Manfaat Bersepeda / Olahraga Sepeda Bagi Kesehatan dan Sosialisasi

MANFAAT BERSEPEDA – Apa kabar pembaca Gallery Sepedaku?  Semoga sedang dalam keadaan senang dan sehat di manapun berada. Ini adalah artikel perdana yang admin tulis di Gallery Sepedaku.

Pembahasan pertama di Gallery Sepedaku adalah manfaat bersepeda. Apa saja yang akan didapatkan apabila kita senang olahraga sepeda?

Sebelumnya admin mau tanya nih… Pembaca pada hobi bersepeda ngga?
Kayanya sih dari anak-anak kecil sampai orang tua semuanya suka bersepeda yah, karena selain menyehatkan bersepeda juga menyenangkan.

Bagi Anda yang tidak hobi bersepeda sebaiknya coba berpikir kembali untuk menjadikan olahraga sepeda sebagai salah satu hobi Anda. Kenapa? Kembali lagi karena ada banyak manfaat bersepeda yang bakal Anda dapatkan. Apa saja manfaat itu?

Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan

Manfaat Bersepeda
Manfaat Bersepeda

Olahraga sepeda merupakan salah satu cabang olahraga yang sangat digemari oleh semua kalangan masyarakat. Mulai dari anak-anak, sampai dewasa bahkan orang tua. Alasan mereka sangat simpel, yakni untuk refreshing atau menghilangkan stress.

Di negara-negara maju, bersepeda sudah menjadi suatu rutinitas keseharian. Contohnya adalah Negara Jepang, di negara yang memiliki julukan Negara Sakura tersebut sepeda sudah seperti kendaraan wajib.

Pasalnya, pengemudi sepeda di Jepang kini sudah dibuatkan undang-undang tentang penggunaan sepeda. Kok bisa ya? Kembali lagi, di sana sepeda sudah menjadi kendaraan wajib.

Seperti yang dikabarkan oleh salah satu media berita di Indonesia, di Jepang atau lebih tepatnya di Kota Sakai sejak tahun 2014 sudah dibuatkan Perda Sepeda. Dengan dibuatkannya Perda sepeda, pemerintah Kota Sakai memiliki banyak harapan dan tujuan.

Diantaranya adalah supaya sepeda menjadi alat transportasi wajib warga, meningkatkan penggunaan sepeda secara aman, dan untuk mendukung produksi industri sepeda. Sebuah harapan dan tujuan yang angat bagus.

Nah itulah sedikit kabar tentang sepeda yang kini memang sudah mulai ramai di berbagai negara, termasuk Indonesia. Jadi, tidak ada nilai negatifnya jika menjadikan bersepeda sebagai salah satu hobi kita.

Untuk lebih menyemangati, kita perlu mengetahui apa saja manfaat yang bisa didapat jika kita hobi bersepeda. Apa manfaatnya?

1. Memperbaiki Kardiovaskular

Menurut allodokter, olahraga sepeda termasuk ke dalam kategori olahraga kardio. Dikategorikan demikian, karena bersepeda dapat meningkatkan kinerja jantung, paru-paru, dan juga sistem sirkulasi. Selain itu, bersepeda juga dapat menurunkan tingkat kadar kolesterol jahat, menguatkan otot jantung, dan mampu menurunkan tekanan darah.

Semua itu tentu merupakan manfaat yang sangat baik buat tubuh kita, sistem peredaran darah yang semakin baik, maka akan makin menurun tingkat resiko terkena serangan jantung, stroke, dan hipertensi.

2. Meningkatkan Kekuatan Otot

Hampir semua anggota tubuh bergerak saat bersepeda. Mulai dari kaki mengayuh sampai mata yang terikat konsentrasi. Namun yang paling berperan dalam bersepeda adalah kaki.

Sehingga jangan heran apabila melihat orang yang rajin bersepeda memiliki otot kaki yang kuat dan besar. Selain otot kaki, otot anggota tubuh lainnya juga mendapatkan efek baik dari bersepeda seperti otot mata.

Dengan bersepeda, kita juga sudah melakukan koordinasi dan melatih keseimbangan tubuh. Jadi, bersepeda itu tidak ada ruginya.

3. Merawat Persendian

Manfaat yang satu ini merupakan salah satu alasan kenapa banyak orang tua hobi bersepeda. Persendian merupakan bagian tubuh yang sangat penting dan membutuhkan perawatan supaya tetap terjaga kesehatannya.

