Kumpulan Contoh Artikel Pendidikan, Kesehatan, dan Ilmiah yang Menarik

CONTOH ARTIKEL – Apa kabar pembaca Gallery Sepedaku… Kita semua tentu sudah tahu dengan yang namanya artikel. Ada banyak jenis-jenis artikel yang sudah dibuat oleh para kalangan penulis seperti jurnalis. Pembahasananya pun macam-macam, ada artikel pendidikan, artikel ilmiah, dan artikel ilmiah.

Sudah tahukah kita? Ternyata bersepeda dapat menjaga berat badan dari serangan obesitas. Yuk cari tahu lebih juah di sini.

Saat masa-masa sekolah tentu kita sudah dikenalkan bagaimana cara membuat artikel yang baik dan benar, apa saja jenis-jenisnya, dan banyak juga yang dikasih tahu mengenai contoh-contoh artikel yang menarik.

Dalam penulisan artikel, kita dituntut untuk membuat artikel yang berkualitas dengan bahasa yang menarik dan enak dibaca. Supaya artikel yang kita buat tidak dianggap spam, atau tidak berkualitas.

Apabila artikel yang kita buat tidak berkualitas, sudah pasti tidak akan ada yang mau membacanya. Kalau begitu buat apa kita membuat artikel, hanya membuang-buang waktu saja.

Oleh karena itu, sebelum membuat artikel sebaiknya pahami dulu apa itu artikel, kuasai teknik-teknik membuat artikel yang baik, benar, dan menarik. Setelah itu, cobalah untuk membaca contoh artikel yang menurut masyarakat sudah bagus dan banyak yang membacanya. Terkhir baru praktekan langsung dengan mencoba membuat artikel. Dengan begitu, kemungkinan besar Anda akan berhasil membuat suatu artikel yang enak dibaca.

Contoh Artikel

Contoh Artikel 1
Sumber: smksukawatigemolong

Selanjutnya adalah contoh-contoh artikel. Di sini kami akan memberikan contoh-contoh artikel dengan pembahasan tentang pendidikan, kesehatan, dan ilmiah.

Sebenarnya ada banyak pembahasan yang bisa ditulis dalam suatu artikel. Tetapi di sini akan memberikan contoh artikel dengan 3 pembahasan tersebut.

1. Contoh Artikel Pendidikan

Artikel pendidikan adalah suatu artikel yang berisikan pembahasan tentang hal-hal yang bersifat mendidik, baik secara formal maupun non formal. Artikel tentang pendidikan merupakan suatu artikel yang sangat bermanfaat, karena artikel ini umumnya memberikan pengetahuan yang positif bagi pembacanya.

Pembahasan yang kupas dalam suatu artikel pendidikan tidak terpaku pada satu dua pembahasan, melainkan bebas. Dengan catatan selama masih berkaitan dengan pendidikan. Jadi pembahasannya bisa tentang pendidikan moral, pendidikan agama, dan pendidikan lainnya. Untuk contoh artikel pendidikan bisa Anda baca di bawah ini.

Pendidikan Moral Harus Diterapkan Sedini Mungkin

Pendidikan Moral
Sumber: informasiguru

Perkembangan dan kemajuan zaman kini semakin pesat. Hal ini menjadi suatu yang benar-benar harus diperhatikan. Terutama pada pergaulan anak-anak yang semakin bebas.

Belakangan ini sering kita temui foto anak-anak kecil sudah banyak beredar di sosial media. Dengan gaya dan pakaian yang kurang pantas, bahkan tidak pantas.

Dari banyaknya foto anak-anak yang diunggah di medial sosial, ada sebagian anak sekolah dasar yang masih memakai pakaian seragam merah putih.

Mirisnya, foto tersebut diunggah dengan gaya yang tidak wajar. Ada yang sedang bergandengan tangan antara siswa SD laki-laki dan perempuan. Bahkan ada siswa SD yang berpakaian dengan gaya seperti anak-anak SMA yang berlebihan.

Maka tidak heran jika data menyatakan anak perempuan Indonesia lebih dari 50% sudah tidak perawan ketika masih usia sekolah SMA. Hal ini perlu menjadi perhatian khusus bagi setiap orang tua yang memiliki anak.

