Arti Hijrah, Hukum, dan Kebaikannya dalam Islam [Pengertian Hijrah]

Assalamu’alaikum wr. wb. Arti hijrah, ketika ingin berhijrah haruslah mengetahui hukum hijrah itu sendiri, agar lebih memahami dan tidak salah dalam melakukan proses perubahan yang baik  ini. Terdapat perintah untuk berhijrah dalam beberapa ayat Al-qur’an, yakni Qs. Al-Baqaroh 2:218.

Dimana dalam ayat tersebut Allah menyeru kepada hamba Nya untuk berhijrah di jalan Allah. Selain itu,dasar hukum hijrah juga terdapat pada QS. Al-An’fal 8:74 dan QS. At-Taubah 9:20.

Dari beberapa ayat di atas dapat disimpulkan bahwa apa yang sedang kita lakukan, niatkan hanya untuk Allah semata. Serta orang-orang yang beriman yang sedang berjihad dan jihad tersebut atas motivasi Allah.

Hijrah dan jihad yang sedang dilakukan dapat mengorbankan apa yang kita miliki, dan harta benda termasuk di dalamnya, bahkan jiwa. Dan yang terakhir ketiga ayat yang sudah dijelaskan tersebut terdapat tiga prinsip yakni, iman, jihad, dan hijrah.

Arti Hijrah Menurut Mayoritas Ulama

Arti hijrah
Sumber: AboutIslam.net

Apa arti hijrah? Arti hijrah dalam kamus bahasa Indonesia ialah bermakna berpindah atau menyingkir untuk sementara waktu dari satu tempat ketempat lainnya dengan alasan tertentu.

Arti hijrah juga bisa berarti meninggalkan. Seseorang yang dikatakan hijrah jika ada sesuatu yang ditinggalkan dan ada sesuatu yang dituju.

Sedangkan dalam Islam hijrah ialah perpindahan Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Yastrib, kemudian belakangan ini berubah menjadi Madinah al-Nabi (Kota Nabi).

Kata hijrah berasal dari kata Hajarah yang menggambarkan sikap meninggalkan sesuatu karena berdasarkan kebencian kepadanya, itulah arti hijrah menurut ulama.

Arti Hijrah bagi Wanita Muslimah

Pengertian Hijrah
Sumber: wanitamuslimah.co.id

Arti hijrah bagi wanita muslimah bukan perkara yang dapat disepelekan, banyak rintangan untuk berhijrah. Hijrah ke hal yang lebih baik dan meninggalkan apa yang dirasa tidak sesuai dengan syariat Islam akan banyak ujian di dalamnya.

Hidayah ada di mana-mana disetiap hamba Allah. Tugas kita ialah menjemput, ambil dan istiqomah. Tentu kalian tahu apa kewajiban muslimah, yakni berhijab syari.

Hal umum yang ada di pikiran tentang wanita muslimah yang syari ialah yang pandai mengaji, yang sholat wajib beserta sunnah, menjadi diri dari yang bukan muhrim, dan mengerjakan perintahnya yang lain. Tertarik untuk ingin seperti itu? pasti ada dihati muslimah untuk ingin melakukan perintah Allah.

Tapi kenapa tidak dijemput hidayahnya? Belum siap dengan pandangan masyarakat, takut tidak dapat pekerjaan dan lain sebagainya.

Apakah pandangan manusia lebih mulia dibandingkan pandangan Allah terhadap kita? Ada poin penting yang harus diketahui tentang berproses dalam hijrah.

Hal yang pertama ialah proses yang dapat di kontrol yang berkaitan dengan ikhtiar anda. Dan yang terakhir yakni proses yang dapat di kontrol dan hal ini datangnya mutlak dari Allah SWT.

Arti Hijrah dan Istiqomah dalam Islam

Arti hijrah bagi wanita muslimah
Sumber: wallcars.net

Apa arti hijrah dan istiqomah itu? sering sekali kita mendengar kata hijrah maupun istiqomah. Ketika seseorang berkata hijrah dan akan dijawab semoga istiqomah.

Namun tahukah kalian arti hijrah dan istiqomah tersebut? Arti hijrah ialah berpindah dari tempat ke tempat lainnya atau bisa juga di artikan meninggalkan sesuatu dan untuk suatu tujuan yang baik.

Sedangkan pengertian istiqomah yakni teguh terhadap prinsip. Misalkan teguh dalam menjaga konsistensi diri dalam beribadah.

Karena ketika berhijrah akan banyak ujian di dalamnya, hal tersebut bertujuan untuk menguatkan iman kita dan apa yang sedang kita jalani agar kita istiqomah.

Tujuan Hijrah dalam Islam

Pengertian hijrah
Sumber: wealthygorilla.com

Setelah mengetahui arti hijrah, tahukah anda tujuan dari hijrah? Tujuan hijrah ada di Qs. At-Taubah ayat 100 yang berbunyi.

“Dan tentang yang terdahulu, (orang-orang) yang pertama-tama termasuk golongan Muhajirin dan Anshar dan orang-orang yang mengikuti (langkah) mereka itu dengan sebaik-baiknya (semulia-lianya), (maka)Allah meridhai mereka ridho akan dia (Allah)”.

