Contoh Ucapan Belasungkawa Islami / Kata-kata untuk Turut Berduka Cita

UCAPAN BELASUNGKAWA – Apa kabar pembaca Gallery Sepedaku… Ketika saudara, kerabat, tetangga, sahabat, teman, atau orang lain mengalami musibah berupa kematian yang menimpa keluarganya. Kita dianjurkan untuk datang untuk mengungkapkan turut berduka cita serta menghiburnya.

Ingin tahu harga sepeda gunung Polygon? Cek yuk di sini.

Caranya bagaimana? Bagi umat muslim, cara berbelasungkawa sudah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Nabi Muhammad SAW menganjurkan umatnya untuk berta’ziah.

Apa itu ta’ziah? Ta’ziah adalah mendatangi keluarga yang ditimpa musibah kematian untuk meringankan dan menghibur keluarganya serta menasehati bahwa musibah kematian adalah suatu ketetapan Allah SWT.

Hal ini dikuatkan dengan hadits-hadits Rasulullah SAW tentang ta’ziyah. Diantaranya yaitu hadits berikut ini:

Rasulullah SAW bersabda:

“Tidak ada seorang mukmin yang datang berta’ziah kepada saudaranya yang tertimpa musibah, kecuali akan diberi pakaian kebesaran di hari kiamat oleh Allah SWT.”

Hisyam bin Ammar serta Mohammad bin Shabah menceritakan, bahwa Sufian bin Uyainah dari Ja’far bin Khalid dari ayahnya Abdullah bin Ja’far beliau mengatakan: Saat jenazah Ja’far datang, Rasulullah SAW Bersabda:

“Hendaklah kalian semua membuat makanan untuk keluarga Ja’far. Maka sudah datang pada mereka sesuatu yang membuat mereka sibuk dengan pekara tersebut.” (HR. Abu Dawud).

Hadits di atas dihasankan oleh Syaikh Albani. Jadi kesimpulan yang bisa kita ambil yaitu, mengucapkan ucapan belasungkawa untuk mengibur keluarga yang ditimpa kematian merupakan hal yang sangat dianjurkan.

Oleh karena itu apabila ada saudara, teman, tetangga, dan orang lain disekitar kita yang sedang mengalami musibah ditimpa kematian. Sebaiknya kita jangan cuma sekedar datang dan menyaksikan proses pemakaman/penguburan orang yang meninggal. Tetapi hiburlah keluarga yang ditinggal suadaranya meninggal dunia dengan menasehati dan mengucapkan ucapan belasungkawa yang menghibur.

Seperti apa ucapan turut berduka cita atau belasungkawa yang menghibur, sopan, dan tidak menyinggung atau membuatnya tambah bersedih?

Ucapan Belasungkawa Islami

Ucapan Belasungkawa Islami 2
Sumber: jakaadhitea

Kita bisa ungkapkan perasaan turut berduka cita kepada orang yang ditimpa kematian dengan ucapan-ucapan belasungkawa secara Islami. Tentunya hal ini diucapkan khusus untuk sesama muslim saja.

Ada banyak inspirasi dalam mengekspresikan rasa turut berduka cita kita kepada keluarga yang ditinggal. Umumnya yaitu dengan memberikan nasehat Islami yang bisa menghibur perasaan sedih orang yang ditinggal pergi dari dunia ini selamanya.

Berikut ini adalah kata-kata ucapan belasungkawa yang Islami, rekomendasi yang sangat menginspirasi Anda yang ingin menghibur hati orang yang ditinggal pergi dari dunia ini.

Contoh Ucapan untuk Menyampaikan Duka Cita/Belasungkawa yang Islami

Ucapan Belasungkawa Islami 1
Sumber: denganridhonya

“Saya turut berduka cita atas kepergian si wulan… Semoga si wulan diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT. Dan semoga engkau dan keluarga diberikan kesabaran dalam menghadapi musibah ini. Innallaha ma’ashobirin… Percayalah Sesungguhnya Allah SWT bersama dengan orang-orang yang sabar.”

“Kami atas nama keluarga turut berbelasungkawa dengan cobaan yang menimpa antum… Kami harap antum tetap bersabar dan tabah dalam hal ini… Ingatlah dengan ayat suci Al-quran yang berbunyi KULLU NAFSIN DZAIQOTUL MAUT…. Semoga dengan mengingat ayat tersebut antum lebih mudah untuk merelakan kepergiannya.”

“Kehilangan seseorang memang membuat hati terpukul, tapi tidak ada jalan yang lebih baik selain mengikhlaskannya… Dengan kita mengikhlaskannya, semoga si wulan bisa lebih tenang di alam sana… Sesungguhnya kita semua milik Allah SWT, dan hanya kepda-Nyalah kita semua akan kembali.”