Masalah pada persendian merupakan masalah yang rawan terjadi ketika usia sudah masuk hari tua. Oleh sebab itu, olahraga sepeda ini sangat dianjurkan untuk seseorang yang sudah menginjak usia 40 tahun ke atas atau sudah menginjak hari tua.

4. Mengontrol Berat Badan

Tahukah Anda? Bahwa bersepeda bisa mengontrol berat badan kita agar tetap ideal. Ya, pada saat bersepeda tingkat metabolisme tubuh akan meningkat sehingga proses pembakaran kalori pun ikut meningkat.

Pembakaran kalori inilah yang memiliki efek pada berat badan kita. Untuk mendukung dalam mengontrol berat badan, sebaiknya diimbangi juga dengan pola makan yang sehat. Yaitu pola makan yang teratur dengan menu makan yang rendah kalori.

Memiliki berat badan yang ideal merupakan dambaan semua orang. Selain bagus untuk berpengaruh pada kesehatan, berat badan yang ideal juga mempengaruhi tampilan fisik kita.

5. Mengurangi Tingkat Stres

Mungkin banyak yang tidak menyadari kalau dengan bersepeda dapat mengurangi tingkat stres manusia. Saat kita bersepeda, kita akan terhibur dengan pemandangan-pemandangan yang silir berganti di pinggir jalan.

Akan lebih terhibur lagi apabila kita bersepeda di sekitar daerah pegunungan atau daerah yang didominasi dengan hijau-hijauan. Itulah gambaran mudahnya kenapa bersepeda dapat mengurangi tingkat kestresan manusia.

Tapi ada alasan yang lebih tepat dari dunia kesehatan. Bahwasanya, dengan bersepeda tubuh akan mengeluarkan hormon dari dalam tubuh. Hormon tersebut adalah hormon endorfin.

Apa itu hormon endorfin?
Hormon endorfin merupakan hormon yang mempengaruhi tingkat kenyamanan dan suasana hati yang positif. Selain itu hormon endorfin juga bisa mengurangi rasa sakit. Jadi tidak heran jika para pekerja kantoran di negara-negara maju lebih suka memakai sepeda ketika berangkat dan pulang kerja.

 6.  Menurunkan Risiko Terserang Penyakit

Manusia hidup di dunia ini tidak akan pernah aman dari risiko serangan-serangan penyakit ganas yang mematikan. Namun semua itu bisa diminimalisir dengan aktifitas tubuh kita sehari-hari.

Semakin tubuh kita sering bergerak, semakin meminimalisir serangan-serangan penyakit ganas mematikan. Kenapa begitu? Tubuh manusia yang jarang bergerak aktif akan menyebabkan kalori atau lemak-lemak jahat semakin tertimbun.

Jika dibiarkan, lemak-lemak jahat tersebut bisa mengundang penyakit-penyakit ganas yang mematikan. Salah satu cara untuk mencegah hal tersebut yaitu dengan banyak begerak, entah bergerak dalam rangka bekerja, maupun bergerak dalam rangka olahraga.

Pada dasarya tubuh yang aktif bergerak akan memperbesar pembakaran lemak-lemak jahat yang mengidap di dalam tubuh kita. Jadi, bersepeda sangat memiliki pengaruh dalam mengurangi risiko terserang penyakit-penyakit ganas yang mematikan.

Nah itulah beberapa manfaat penting bersepeda bagi kesehatan tubuh. Sebenarnya masih banyak sekali manfaat bersepeda untuk kesehatan tubuh kita. Termasuk rasa senang ketika sudah mulai mengenal teman-teman yang hobi bersepeda juga.

Apalagi jika sudah ikut bergabung dengan komunitas-komunitas sepeda, tentu sangat menyenangkan sekali, karena menambah tali silaturahmi. Yang mana semakin meningkatnya tali persilaturahmian bisa meningkatkan jalan rezeki kita.

Manfaat Olahraga Sepeda untuk Sosialiasi

Manfaat Olahraga Sepeda
Manfaat Olahraga Sepeda

Perlu diketahui juga nih, ternyata bersepeda juga bermanfaat dalam segi sosialisasi loh. Masa sih?
Bersepeda memang banyak menyumbang manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat itu saja sebenarnya sudah sangat bagus dan sangat menarik.

Namun jika kita perhatikan lebih jauh lagi, ternyata bersepeda juga bisa mendatangkan manfaat dalam segi sosialisasi. Apa saja manfaat tersebut?