Dan maksudnya ialah melakukan hijrah bertujuan untuk mengharapkan, mencari, serta mendapatkan ridho dan rahmat Allah ta’ala. Bisa saja tujuan hijrah diartikan dari meninggalkan hal yang kurang baik menuju hal yang lebih baik.

Syarat Hijrah bagi Umat Muslim

Hijrah
Sumber: i0.wp.com

Hijrah pun memiliki syaratnya, berarti hal ini bukanlah perkara yang bisa disepelekan begitu saja. Ketika anda memutuskan hijrah, itu artinya anda bertanggung jawab atas godaan dan ujian di dalamnya. Berikut ini syarat hijrah yang wajib anda ketahui;

  • Hijrah Nyata dalam Tindakan

Hijrah membutuhkan kerja yang nyata bukan hanya ucapan bahkan angan-angan saja. Anda dapat mencari tahu kisah Nabi Muhammad SAW dan para sahabat dalam melakukan hijrahnya.

Hijrah mereka demi menguatkan Islam. Tentunya mereka punya alasan yang kuat mengapa harus mempertahankan hijrahnya.

  • Pengorbanan dalam Ikhlas

Pengorbanan yang dimaksud ialah, anda harus ikhlas dan rela meninggalkan hal yang dilarang Allah walaupun itu hal yang menyenangkan.

Ingat itu hanya menyenangkan untuk dunia, akhiratnya? Wallahu a’alam. Dan anda memiliki tujuan untuk melakukan dengan ikhlas perintahnya.

Contoh Hijrah dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh hijrah
Sumber: kompas.web.id

Apa contoh nyata dari hijrah? Contoh hijrah di kehidupan sehari-hari yang ada di masyarakat sekitar ialah dalam menutup aurat. Hal ini tidak hanya untuk kaum wanita, priapun harus menutup batasan auratnya.

“Saya belum siap, aduh baju gamis panas, kayak ibu-ibu, dan lain-lain”, keluhan-keluhan itu sering kita dengar, bahkan mungkin pernah terlintas dalam benak kita bukan? Lihat lagi niat hati anda, ketika sudah berniat maka semua akan berjalan dengan baik atas izin Allah SWT.

Dengan perlahan namun pasti gunakan hijab syari yang menutupi dada dan pakaian yang tidak menyerupai pria. Untuk ibadahnya? lakukan yang wajib dulu, karena sunahnya akan mengikuti seiring berjalannya waktu.

Tips Hijrah dan Istiqomah bagi Muslimah

Hijrah dan istiqomah
Sumber: 2.bp.blogspot.com

Apakah ada tips dalam hijrah agar istiqomah? Memang sulit ketika hijrah, dan perlu motivasi untuk kuat dalam pendirian yang sudah dijalani. Berikut tips hijrah agar istiqomah:

  • Kuatkan Niat dan Hati yang Ikhlas

Mengapa niat selalu yang pertama? Karena ketika hendak melakukan sesuatu pastilah ada niat melakukannya. Karna niat yang baik akan Allah bantu untuk menguatkan hal tersebut.

Anda hijah untuk apa? Untuk siapa? Semua akan berbalik kepada niat. Perbaiki niat yang hanya untuk pamer, ikut-ikutan. Berusahalah untuk menanamkan niat karna mencari ridho Allah.

  • Menjaga Kebersihan Hati, Jiwa dan Raga

Sesuatu yang baik akan susah diterima ketika hati, jiwa dan raga kotor. kita sering kali dikotori oleh rasa iri, dendam, amarah dan lain-lainnya.

Dan raga yang selalu diberi asupan dari hasil yang tidak baik, mencuri hak orang lain, korupsi, riba dan lain-lainnya. Apakah hal itu baik?

Pasti sepakat mengatakan tidak, ketika hal tersebut sudah masuk ke diri kita maka hidayah Allah susah sekali untuk kita ambil.

Oleh karena itu jauhi apa yang memang harus dijauhi, karena Allah telah mencukupkan kebutuhan kita. kita saja yang kurang bersyukur atas nikmatnya.

  • Dekatkan Diri Kepada 3 Mutiara Kehidupan

Ketika dihadapkan dengan permasalahan dunia, terkadang solusiyang dicari tidak menghasilkan ataupun menyelesaikan masalah.

Stres, depresi, kacau, dan gelisah, itulah perasaan yang bercampur aduk membuat pikiran kita tertutup akan 3 mutiara kehidupan yang baik.

3 mutiara kehidupan tersebut sering sekali dilupakan bahkan bukan menjadi solusi utama, padahal hal tersebut merupakan solusi ampuh.

Ketiga mutiara kehidupan tersebut yakni membaca Al-Quran, Mendekatkan diri kepada masjid, dan sejarah orang shaleh terdahulu.

Demikianlah arti hijrah, untuk lebih afdholnya sebaiknya tanyakan pada yang ahlinya secara langsung. Siapakah ahlinya? Beliau-beliau para pemuka agama Islam. Seperti Ulama, Kyai, Ustadz, dan lainnya. Wassalamu’alaikum wr. wb.

Terima kasih sudah berkunjung di Gallery Sepedaku.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.