“Sabar ya saudaraku… Aku tahu ini kepergian dia sangat berat untuk antum… Namun, janganlah sampai berlarut-larut… Dan ingatlah selalu bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, yang pesannya yaitu sesungguhnya mayat itu disiksa karena tangisan dari keluarganya yang tidak bisa mengikhlaskan kepergiannya.”

“Turut bersedih atas kepergian si wulan wahai saudaraku… Bersedih boleh-boleh saja saudaraku… Namun, jangan sampai berlebihan sampai-sampai meratapinya… Sesungguhnya Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa ada 4 sifat jahiliyyah umat Rasulullah yang belum ditinggalkan, diantaranya yaitu niyahah/meratapi orang yang sudah meninggal dunia.”

Itulah beberapa contoh ucapan belasungkawa yang Islami. Pada intinya, Islam mengajarkan kita untuk berbelasungkawa dengan orang yang ditimpa kematian dengan cara mendatangi tempat tinggalnya langsung.

Selain untuk menghibur, umat Islam juga dianjurkan untuk meringankan beban keluarga yang ditinggal. Sungguh suatu ajaran yang sangat mulia sekali.

Ucapan Belasungkawa yang Sopan dan Menghibur

Ucapan Belasungkawa yang Sopan dan Menghibur
Sumber: aboutislam.net

Selain mengungkapkan turut berduka cita dengan ucapan yang Islami, kita juga bisa mengungkapkan dengan bahasa kita yang sopan dan menghibur. Meskipun pada intinya ucapan belasungkawa yang sopan dan menghibur tetap bersandar dengan dasar-dasar kepercayaan dan agama untuk memberikan ketenangan.

Karena pada dasarnya, musibah kematian adalah suatu pengingat  bagi umat manusia semuanya, tidak ada kekekalan bagi manusia yang hidup di dunia ini. Bagi yang percaya dengan sang pencipta alam semesta, mempercayai setelah kematian masih ada kehidupan. Namun bagi yang tidak percaya dengan sang pencipta/Tuhan, mempercayai setelah kematian tidak ada kehidupan lagi.

Entah mana yang benar, jawaban ada pada diri manusia masing-masing. Hal yang paling penting adalah kita harus menyadari, bahwa manusia adalah makhluk hidup yang paling sempurna di dunia ini, memiliki akal dan pikiran yang mana akal dan pikiran tersebut bisa digunakan untuk menjawab semua permasalahan yang ada.

Contoh Ucapan Belasungkawa yang Sopan dan Menghibur

Ucapan Duka Cita
Sumber: mrinspirasi

“Tetesan air mata dari hati tidak akan mampu mengembalikan perginya nyawa seseorang. Tetaplah tegar, dan anggaplah kepergian dia sebagai pengingat bahwa kita hanya manusia biasa yang sama-sama akan mengalami kematian. Jadi, jalani hidup ini dengan keberanian dan tetaplah selalu mengingat bahwa kita akan mengalami kematian.”

“Wahai saudaraku… Seberapa pintar dokter dalam menyembuhkan pasiennya, tetaplah dokter tidak bisa menyembuhkan pasiennya yang sudah meninggal… Hapuslah air matamu dan jangan bersedih terus… Semua itu tidak akan menghidupkan dia yang sudah meninggal… Ayolah berdiri dan hadapi semua dengan keikhlasan dan kesabaran.”

“Kematian bukan berarti berakhirnya kehidupan… Namun kematian adalah berawalnya kehidupan yang abadi… Mari kita usap air mata kita, kita halau semua rasa sedih yang berlebihan, dan bedoalah semoga dia bahagia di alam sana.”

“Terkadang Tuhan menyapa kita dengan cara yang tidak terduga. Mungkin karena kita yang terlalu sibuk dengan kepentingan dunia. Sehingga Tuhan pun menyapa kita dengan diambilnya nyawa orang terdekat kita. Semua itu agar kita bangun dari kelalaian dan kelupaan bahwa kita hanya manusia biasa yang pasti akan pergi dari dunia ini selama-lamanya. Percayalah rencana Tuhan lebih baik dari semua rencana yang ada.”

Tenangkan hatimu, Jika engkau membutuhkaku, aku siap ada kapan kamu membutuhkanku. Aku turut berduka cita atas musibah yang menimpa kamu dan keluargamu ini.”

Contoh ucapan belasungkawa di atas mungkin bisa menjadi inspirasi untuk Anda dalam merangkai kata-kata yang sopan dan menghibur. Yang mana ditujukan untuk mengungkapkan duka cita kepada orang yang mendapat musibah ditinggal pergi dari dunia ini selamanya.

