Arti Spam, Tujuan, Contoh, dan Cara Menghindarinya

Apa arti spam? Arti Spam menurut wikipedia adalah penggunaan atas perangkat elektronik untuk melakukan suatu kegiatan berupa mengirim pesan secara bertubi-tubi tanpa dikehendaki oleh si penerimanya.

Dan sebutan spammer ialah orang yang melakukan spam. Serta istilah untuk spamming merupakan tindakan spam itu sendiri.

Ragam Tindakan Spam dan Tujuannya

Arti Spam
Sumber: youde888666

Setelah mengetahui arti spam menurut wikipedia. Tahukah anda bentuk-bentuk serta tujuan spam? Apa saja bentuk-bentuk dan tujuan spam?

Banyak jenis dari spam yang dilakukan oleh seseorang dengan menggunakan akun media sosial. Spam dapat berbentuk spam iklan, spam medsos, spam elektronik (surel), spam SMS, spam blog dan spam IM.

Tujuan spam terbagi menjadi tiga jenis, yang pertama yakni dengan tujuan untuk melakukan promosi atas produk atau jasa, tujuan yang merugikan yakni tujuan penipuan, dan tujuan hanya sekedar iseng saja.

Arti Spam For Spam di Instagram

Arti Spamming
Sumber: foretagande.se

Arti spam yang sudah anda ketahui merupakan tindakan yang mengganggu bahkan merugikan, namun lain bagi pengguna aplikasi instagram.

Bagi pengguna instagram spam for spam hal yang menguntungkan dan disenangi. Salah satu media sosial yang sedang naik daun dan ramai yang menggunakannya ialah instagram.

Instagram dapat menampilkan foto maupun video yang ingin kita publikasikan kepada follower kita. walaupun video yang akan di kirim memiliki batasan durasi yakni 60 detik. Di dalam instagram ada istilah spam for spam.

Apa itu spam for spam? Spam di sini akan menguntungkan bagi pemilik akun tersebut, karena orang lain akan memberikan like pada postingan anda. Menguntungkan bukan? Terlebih apabila akun instagram anda memang di atur sebagai akun bisnis.

Arti Spam di FB

Arti Spam di Facebook
Sumber: pcrevue.sk

Siapa yang tidak tahu dengan facebook, di dalam fb sendiri terdapat facebook fan page, biasanya digunakan untuk bisnis online.

Dan janganlah melakukan tindakan spam karna akan menurunkan reputasi bisnis online anda karna dapat mengganggu yang lain .

Spam ini merupakan hal yang tidak diinginkan oleh pengguna lainnya seperti, pesan secara masal, mengirim tautan di linimasa dalam jumlah yang tidak sedikit. Adapun spam yang menggunakan tautan jahat yang tinggal diklik tautan tersebut dan sangat berbahaya.

Karena penipu dapat mengakses akun anda dan digunakan untuk mengirim pesan secara masal. Arti spam dalam fb merukan hal yang menggangu dan dapat merugikan, beda dengan arti spam for spam di instagram tadi.

Cara Mengamankan Akun dari Tindakan Spam

Cara mengamankan akun dari Spam
Sumber: pinterest

Ketika anda tidak sengaja mengklik tautan yang merugikan akun anda, dan anda pasti kebingungan bagaimana cara mengamankan akun anda kembali seperti semula.

Jangan khawatir karna ada cara untuk mengamankan akun anda dari spam. Cara mengamankan akun dari tindakan spam ialah:

  1. Jika anda dihadapkan dengan situasi anda tidak dapat masuk ke akun fb anda, maka lebih baik anda mengubah kata sandi akun anda. Hal ini dilakukan untuk mengamankan akun anda.
  2. Jika ada akun yang mengirim sesuatu yang anda anggap spam dan itu berulang-ulang kali. Lebih baik anda menghapus pertemanan, atau memblokir akun tersebut. Dan bisa juga dengan melaporkan akun tersebut ke pihak fb.

Tujuan Spam dan Motivasi Pelaku Spamming

Tujuan Spamming
Sumber: Sirclo.com

Apa tujuan dan motivasi si pelaku spamming? Berikut akan dijelaskan secara rinci tentang tujuan dan motivasi tindakan spam.

1. Arti Spam untuk Tujuan Promosi Atau Komersi

Yang pertama ialah pada jenis ini bagian yang melakukan promosi atau iklan produk dari berbagai pihak yang biasanya berupa barang dan jasa.