Penerapan pendidikan moral harus benar-benar dilakukan sedini mungkin. Serangan berbagai budaya asing yang sangat mudah masuk ke Indonesia, terutama melalui media sosial, kini benar-benar harus menjadi perhatian dan perlu dilakukan penanganan.

Bagaimana cara menangani agar anak-anak indonesia tidak mudah terpengaruh oleh budaya-budaya asing yang kini sangat mudah masuk ke Indonesia?

Jauhkan Anak dari Handphone atau Gadget sebelum Mengijak Dewasa

Handphone atau gadget adalah salah satu media dimana budaya asing sangat mudah masuk ke Indonesia. Kini media sosial sudah sangat banyak dan sangat mudah diakses oleh semua orang.

Termasuk anak-anak kecil yang sudah pintar mengoperasikan handphone  atau gadget. Banyak orang tua yang tidak tahu efek negatif dari media sosial.

Padahal, media sosial tanpa bimbingan yang benar akan berpeluang lebih besar mengarah ke efek negatif. Jadi, hal ini benar-benar menjadi PR bagi para orang tua.

Berikan Pendidikan Moral Sedini Mungkin

Salah satu hal yang bisa membentengi anak dari serangan-serangan budaya asing yang tidak baik adalah dengan memberikannya pendidikan moral sejak dini.

Pemikiran dan karakter anak akan sangat mudah dibentuk ketika masih kecil. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan emas untuk menjadikan anak yang memiliki karakter baik.

Hal ini akan berefek ketika anak sudah menginjak dewasa. Pendidikan moral inilah yang akan membentengi anak dari serangan-serangan budaya asing yang negatif.

Tetap Berikan Perhatian Khusus Ketika Anak Sudah Menginjak Remaja dan Dewasa

Umumnya ketika anak-anak mulai menemukan dunianya sendiri di luar lingkungan keluarga. Anak-anak akan cenderung lebih susah diatur. Hal ini biasanya terjadi di usia ketika anak menginjak remaja.

Peran orang tua sangat penting dalam memberikan perhatian di usia remaja. Karena di usia ini anak sedang mangalami usia dimana sedang penasaran-penasarannya sama hal-hal yang berbau dewasa.

Tanpa perhatian dari orang tua, anak akan sangat mudah terjun ke dunia yang bisa menjerumuskan dirinya ke hal-hal yang merugikan dirinya sendiri.

Jadi, perhatian orang tua tehadap anak ketika anak menginjak usia remaja benar-benar harus ditingkatkan dan dikondisikan. Jangan sampai anak-anak bangsa tidak memiliki masa depan gara-gara salah pergaulan di usia remaja.

2. Contoh Artikel Kesehatan

Artikel kesehatan adalah suatu artikel yang di dalamnya membahas masalah kesehatan. Masalah yang dibahas bisa berupa cara mengobati, cara mencegah, tips-tips tentang kesehatan, dan lainnya.

Umumnya artikel yang membahas tentang kesehatan ditulis oleh ahlinya, yaitu oleh orang-orang yang tahu tentang kesehatan. Dan di sini akan memberikan contoh artikel tentang kesehatan yang diambil dari sumber-sumber yang ahli di dunia kesehatan.

3 Nutrisi Penting yang Dibutuhkan Oleh  Pelari

Lari
Sumber: youtube

Lari merupakan salah satu cabang olahraga yang sangat bagus untuk membakar lemak. Tidak heran banyak orang yang melakukan olahraga ini demi menjaga berat badan dan kesehatannya.

Namun, ada hal yang belum diketahui oleh para orang-orang yang sering  dan rutin melakukan olahraga lari. Apa hal tersebut?

Ada 3 nutrisi penting yang harus dijaga oleh para pelari agar kesehatan  tubuhnya tetap terjaga. Meskipun olahraga lari secara umum membuat badan sehat, tetapi jika dilakukan tanpa memperhatikan nutrisi-nutrisi  di dalam tubuh tercukupi atau tidak, maka lari bisa menyebabkan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Apa saja ke-3 nutrisi tersebut?

1. Karbohidrat

Nutrisi pertama yang harus tercukupi oleh pelari adalah karbohidrat. Jika kita berlari dengan jarak yang jauh dan itensitas tinggi, namun hanya diimbangi dengan karbohidrat yang rendah, maka itu sama saja dengan mengendarai suatu mobil tanpa memakai bahan bakar.