Nah, setelah contoh-contoh ungkapan belasungkawa di atas, masih ada contoh-contoh lain yang bisa Anda baca. Contoh ucapan belasungkawa selanjutnya yaitu ditujukan untuk sahabat yang tertimpa musibah kematian pada keluarganya.

Ucapan Belasungkawa untuk Sahabat

Ucapan Turut Berduka Cita
Sumber: rumaysho

Sahabat merupakan orang terdekat kedua setelah keluarga. Sahabat itu selalu ada di saat senang dan duka. Salah satu hubungan yang sangat jarang sekali mendapati masalah adalah persahabatan.

Karena sahabat adalah orang-orang yang selalu memberikan suport ketika kita ada masalah. Jadi hubungan persahabatan itu lebih dekat dari pada pertemanan. Oleh karena itu, apabila ada sahabat sedang mengalami musibah kematian di dalam keluarganya, kita wajib memberikan suport.

Ucapkan belasungkawa yang menghibur dengan bahasa sebagaimana seorang sahabat. Contohnya bagaimana?

Contoh Ucapan Belasungkawa untuk Sahabat

Doa Ketika Tertimpa Musibah
Sumber: pinterest

“Sahabatku, aku adalah salah satu orang yang sangat mengenalmu. Aku tahu kamu adalah orang yang kuat dalam menghadapi semua masalah yang ada. Kamu yang tabah ya, aku turut berduka atas kepergiannya.”

“Sebagai sahabatmu, aku ingin sekali menghiburmu dari musibah ini. Sahabatku, aku siap jika kau ingin melampiaskan kesedihanmu, aku siap untuk berusaha menghapus air matamu. Namun, aku rasa Tuhan tempat yang paling baik untuk semua ini, lepaskanlah kesedihanmu, mengadulah kepada Tuhan. Musibah adalah peringatan dari Tuhan, bahwa kita adalah hambanya yang tidak bisa apa-apa.”

“Persahabatan kita tidak akan ada artinya jika aku tidak bisa menghiburmu di waktu seperti ini. Sebagai sahabatmu, aku sangat siap untuk menemanimu jika itu bisa menghiburmu dan menenangkanmu dari musibah ini. Aku turut berduka cita atas semua ini. Semoga dibalik semua ada hikmah diambil untuk dijadikan pelajaran hidup.”

“Sobat, kamu adalah salah satu orang yang bisa menyemangatiku disaat aku tertimpa musibah. Kini aku sangat berharap, aku juga bisa menjadi orang yang dapat menyemangatimu dari musibah yang kamu timpa ini.”

“Inna lillahi wa inna illaihi raji’un… Sobat, tenangkan hatimu, bersabarlah. Karena musibah ini merupakan salah satu ujian dari Allah SWT. Jadi, tidak ada cara lain yang bisa dilakukan untuk menghadapi ini selain dengan bersabar.”

Untuk sahabat, sebaiknya kita gunakan bahasa yang lebih dekat. Maksudnya, bahasa yang tidak terlalu baku. Namun jangan gunakan bahasa candaan. Di momen seperti ini, sebaiknya lupakan sejenak kebiasaan bercanda dengan sahabat.

Lebih mengarah pada menghibur dengan bahasa-bahasa yang bisa membantu hatinya lebih tenang. Kalau bisa, sebagai sahabat sejati kita seharusnya tidak menyia-nyiakan momen ini untuk membuktikan kita adalah seorang sahabat sejati.

Nah, mugkin itu adalah contoh-contoh ucapan belasungkawa yang semoga bisa menginspirasi Anda dalam merangkai kata-kata untuk menyampaikan turut berduka cita pada sahabat kita.

Ucapan Belasungkawa untuk Teman

Ucapan Berduka Cita untuk Teman
Sumber: rumaysho

Cakupan musibah itu sangat luas dan bukan hanya kematian saja. Kejadian-kejadian seperti kecelekaan lalu lintas, bencana alam, kebakaran, dan masih banyak lagi itu juga termasuk dalam kategori musibah. Musibah adalah suatu kejadian yang akan mengingatkan kita bahwasannya kita hidup hanya sementara.

Musibah juga bisa mengingatkan kita bahwa harta benda dan perhiasaan di dunia ini hanya bersifat sementara. Sekaya apapun dan sebanyak apapun jumlah harta benda, bencana bisa melenyapkan semua itu hanya dengan hitungan jam.

Hal ini tentu menjadi catatan yang sangat penting bagi kita semua. Kita semua yang hidup di dunia ini tidak akan terhindar dari resiko terkena musibah yang tidak disangka-sangka kapan terjadinya. Maka dari itu, berbuatlah sebaik mungkin dengan apa yang ada dan apa yang kita punya. Berikut ini adalah contoh ucapan yang disampaikan jika teman mengalami musibah.