 

 

Biasanya spam komersil ini tidak hanya di kirim oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Sebagai contoh ialah beberapa operator layanan yang mengirimkan banyak pesan yang sama dalam waktu yang berbeda.

Cara Kerja Pelaku Spam untuk Promosi atau Komersil

Spam yang dilakukan memang menawarkan produk dan jasa mereka. Spam ini jumlahnya tak terbatas di media sosial. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan penjualan atau pengguna jasa mereka.

Pelakunya sendiripun sudah banyak, cara pelaku bekerja ialah dengan mengumpulkan nomor ataupun email milik masyarakat bentuknya berupa database.

Jika pesan dikirim, maka akan terkirim ke semua nomor ataupun email tersebut secara bersamaan.

2. Arti Spam untuk Tujuan Penipuan

Selanjutnya yang kedua ialah  tujuan dalam hal penipuan. Pada hal ini biasanya spammer mengiming-imingi konsumen secara pesan dengan berupa mencantumkan perusahaan-perusahaan dan hadiah sebagai bentuk dari penipuannya.

 

 

Biasanya konsumen yang menerima pesan, akan diberikan situs web untuk mengisi data pribadi konsumen sebagai tujuan tindak kriminalitas dalam berbagai hal.

Contoh Spam Penipuan

Contoh disini berupa yang sering terjadi di masyarakat yakni melalui SMS atau pesan singkat. Dalam isi SMS tersebut anda diberitahukan bahwa anda memenangkan undian, dan jumlah hadiahnya dengan nominal yang menggiurkan. Sehingga banyak korban yang terjerat dalam penipuan ini.

3. Arti Spam untuk Tujuan Iseng

Yang terakhir ialah bertujuan karena hanya iseng saja. Spam jenis ini masih tergolong dalam jenis penipuan. Akan tetapi dalam jangkauan luas dan tidak memiliki maksud tertentu. Sang pengirim spam hanya berinteraksi berdasarkan respon peluang dari sang penerima pesan.

 

 

Jika penerima pesan menindak lanjuti spam dari pengirim maka sang pengirim akan meminta sang penerima untuk mengikuti langkah-langkah yang diberikan sang penerima.

Contoh Spam untuk Tujuan Iseng

Contoh spam yang banyak dijumpai ialah banyak terdapat di dunia maya ataupun sms pemenang undian bank berhadiah, dan ada yang sempat viral yakni sms mama minta pulsa. Dan hal ini memang tidak banyak kerugian. Namun sangat mengganggu dan meresahkan masyarakat.

Cara Menghindari Spam bagi Pengguna Internet

Cara Menghindari Spam bagi Pengguna Internet
Sumber: blog.situstarget.com

Bukan rahasia umum jika pada era sekarang ini, internet menjadi kebutuhan masyarakat untuk melakukan aktivitas mencari berbagai macam informasi. Dunia internet dapat menguntungkan serta dapat merugikan bagi penggunanya. Tergantung memanfaatkannya seperti apa. Banyak konten yang menambah wawasan kita.

Adanya spam apakah membuat anda khawatir dan merasa terganggu?  Tenang saja ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk menghindari spam yang mengganggu ini. Ada beberapa cara yang dapat menghindari spam bagi anda pengguna internet, yakni:

  1. Tips yang pertama ialah jangan ikuti email anda pada chat room, mailing list, grup baru, dan newsletter. Karena dalam hal ini banyak golongan-golongan  yang menggunakan yang menggunakan aplikasi berjalan seperti Bot.
  2. Tips yang kedua jika anda sudah terlanjur menerima email yang tidak jelas hapuslah tanpa anda balas. Namun jika email terus terkirim lihatlah bagian bawah email tersebut,lalu klik unsubscribe.
  3. Tips ketiga, jika anda memang terpaksa menuliskan email pada formulir internet. Maka hal yang perlu anda lakukan pertama kali ialah, membaca ketentuan kebijakan dari web tersebut. Jika terdapat ketentuan anda diharuskan menerima produk-produk mereka maka, anda tidak perlu mencentang hal tersebut.
  4. Tips ke empat ialah installah aplikasi anti virus dan aktifkan firewall.
  5. Tips yang kelima ialah jika anda berbelanja online pastikan bahwa toko online tersebut merupakan toko yang memiliki lisensi keamanan.

Bagaimana sudah jelaskah tentang arti spam? Demikianlah arti spam, tujuan, dan contohnya yang dapat menambah wawasan anda. Agar anda tidak mendapatkan kerugian dari spam yang beredar di dunia maya. Baca informasi menarik lainnya di sepedaku.org.

Tinggalkan komentar