Meskipun kita sudah mengkonsumsi minuman berenergi, namun asupan karbohidrat yang paling baik yaitu bersumber dari makanan alami yang mengandung gizi. Makanan yang paling banyak mengandung karbohidrat yaitu seperti ubi jalar, nasi, gandum, dan masih banyak lagi.

2. Zat Besi

Nutrisi yang harus dipenuhi selanjutnya yaitu zat besi. Zat besi memiliki peran penting untuk membantu pembentukan sel darah merah, yang mana selanjutnya akan membawa oksigen ke dalam otot tubuh.

Saat berlari, otot akan bekerja dengan keras. Sehingga membutuhkan asupan zat besi yang cukup. Sumber-sumber makanan yang paling banyak mengandung zat besi adalah jenis kacang-kacangan, daging merah, ikan, tahu, dan bayam.

3. Sodium

Nutrisi yang ketiga adalah sodium, seorang pelari sangat  memerlukan sodium ketika berlari. Hal ini karena sodium memiliki peran penting pada saat berlari, yaitu sebagai pemenuh kebutuhan  cairan tubuh.

Bagi orang yang memiliki keringat asin, sodium merupakan kebutuhan penting yang harus terpenuhi. Ciri-ciri orang yang memiliki keringat asin yaitu ketika keringat yang keluar dari area muka mengenai mata, maka mata akan terasa perih.

Sumber makanan dan minuman yang mengandung sodium adalah keju, roti, sup, dan jenis minuman berenergi.

Demikian ke-3 nutrisi yang harus dipenuhi oleh para pelari aktif dan rutin. Jangan karena ingin hidup sehat, tapi melalaikan kebutuhan nutrisi di dalam tubuh. Karena tubuh membutuhkan nutrisi yang cukup untuk menjaga ketahanan tubuhnya.

3. Contoh Artikel Ilmiah

Artikel ilmiah merupakan jenis artikel yang di dalamnya berisi pembahasan tentang hasil penelitian sebuah penemuan. Artikel ini memiliki ciri-ciri khusus yaitu:

  • Bentuk, isi, serta bahasanya memakai kaidah keilmuan.
  • Bersifat objektif, yaitu mengungkapkan informasi yang sesuai dengan karakteristik suatu objek.
  • Berdasarkan kepada pemikiran yang logis dan empiris.
  • Susunannya tersistem, mulai dari judul, abstrak, pendahuluan, metodologi penelitian, hasil, lalu pembahasan, dan terakhir kesimpulan.
  • Dikembangkan berdasarkan pada referensi atau rujukan.
  • Informasinya bersifat eksplisit. Artinya penggunaan kata-kata yang ilmiah dan tidak ambigu.
  • Karya tulis tentang pengetahuan yang ditulis berdasarkan pada penelitian yang sudah dilakukan, meskipun penelitian yang sederhana.

Suatu artikel ilmiah dibuat karena memiliki tujuan, yaitu:

  • Memperkaya pengetahuan untuk menjawab sebuah fenomena baru.
  • Artikel ilmiah sebagai media diskusi secara tertulis untuk mengoreksi pandangan logika yang salah.
  • Menawarkan inovasi ide-ide baru yang bisa dipertanggung jawabkan.

Pada intinya artikel ilmiah memiliki ciri khas sendiri dibandingkan dengan artikel-artikel pembahasan lainnya. Umumnya artikel ini hanya bisa dibuat oleh para peneliti-penliti, jurnalis, dan mahasiswa. Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah contoh artikel ilmiah.

Tidak Tersentuhnya Bank Oleh Petani pada Era Globalisasi

Yahya Yoga Budiman

Universitas Islam Negeri Kalijaga

Abstrak

Hasil survey yang dilakukan oleh pihak Bank Dunia di tahun 2010 menunjukan ada 19,6% warga di Indonesia yang sudah memiliki rekening Bank. Kenyataan ini membuat masyarakat terfokus pada orang-orang yang memiliki nilai ekonomi rendah.

Petani selalu menjadi objek yang salah di mata umum yang berstatus seperti orang-orang tersebut. Masalah inilah yang mengundang peneliti untuk mengupas bagaimana posisi bank di mata petani.