1. Menambah Teman Baru

Seperti yang sudah kita singgung di atas, bahwa dengan bersepeda kita bisa menambah teman-teman baru. Dengan begitu berarti kita sudah meningkatkan sosalisasi kita dalam lingkungan.

Tentunya menjadi hal yang sangat menyenangkan ketika memiliki teman-teman baru, apalagi yang satu hobi. Hobi merupakan salah satu media perantara untuk mempererat tali pertemanan, persahabatan, ataupun tali kekeluargaan.

Maka khusus untuk Anda yang belum mengenal dunia bersepeda, saran kami mulailah terapkan rasa penasaran pada manfaat bersepeda ini.

2. Mengurangi Tingkat Kemacetan

Hal ini merupakan salah satu alasan kenapa orang-orang negara-negara maju memilih untuk bersepeda sebagai alat transportasi pulang pergi kerja. Dan sampai-sampai dibuatkan pula peraturan daerah mengenai sepeda.

Aktifitas kendaraan bermotor di perkotaan itu sudah tidak bisa terbendung lagi peningkatan setiap tahunnya. Entah itu kendaraan motor roda dua ataupun roda empat. Sehingga setiap tahun tingkat kemacetan selalu meningkat.

Nah dengan bersepeda, tentu akan sangat berpengaruh pada laju lalu lintas yang sangat padat.

3. Hemat dan Ramah Lingkungan

Bersepeda itu sehat, bersepeda itu hemat, dan bersepeda itu ramah lingkungan. Sudah sehat, hemat, ramah lingkungan lagi. Itulah manfaat bersepeda bagi kehidupan manusia.

Kesehatan tubuh itu sangat mahal, bahkan tidak bisa dibayar dengan apapun. Oleh karena itu, sayangilah tubuh Anda dengan menerapkan pola hidup yang baik dan menyehatkan. Salah satu caranya yaitu dengan bersepeda.

Nah bagaimana? Bersepeda memang sangat bermanfaat bukan? Dengan penjelasan di atas tentu Anda sudah bisa menjawab pertanyaan tersebut. Oleh karena itu, ayo jaga kesehatan tubuh dengan cara rajin berolahraga. Salah satunya dengan olahraga yang satu ini.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Bersepeda

Kata kata Humor
Sumber: plagiatzone

Jika anda sudah yakin ingin menjaga kesehatan tubuh anda dengan bersepeda, maka sebelum memulai bersepeda sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini. Ini berlaku juga untuk anda yang sudah lama hobi bersepeda. Apa hal-hal tersebut?

Berpakaian yang Safety

Kenyamanan dan keamanan sangat dibutuhkan ketika kita sedang bersepeda. Salah satu hal yang sangat mendukung kenyamanan dan keamanan dalam bersepeda adalah menggunakan baju khusus untuk bersepeda (Jersey sepeda).

Gunakan Helm Sepeda

Menggunakan helm bukan untuk pengendara motor saja. Namun ketika kita bersepeda pun diwajibkan untuk menggunakan helm khusus sepeda. Karena fungsi utama helm sendiri adalah untuk melindungi kepala.

Sedia Minuman

Bersepeda adalah aktifitas yang cukup melelahkan dan menguras banyak cairan tubuh. Apabila kita melakukan olahraga sepeda dengan menempuh jarak yang cukup jauh, maka sebaiknya selalu sedia minuman.

Oleh karena itu, kebanyakan produsen  sepeda sudah merancang tempat khusus botol minuman pada bagian frame sepeda.

Bawalah Tas Khusus Bersepeda

Jika anda sudah mulai hobi bersepeda, tentu tidak akan puas dengan menempuh jarak pendek saja. Seseorang yang sudah hobi bersepeda akan terbangun jiwa semangatnya. Tidak heran jika ada seorang pesepeda yang saat lebaran, berani mudik ke kampung halaman yang jaraknya ratusan kilometer hanya dengan sepeda.

Lalu apa hubungannya dengan tas? Tas sangat membantu untuk tempat menaruh barang bawaan seperti dompet, hp, botol minum, dan lainnya. Jika anda sudah mengenal para pecinta sepeda, hampir semua pecinta sepeda memakai tas saat bersepeda.

Nah mungkin itu beberapa poin yang harus diperhatikan sebelum memulai olahraga sepeda. Tujuan semua itu tidak lain untuk mendukung kenyamanan dan keamanan dalam bersepeda. Berpikir cerdaslah dalam semua hal sebelum memulainya.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.