Cara Melacak no Hp lewat Google Maps dan Satelit GPS (Mudah & Cepat)

CARA MELACAK NO HP LEWAT GOOGLE MAPS – Apa kabar pembaca Gallery Sepedaku? Kali ini kita akan membahas tentang melacak nomor hp. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk melacak nomor hp. Namun pada kesempatan ini, kita hanya akan membahas dua poin saja. Yaitu melacak nomor hp dengan aplikasi Google Maps dan satelit GPS.

Semakin majunya teknologi membawa kemajuan zaman yang semakin pesat. Dulu mencari alamat seseorang butuh bertanya-tanya terlebih dahulu sama orang lain yang tahu alamat tersebut. Kini kemanapun anda ingin pergi baik ke tempat yang anda ketahui ataupun anda tidak ketahui cukup gunakan smartphone saja kini sudah bisa.

Dengan menggunakan smartphone anda bisa menemukan dan mendapatkan jawaban yang lebih akurat. Baiklah, untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasan di bawah ini.

Aplikasi Google Maps

Cara Melacak No HP lewat Google Maps
Sumber: Wccftech

Google kini sudah membuat satu fitur yang gunannya untuk mengetahui lokasi atau keberadaan orang lain (Tracking posisi seseorang). Fitur ini bernama Location Sharing. Namun fitur ini hanya bisa bekerja jika orang lain yang dituju bersedia untuk dilacak lokasi keberadaannya. Jadi sistemnya google maps akan mengirim link persetujuan pada orang yang dituju untuk dilacak keberadaannya.

Jadi, fitur ini sangat cocok untuk digunakan oleh keluarga atau teman-teman ketika sedang bepergian. Fitur Location Sharing ini masih bisa bekerja meskipun tidak menggunakan GPS. Karena fitur ini milik google, jadi google bisa menggunakan tower satelit untuk melakukan pelacakan.

Manfaat dari Fitur Location Sharing

Location Sharing
Sumber: komando

Google menciptakan fitur Location Sharing ini tentu ada tujuan dan manfaat untuk penggunanya. Apa manfaat dari fitur ini?

  • Rekomendasi untuk keluarga dalam mengawasi anak-anaknya. Semua orang tua pasti ingin anaknya dalam keadaan aman dan terhindari dari pergaulan yang menyesatkan ketika sedang berada dilingkungan luar. Untuk memastikan itu semua, orang tua cukup memberikan smartphone yang sudah menggunakan fitur ini.
  • Rekomendasi untuk keluarga atau teman-teman ketika sedang bepergian. Fitur ini bisa dimanfaatkan untuk menghindari lost contact dengan keluarga atau teman ketika sedang bepergian lalu berpencar sendiri-sendiri.
  • DLL.

Nah itulah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari fitur google maps yang satu ini. Jadi, poin penting yang perlu diingat adalah, fitur ini hanya bisa digunakan jika yang bersangkutan bersedia untuk dilacak lokasi keberadaannya.

Fitur ini juga bisa digunakan untuk melacak keberadaan HP jika hilang. Nah inilah yang dimaksud cara melacak no HP lewat google maps. Jadi, nomor HP bisa dilacak dengan Google Maps, apa bila nomor HP tersebut terpasang di smartphone yang sudah mengaktifkan fitur location sharing.

Cara Melacak No HP lewat Google Maps

Cara Melacak No HP lewat Google Maps
Sumber: jalantikus

Nah jika sudah paham dengan apa yang dimaksud dengan cara melacak no HP lewat Google Maps seperti yang dijelaskan barusan. Sekarang langsung saja menuju bagaimana langkah-langkah melakukannya.

  1. Instal aplikasi Google Maps di smartphone kita.
  2. Buat akun Google jika belum memiliki akun Google. Jika sudah membuat/memiliki akun Google, selanjutnya langsung saja masuk ke aplikasi Google Maps.
  3. Jika sudah masuk ke tampilan utama Google Maps, pilih tombol menu di pojok kiri atas.
  4. Pilih menu Location Sharing.
  5. Mulailah dengan mengklik tombol “GET STARTED”.
  6. Pilih kontak/orang yang dituju. Selanjutnya mesin Google akan mengirim link ke orang yang dituju untuk mengkonfirmasi persetujuan.
  7. Jika setuju, maka fitur Location Sharing sudah bisa digunakan.

Nah itulah langkah-langkah cara melacak no HP lewat Google Maps. Selanjutnya kita masuk ke pembahasan cara melacak no HP lewat satelit GPS.

Satelit GPS

Cara Melacak No HP lewat Satelit GPS
Sumber: jurnalasia

Satelit Global Positioning System atau yang kita kenal dengan satelit GPS, merupakan suatu sistem untuk menentukan letak yang ada di permukaan bumi dengan menggunakan bantuan penyelarasan sinyal satelit (Synchronization).

Mungkin banyak yang tidak tahu bahwa di bumi yang kita pijak ini sudah dikelilingi oleh 30 satelit GPS yang memiliki orbit masing-masing.

Secara umum satelit GPS ini memiliki dua fungsi utama, yang pertama yaitu sebagai pelacak serta penangkap sinyal, dan yang kedua yaitu sebagai pemancar sinyal. Dengan fungsi tersebut, satelit ini memiliki peran penting pada masalah telekomunikasi dan juga pemancaraan gelombang radio serta teleivisi.

Satelit GPS awalnya hanya dikhususkan untuk bidang militer saja. Seiring berjalannya waktu, akhirnya pada tahun 90-an satelit ini difungsikan untuk umum. Dan di tahun 2007, secara umum sudah dikomesilkan secara resmi oleh badan swasta.

Cara Melacak No Hp lewat Satelit GPS

Cara Melacak Nomor HP lewat Satelit GPS
Sumber: publika

Nah, sudah kita singgung sedikit tentang pembahasan satelit GPS. Selanjutnya masuk ke tema pembahasan yaitu cara melacak no hp lewat satelit GPS. Bagaimana caranya?

Langkah-langkah Melacak Nomor HP dengan Satelit GPS

  1. Langkah awal yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah masuk ke url http://www.sat-gps-locate.com.
  2. Kemudian akan muncul tampilan berisi kolom untuk mengisi nomor telepon.
  3. Masukkan nomor telepon yang akan dilacak menggunakan satelit GPS ini.
  4. Jangan lupa untuk memilih lokasi yang akan dilacak. Pada opsi ini, anda diperintahkan untuk memilih negara yang akan dilacak.
  5. Tunggu beberapa menit untuk satelit bekerja melacak keberadaan nomor hp yang anda masukkan.
  6. Jika sudah terdeteksi, maka secara otomatis akan muncul laporan keberadaan letak nomor hp tersebut.

Nah cukup mudah bukan? Tentu anda tidak akan pernah bisa jika tidak mencobanya. Mungkin itu saja informasi tentang cara melacak no hp lewat Google Maps dan satelit GPS. Semoga bermanfaat, selamat mencoba, dan jangan pernah takut untuk mencoba.  Baca juga artikel tentang cara transfer BRI ke BCA lewat ATM dan SMS Banking.

Tinggalkan komentar