Selain itu, perlu juga melihat tuntutan globalisasi yang memaksa mereka. Dengan penelitian ini kami harap pembaca bisa melihat keadaan dunia ekonomi yang terjadi sekarang ini. Terutama mengenai citra perbankan di mata petani di era globalisasi sekarang ini.

Metode penelitian yang digunakan untuk masalah ini adalah  metode dokumentasi. Denga mengumpulkan semua data yang ada dari literatur baik dari majalah, buku, ataupun internet.

Hasil yang didapat dari penelitian ini mengatakan bahwasannya kepemilikan jumlah rekening bank yang rendah ini tidak hanya disebabkan oleh masyarakat petani saja.

Tetapi, pihak bank sendiri dalam mencari nasabah tidak semuanya bias diterima. Pihak bank kurang percaya terhadap petani sebagai nasabahnya. Dilihat dari tingkat kegagalan yang lebih besar, dan tingkat keuntungan yang rendah.

Kata Kunci: Perbankan, Petani, Era Globalisasi

Pendahuluan

(1)

Seperti yang kita ketahui tentang keberadaan sekarang yang menuntut semuanya serba cepat dan efisien. Tidak heran jika inovasi-inovasi yang baru pada bermunculan pada semua bidang.

Seperti halnya dalam bidang transportasi yang kini bisa mengantarkan perjalanan jauh dengan waktu yang singkat. Tidak kalah juga di bidang komunikasi yang kini semakin canggih. Kita bisa bicara dengan orang yang jauh hanya dengan segenggam alat canggih.

Begitu juga dengan media informasi yang kini sangat mudah didapat melalui perkembangan dan kemajuan internet. Dan bahkan inovasi dalam masalah pengelolan keuangan kini sudah dibuatkan wadah yang bernama bank.

Dalam masalah pengelolan keuangan kini bank sudah menjadi sendi yang sangat berpengaruh dalam perekonomian. Dan telah ada undang-undang Nomor 10 Tahun 1998 berisi tentang perjanjian internasional di bidang perdagangan barang serta jasa.

Artinya telah diartifikasikan dan perlu disesuaikan dengan peraturan undang-undang di bidang perekonomian. Khususnya pada sektor perbankan sendiri.

Bank menjawab semua masalah yang ada pada masyarakat, baik pada masyakarat golongan menengah ke atas dan menengah ke bawah. Ketika masayarakat golongan ke atas merasakan kekhawatiran hartanya dirampok, dicuri, atau hilang, bank muncul memberikan solusi penyimpanan.

Ketika masyarakat menengah ke bawah membutuhkan modal untuk usahanya, bank menjawab dengan memberikan solusi pinjaman. Namun semua harus mealui kebijakan yang ada.

(2)

Namun di era globalisasi ini memaksa dan hanya mendorong masyakarat menengah ke atas menggunakan jasa bank. Hasil survei yang dilakukan oleh Bank Dunia tahun 2010 mengatakan hanya ada 19,6% warga dewasa Indonesia yang memiliki rekening di Bank.

(3)

Fakta ini membuat mata umum fokusnya pada orang-orang yang memiliki ekonomi rendah sebagai penyebab masalah sedikitnya kepemilikian rekening bank.

Dan ini membuat masayarakat menengah ke bawah seperti petani dijadikan sebagai penyebab utama masalah ini. Melihat kenyataan yang ada yaitu bank umumnya dirasakan oleh pejabat, dokter, pegawai, dosen, yang mana notebane mereka adalah orang-orang menengah ke atas.

Masalah inilah yang mengundang peneliti untuk mengupas bagaimana posisi bank di mata petani. Dan melihat juga tuntutan era globalisasi. Dengan penelitian ini diharap pembaca mampu melihat keadaan perekonomian yang terjadi sekarang ini. Terutama tentang citra perbankan di mata petani di saat era gloalisasi.

Pembahasan

a. Memahami Era Globalisasi

Hadirnya suatu zaman yang serba cepat dan efisien, dimana perjalanan jauh bisa  ditempuh dengan waktu yang singkat, dimana menanti kabar hanya dalam hitungan detik, dimana orang memiliki simpanan yang super aman, dan masih banyak lagi hal-hal yang berbau inovasi baru.