Contoh Ucapan Belasungkawa untuk Teman

Doa Jika Tertimpa Musibah
Sumber: mdn.org.my

“Aku sangat berduka atas ujian yang menimpa antum… Aku tahu, duka yang antum rasakan pasti lebih dari duka yang aku rasakan… Namun, percayalah… Dalam waktu dekat atau panjang kita juga pasti akan menyusulnya. Jadi, ku harap antum jangan sampai berlarut dalam kesedihan. Allah SWT sedang menguji kesabaran antum… Jika antum bisa melewati ini dengan sabar dan tegar, Insya Allah ada banyak hikmah dibalik semua ini.”

“Kita semua tahu, kehidupan itu sudah pasti tidak luput dari musibah. Kita semua tahu, musibah itu tidak ada yang menyenangkan. Musibah sudah menjadi unsur dari kehidupan, tanpa musibah manusia akan terlelap dalam kelalaian. Sahabatku, tetaplah semangat. Tuhan sedang merindukanmu, Tuhan rindu rintihanmu mengadu kepada-Nya.”

“Hanya satu kata yang bisa saya sampaikan atas kepergiannya… Satu kata itu adalah doa. Karena tidak ada hal yang lebih baik selainkan medoakan saudara kita yang sudah meninggal. Tangisan, larut dalam kesedihan, serta meratapinya adalah hal yang tidak bisa memberikan ketenangan. Baik ketenangan bagi si dia yang telah pergi, ataupun ketenangan bagi kita yang ditinggal pergi.”

“In the name of my family, I express my sorrow for this disaster… May you always be given patience.”

Artinya: Atas nama keluarga, aku menyampaikan turut berduka cita atas musibah ini… Semoga engkau selalu diberikan kesabaran.

Ucapan Berduka Cita dengan Bahasa Inggris

Ucapan Belasungkawa Bahasa Inggris
Sumber: wallup.net

Zaman semakin maju dan modern, budaya-budaya luar pun sudah sangat mudah masuk ke bangsa kita. Tidak luput juga dalam hal menyampaikan duka cita.

Anak jaman sekarang atau yang lebih dikenal dengan kids jaman now, kini dalam setiap aktifitas selalu terselipi dengan ucapan bahasa Inggris. Termasuk dalam mengucapkan kalimat belasungkawa.

Berikut ini ada beberapa contoh kalimat dalam bahasa Inggris untuk menyampaikan duka cita kepada orang yang tertimpa musibah kematian.

Contoh Ucapan Berduka Cita Bahasa Inggris

Ucapan Belasungkawa Bahasa Inggris 1
Sumber: StudyBahasaInggris

“Also grieving with this disaster that happenend to you… Nothing else can make you more calm except with patience.”

Artinya: Turut berduka dengan musibah yang menimpamu ini, tidak ada hal lain yang bisa membuatmu lebih tenang kecuali dengan bersabar.

“Sadness is proof that the heart is alive… And the living heart is the characterisic of good person…. Very reasonable if you grieve with this disaster…. I believe you are good person, pateint with the of God that has happened.”

Artinya: Kesedihan adalah bukti bahwa hati masih hidup… Dan hati yang masih hidup adalah ciri-ciri dari orang yang berjiwa baik. Sangat wajar apabila kamu bersedih dengan musibah ini. Aku percaya kamu adalah orang yan baik, bersabarlah dengan takdir Tuhan yang sudah terjadi ini.

 

“I am saddened by this unpleasant news… I can only wish you and all your family are given peace in the face of all this.”

Artinya: Aku turut sedih dengan kabar yang tidak menyenangkan ini… Aku hanya bisa bedoa semoga kamu dan semua keluargamu diberikan ketenangan dalam menghadapi semua ini.

“Also grieve with this sad occurrence. Calm down your heart and stay firm to accept all this.”

Artinya: Turut berduka cita dengan kejadian yang menyedihkan ini. Tenangkanlah hatimu dan tetaplah tegar untuk menerima semua ini.”

Demikianlah pembahasan pada artikel ini mengenai contoh-contoh ucapan belasungkawa kepada orang-orang yang tertimpa musibah. Pada intinya ucapkan kepadanya bahwa kita juga tidak senang dengan musibah yang menimpanya. Namun musibah adalah takdir yang sudah ditentukan dan sudah pasti ada.

Karena musibah adalah ujian untuk manusia, jika berhasil melaluinya serta dapat mengambil pelajaran hidup dari musibah yang menimpanya, maka itulah tujuan dari terjadinya musibah. Musibah adalah guru dalam bentuk pengalaman hidup yang mengajarkan kita untuk menjadi manusia yang lebih baik.

 

Tinggalkan komentar