuk melakukan transfer uang dari rekening BRI ke BCA melalui mesin ATM. Jika transaksi yang anda lakukan berhasil maka akan ada pemberitahuaan transaksi sukses.

Jika gagal, maka akan muncul laporan gagal. Faktor yang membuat transaksi gagal biasanya adalah saldo kurang, atau mesin ATM sedang error.

2. Cara Transfer Uang Lewat HP

Cara Transfer Lewat HP
Sumber: i1.wp

Ada dua jenis layanan yang bisa kita gunakan untuk melakukan transfer atau transaksi melalui HP (Handphone). Layanan tersebut adalah SMS Banking dan Mobile Banking. Apa bedanya dari kedua aplikasi ini?

Sebenarnya bedanya tidak jauh. SMS Banking itu layanan dengan cara lewat SMS, sedangkan Mobile Banking adalah layanan dengan aplikasi. Secara fungsi juga tidak juah berbeda. SMS Bangking bisa digunakan untuk transfer, cek saldo, dan lainnya.

Begitu juga dengan Mobile Banking, fungsi dan kegunaan utamanya hampir sama. Hanya saja Mobile Banking lebih banyak fitur-fitur yang bisa dimanfaatkan. Pada Mobile Banking terdapat fitur-fitur layanan seperti cek transaksi terakhir, bayar-bayar online, beli pulsa, dan masih banyak lagi.

a. Cara Transfer BRI ke BCA Lewat Layanan SMS Banking BRI

Transfer dari rekening BRI ke BCA lewat layanan SMS Banking boleh dikatakan cukup mudah. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah daftarkan nomor telepon anda untuk layanan SMS Banking. Cara mendaftarnya bisa dilakukan di kantor cabang Bank BRI terdekat. Atau bisa juga di mesin ATM.

Jika sudah didaftarkan, maka nomor telepon anda sudah bisa digunakan untuk layanan SMS Banking BRI. Caranya yaitu sebagai berikut.

  1. Masuk ke menu perpesanan.
  2. Ketik pesan dengan format: TRANSFER <spasi> Kode Bank + Nomor Rekening <spasi> Jumlah Nominal Transfer <spasi> PIN. Contoh transfer dari BRI ke BCA dengan jumlah pengiriman Rp. 300.000, maka formatnya yaitu: TRANSFER 014001100110011 300000 333111
  3. Pastikan sudah benar semua, lalu kirim ke nomor 3300.

b. Cara Transfer BRI ke BCA lewat Aplikasi Mobile Banking

Jika di atas adalah cara transfer BRI ke BCA lewat SMS Banking BRI, kali ini adalah sama-sama melalui HP. Namun bukan menggunakan sistem SMS Banking, melainkan Mobile Banking BRI.

Jika ingin tranfer uang menggunakan Mobile Banking, maka HP anda pastikan anda memiliki koneksi internet. Karena Mobile Banking adalah aplikasi berbasis internet. Cara transfer uang lewat Mobile Banking BRI yaitu:

  1. Masuk ke menu aplikasi Mobile Banking BRI. Lalu pilih menu internet Banking BRI.
  2. Masukkan user ID dan pasword untuk masuk ke fitur Mobile Banking. Perlu diperhatikan bahwa jangan sampai melakukan kesalahan memasukkan user ID dan paswordnya. Karena jika salah, maka Mobile Banking anda akan diblokir.
  3. Pilih menu tranfer.
  4. Pilih transfer ke bank lain.
  5. Pilih rekening pihak ketiga.
  6. Masukkan nomor rekening Bank tujuan.
  7. Setelah itu masukkan jumlah nominal uang yang akan ditransfer.
  8. Kirim, selanjutnya akan muncul kolom masukkan pasword internet Banking anda.
  9. Masukkan paswordnya dan lanjutkan dengan menekan kirim.
  10. Jika berhasil, maka akan ada notifikasi atau pemberitahuan transaksi telah berhasil. Lalu pilih menu simpan buat bukti pengiriman.

Nah, itulah cara cara transfer BRI ke BCA lewat ATM dan HP yang bisa anda lakukan. Sebenarnya  melakukan transaksi transfer uang lewat ATM dan HP itu mudah, asalkan tahu caranya. Itu saja yang bisa saya sampaikan, terima kasih. Baca juga informasi tentang cek kuota 3 terbaru.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.