Itulah era globalisasi, yang mana suatu era yang diharapkan dan juga ditakutkan. Suatu kata yang mulai dipakai pada tahun 1960-an, dan semakin populer pada tahun 1990-an.

(4)

Globalisasi menurut Profesor Giidens yaitu sebuah kekuatan yang tidak bisa terbendungkan yang mampu merubah segala aspek yang ada di dunia ini.

(5)

David Henderson seorang mantan kepala organisasi yang bergerak di bidang kerjasama ekonomi serta pembangunan, berpendapat bahwa globalisasi adalah pergerakan bebas barang, jasa, modal, dan buruh, sehingga mampu menciptakan pemasukan dan pengeluaran, serta pemberlakuan untuk investor asing bisa bersifat nasionalis dalam usahanya, dan juga warga yang bekerja di luar negeri.

(6)

Kita bisa berpendapat hal ini bisa dikatakan sebagai pergerakan bola salju  yang akan terus berkembang dan membesar. Bisa juga dikatakan sebagai interaksi kelas internasional. Dimana sekarang sangat mudah berinteraksi dengan orang-orang diluar negeri. Tidak ada beban dan kendala meskipun terhalang oleh jarak.

b. Antara Globalisasi dengan Perbankan

Kita tidak dapat mengingkari bahwasanya teknologilah yang menjadi unsur penting di era gloalisasi ini. Hadirnya alat yang mampu mengkoneksikan antara hal-hal yang terkendala oleh jarak dan waktu.

Hal ini bisa dirasakan dalam masalah perekonomian pada sistem keuangan yang semakin kompleks. Dengan modal memiliki rekening tabungan semuanya bisa menjadi lebih praktis dalam menghadapi masalah sistem keuangan dan akses layanan keuangan.

(7)

Kita sudah menginjak era globalisasi yang hadir di menghiasi udara dimana kita tinggal. Mungkin negara kita negara yang tertinggal dalam segi perkembangan perekonomian. Angka kepemilikan rekening bank bisa dijadikan sebagai tolak ukur dan indikasi layanan keuangan.

(8)

c. Petani Tersalahkan

Ada lebih dari 2 milyar dewasa di Dunia yang belum menyentuh layanan perbankan. Dewasa tersebut mayoritas berasal dari negara-negara yang masih berkembang.

(9)

Hal ini sesuai dengan hasil survei kepemilikan rekening yang dilakukan oleh Bank Dunia. Indonesia masih kalah dengan Filipina dalam segi kepemilikan rekening bank. Dimana Filipina 26,5% warga dewasanya sudah menyenuh rekening bank.

Dengan fakta ini munculah tuduhan bahwa orang-orang terbelakang ekonominya sangat mudah dikaitkan dengan para petani. Suatu golongan yang menguasai sarana produksi dengan sarana yang kurang mencukupi.

(10)

Sangat erat dengan pembangunan ekonomi untuk meningkatkan produk-produk ekonomi yang memiliki nilai lebih tinggi. Supaya bisa memenuhi kebutuhan hidupnya yang kini semakin meningkat tiap tahunnya.

Dalam hal peningkatan ekonomi ini memerlukan faktor-faktor pendukung seperti infrastruktur kelembagaan, baik dari pemerintah, perusahaan, koperasi, atau perbankan dan atau juga dari perorangan.

Dengan begitu masyarakat golongan ekonomi rendah bisa terbina untuk melakukan aktifitas produksi dan ditribusi yang sesuai dengan keadaan di era globalisasi sekarang.

(11)

Peneliti ingin menyampaikan bahwasanya semua hal di atas benar namun tidak sepenuhnya. Artinya petani tidak sepenuhnya menjadi penyebab masalah rendahnya pemilikan rekening bank. Hal ini benar sesuai dengan data yang ada.

Namun petani memiliki alasan sendiri kenapa mereka tidak tersentuh oleh rekening bank. Di antara alasannya yaitu karena lokasi kantor cabang bank yang jauh, rumit, antrian panjang. Alasan ini juga didukung dengan bukti penemuan yang ada.

Dimana ada fenomena yang tidak biasa dijumpai di Kabupaten Kebumen, yaitu ada bank di warung.

(12)

Komentar dari nasabah bank di warung tersebut yaitu adanya kemudahan, kedekatan, dan tidak harus antri. Selain alasan lokasi yang jauh, ada juga penemuan yang menyatakan sebuah data dengan isi para petani tidak mau menyentuh rekening bank karena takut akan bunga.

(13)

Jadi dalam masalah kepemilikian rekening bank, tidak sepenuhnya kesalahan dari para petani. Hal ini bisa diminimalisir apabila bank bisa menyesuaikan dengan keadaan petani. Penemuan-penemuan masalah pada petani, dengan mengetahui alasan-alasan mereka tidak mau menyentuh rekening bank, bisa dijadika acuan untuk penyesuaian bank dengan para petani.

Penutup

Hasil akhir dari penelitian ini menyatakan bahwa penyebab masalah ini tidak hanya pada petani. Tetapi bank sendiri yang belum menyesuaikan dengan keadaan petani.

Kenyataan yang ada bank enggan menerima nasabah dari golongan petani. Dikarenakan takut akan kegagalan yang lebih tinggi, dan dan keuntungan yang kurang. Seandainya ada kepercayaan antara satu sama lain, tentu akan muncul keseimbangan yang saling menguntungkan.

Dengan pendanaan yang cukup tentu petani berkesempatan untuk mengembangkan produksinya baik dalam segi kuantitas maupun kualitas jadi lebih besar. Jika hal ini bisa direalisasikan tentu akan berefek pada penambahan PDB negara.

Daftar Bacaan dari sumber-sumber yang berkaitan.

Pengertian Artikel

Contoh Artikel
Sumber: peterrussellscriptdoctor

Artikel adalah suatu karangan berupa karya tulis yang ditulis secara lengkap dengan tujuan untuk menyampaikan suatu gagasan  secara menarik, mendidik, dan menghibur. Umumnya artikel sangat mudah kita temui di berbagai media cetak seperti majalah, koran harian, novel, dan media cetak lainnya.

Itulah pengertian artikel secara umum. Selain pengertian tersebut, ada banyak pengertian-pengertian artikel dari para ahli, dan juga pengertian artikel dari Kamus Besar Bahasa Indonesia atau yang sering disingkat dengan KKBI.

Adakah perbedaan di antara banyaknya pengertian mengenai artikel ini? Pada dasarnya semua memiliki kesamaan dalam pendapatnya, yaitu sama-sama mengartikan bahwa artikel adalah sebuah karya tulis.

Perbedaanya hanya pada cara dan bahasa penyampaiannya. Untuk lebih jelasnya, sebaiknya Anda baca-baca pengertian artikel menurut mereka para ahli.

Pengertian Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian Artikel dari Para Ahli
Sumber: klikmania

Berikut ini adalah pengertian-pengertian artikel dari ahli.

  1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), menurut KBBI artikel merupakan suatu  karya tulis yang ditulis secara lengkap.
  2. Sumandiria, menurut Sumandiria artikel adalah suatu karya tulis lepas berisikan sebuah opini seseorang yang sudah mengetahui secara jauh tentang masalah atau objek yang bersifat aktual dengan tujuan untuk memberitahukan, menghibur, mempengaruhi, dan meyakinkan yang membaca.
  3. Al-Aqli, menurut Al-Aqli artikel ialah suatu tulisan yang ditulis sama seseorang atau orang-orang yang disiplin ilmu dengan pembahasan yang ditulis secara lengkap, lugas, dan tuntas sehingga yang membaca dapat menemukan inti dari karangan yang ditulis.
  4. Ensikologipedia Pers Indonesia, menurut media cetak ini artikel suatu karangan prosa di dalam media massa dengan pembahasan pokok masalah yang dibahas secara lugas.
  5. The America Desk Dictionary, menurut kamus di Amerika, artikel merupakan bagian dari tulisan nonfiksi dengan bentuk bebas, merupakan bagian penerbitan seperti laporan esai.
  6. Essential English Dictionary, menurut kamus Inggris, artikel ialah suatu tulisan lengkap di dalam surat kabar, koran, majalah, dan media cetak lainnya.
  7. Longman Pitman Office Dictionary, menurutnya artikel adalah suatu prosa nonfiksi dengan bentuk yang biasa, merupakan bagian bebas dari suatu koran, majalah, dan media cetak lainnya.
  8. Webster’s New World Dictionary, mengartikan artikel sebagai karya tulis non fiksi yang umumnya ditulis secara singkat dan lengkap seperti karangan berita yang khas dalam media cetak.
  9. Webster’s Collegiate Thesaurus, mengartikan artikel sebagai suatu karangan, kritikan, catatan, reportase, manifes, pelajaran, putusan, dan survey.
  10. Penguin English Student Dictionary, mengartikan artikel adalah suatu karangan yang tertulis untuk dipublikasikan dalam media berita cetak seperti majalah, koran, dan lainnya.
  11. Rillan E. Wolseley, mengartikan artikel sebagai suatu karangan tetulis dengan panjang yang tidak ditentukan dengan tujuan untuk menyampaikan gagasan serta fakta dengan maksud mendidik, menghibur, dan meyakinkan.
  12. Andi Baso Mappatato, mengartikan artikel sebagai karya tulis yang lengkap, tulisan nonfiksi, serta karangan tertulis yang memiliki panjang tidak menentu.

Ciri-ciri suatu Artikel

Ciri-ciri Artikel
Sumber: daftarpustaka

Suatu karangan karya tulis bisa dikatakan sebagai suatu artikel apabila memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Tulisannya singkat, padat, jelas, dan pembahasanya lengkap dan tuntas.
  2. Sumbernya dari fakta yang ada.
  3. Besifat faktual sesuai dengan data-data yang diketahui oleh si pengarang.
  4. Original dan bukan copy writing.
  5. Isi yang disampaikan sesuai dengan fakta yang didapat dari narasumber dan bukan dari pemikiran penulis.
  6. Isinya bisa berupa pemaparan biografi tokoh, kisah-kisah perjalanan, argumentasi, peristiwa, atau hal fakta lainnya.
  7. Gagasan atau topiknya harus menyesuaikan dengan kebutuhan pembaca atau masyarakat umum.

Ciri-ciri di atas harus ada dalam suatu artikel. Dengan begitu, karangan karya tulis sudah bisa dikatakan sebagai sebuah artikel. Jika pemahaman mengenai ciri-ciri sebuah artikel sudah dipahami, selanjutnya ketahui jenis-jenis artikel.

Jenis-jenis Artikel

Jenis Artikel
Sumber: agencytranslation

Untuk menjadi seorang penulis karangan sebuah artikel, akan lebih baik jika sudah mengetahui dan memahami jenis-jenis dari suatu artikel yang akan dibuat. Agar, artikel yang ditulis menjadi lebih layak. Berikut ini adalah jenis-jenis artikel yang perlu diketahui.

  1. Argumentasi, jenis artikel ini berisikan penjelasan kebenaran suatu masalah yang bertujuan untuk membuktikan kebenaran suatu pendapat dengan bukti alasan dasar sebuah fakta. Harapan penulis dalam membuat artikel jenis ini yaitu untuk membenarkan suatu masalah dengan bukti fakta, data, dan opini.
  2. Eksposisi, jenis artikel ini berisikan mengenai penjelasan dengan tujuan untuk menginformasikan pengetahuan tambahan bagi pembaca dengan lengkap dan menyuguhkan gambar, grafik, dan lainnya.
  3. Deskripsi, jenis artikel ini berisikan penjelasan dengan gambaran-gambaran yang mampu membuat pembaca bisa merasakan, melihat, dan mendengar keadaan yang ditulis pada artikel.
  4. Persuasi, jenis artikel ini berisikan penjelasan yang bersifat mengajak atau ajakan agar pembaca berbuat sesuatu sesuai dengan yang ada di artikel.
  5. Narasi, jenis artikel ini berisikan pembahasan seuatu peristiwa yang lengkap dengan urutan waktu kejadian dari awal sampai selesai.

Itulah jenis-jenis artikel yang perlu kita ketahui sebelum membuat karangan karya tulis yang disebut dengan artikel. Bagaimana? Tentu sudah semakin paham tentang pengetahuan dalam membuat artikel.

Contoh-contoh di atas kami tulis dengan mengambil sumber-sumber terpercaya. Pada intinya contoh artikel yang menarik yaitu artikel yang susunan tulisannya benar, bahasanya mudah dipahami, dan pembahasannya menarik.

Demikianlah penjelasan dari kami mengenai pembahasan tentang pengertian artikel, jenis-jenisnya, ciri-ciri, dan contoh artikel. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar