Cara SMS Banking BRI [ Daftar / Transfer / Cek Saldo ] Panduan Lengkap

CARA SMS BANKING BRI – Apa kabar pembaca Gallery Sepedaku? Anda ingin menggunakan layanan SMS Banking BRI tapi belum tahu caranya? Tenang saja, karena artikel ini akan memberikan panduan lengkap seputar penggunaan layanan SMS Banking Bank BRI. Mulai dari cara daftar SMS Banking BRI, cara transfer SMS Banking BRI, dan cara cek saldo SMS Banking BRI.

Sebelum kita membahas topik bagaimana cara SMS Banking BRI, apakah anda sudah tahu tentang layanan SMS Banking BRI ini? SMS Banking BRI merupakan salah satu layanan dari pihak Bank BRI yang cara melakukannya mudah sekali. Untuk lebih jelasnya silahkan baca penjelasan tentang layanan ini.

Aplikasi BRI SMS Banking

Cara SMS Banking BRI
Sumber: panduanbisnispulsa

Apa itu aplikasi BRI SMS Banking? Suatu aplikasi yang sudah tersentuh oleh teknologi terkini untuk akses perbankan. Sebuah aplikasi yang kinerjanya berkaitan dengan pesan elektronik atau yang kita kenal dengan SMS. Peluncuran aplikasi ini adalah salah satu bentuk pelayanan yang memberikan kenyamanan dan keamanan dari pihak BRI pada nasabahnya.

Melalui aplikasi BRI SMS Banking ini nasabah bisa melakukan transaksi tanpa harus ke kantor cabang BRI terdekat atau datang mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Cukup dengan mengakses aplikasi ini lewat smartphone berbasis android, java, Blackberry, atau IOS. Jika ingin mentransfer uang, anda tidak perlu transfer uang lewat ATM, cukup lewat aplikasi ini.

Kelebihan menggunakan inovasi elektronik ini, kita bisa melakukan transaksi kapan saja dan dimana saja. Aplikasi ini juga memberikan jaminan keamanan dalam bertransaksi, yaitu dengan memberikan kode (password) serta m-Token pada anda ketika anda melakukan registrasi serta aktivasi, yang mana akan berkaitan dengan cara SMS Banking BRI yang akan kita bahas.

Bagaimana cara mendapatkan aplikasi BRI SMS Banking ini?

Cara Daftar SMS Banking BRI

Cara Transfer SMS Banking BRI 1
Sumber: thenextweb

Cara mendapatkan aplikasi ini, atau cara daftar SMS Banking BRI itu ada dua cara, yaitu datang langsung ke cabang BRI terdekat atau melalui mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Jika registrasi dan aktivasi melalui cara pertama, yaitu datang langsung ke kantor Bank BRI terdekat, anda akan dibantu oleh pegawai Bank/Teller Bank BRI yang bertugas. Untuk registrasi dan aktifasi melalui mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM), anda bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

Registrasi dan Aktivasi BRI SMS Banking

Caranya yaitu sebagai berikut:

  • Datang ke ATM BRI terdekat.
  • Masukkan kartu ATM serta login dengan masukkan PIN kartu ATM anda.
  • Selanjutnya pilih menu lainnya.
  • Pilih Registrasi.
  • Pilih Menu SMS Banking.
  • Selanjutnya masukkan nomor ponsel anda yang akan digunakan untuk mengakses aplikasi BRI SMS Banking.
  • Buat PIN untuk SMS Banking (6 digit angka).
  • Terakhir akan muncul notifikasi berhasil.

Nah jika sudah mendapatkan notifikasi berhasil, berarti pendaftaran BRI SMS Banking anda sukses.

Selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mengunduh aplikasi BRI SMS Banking. Di mana kita bisa mengunduh aplikasi ini?

Mengunduh/Download Aplikasi BRI SMS Banking

Untuk mendapatkan aplikasi ini cukup mudah. Tinggal menyesuaikan dengan gadget atau smartphone yang anda miliki. Misalkan:

  • Smartphone berbasis android, untuk bisa mendapatkan aplikasi ini anda masuk ke Google Play Store.
  • Smartphone berbasis Blackberry, cara mendapatkan aplikasi ini yaitu di Blackberry App Word.
  • Smartphone berbasis IOS (Apple), cara mendapatkan aplikasi ini yaitu di Apple Store.

Jika sudah terunduh, langsung akses masuk dengan kode/username yang didapatkan saat registrasi dan aktivasi di mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Apa saja fitur-fitur pelayanan yang di tawarkan oleh aplikasi ini?

Fitur-fitur yang Ditawarkan

Dengan memiliki aplikasi BRI SMS Banking, anda bisa menikmati fitur-fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini. Apa saja fiturnya?

  • Informasi rekening anda, anda bisa cek saldo terakhir rekening anda lewat aplikasi BRI SMS Banking ini.
  • Transaksi, anda bisa melakukan transaksi seperti trasfer sesama bank maupun antar bank.
  • Isi Ulang, anda bisa melakukan isi ulang beberapa prabayar anda seperti isi ulang pulsa, e-money, dan lainnya.
  • Pembayaran, anda bisa melakukan beberapa jenis pembayaran melalui aplikasi ini, seperti kartu kredit dan lainnya.

Itulah beberapa fitur yang bisa anda nikamti di aplikasi BRI SMS Banking ini, masih ada fitur-fitur lainnya yang belum disebutkan, untuk lebih jelasnya sebaiknya langsung saja cek di aplikasi tersebut.

Untuk cara menggunakan aplikasi ini bisa dikatakan cukup mudah dan tidak ribet. Umumnya, orang memanfaatkan aplikasi ini hanya dominan di dua jenis transaksi, yaitu transfer uang dan cek saldo rekening. Nah berikut ini akan kami jelaskan cara-cara SMS Banking BRI mengenai dua transaksi tersebut.

Cara SMS Banking BRI

Cara Daftar SMS Banking BRI
Sumber: sialapyme

Meskipun tergolong cukup mudah untuk melakukan transaksi melalui aplikasi ini, bukan berarti tidak harus memakai panduan yang benar. Masalah uang adalah masalah yang sensitif, jadi harus benar-benar berhati-hati.

Berikut ini ada panduan cara transfer SMS Banking BRI dan juga cara cek saldo SMS Banking BRI. Bagaimana caranya?

1. Cara Transfer SMS Banking BRI

Jika anda sudah memiliki aplikasi BRI SMS Banking, untuk melakukan cara transfer SMS Banking BRI cukup masuk/login ke aplikasi lalu pilih menu-menu yang akan anda lakukan. Misalkan mau transfer, maka pilih menu transfer. Dan ujung-ujungnya anda akan masuk ke menu perpesanan di smartphone/gadget anda.

Dan jika ingin langsung menggunakan perpesanan di smartphone/gadget tanpa harus masuk ke aplikasi BRI SMS Banking, maka anda harus memasukkan format-format secara manual. Karena untuk melakukan transaksi melalui SMS Banking ada format-format pesannya sendiri.

1. Format SMS Banking BRI untuk Transfer dari BRI ke Sesama BRI

KETIK : Transfer (spasi) BRI + Nomor rekening tujuan (spasi) Nominal/jumlah transferan (spasi) PIN

Contohnya anda memiliki rekening Bank BRI, lalu akan mentransfer uang sebesar Rp. 300.000 ke nomor rekening Bank BRI teman anda, maka formatnya sebagai berikut:

Trasnfer BRI081233212331 300000 654321

Selanjutnya kirimkan pesan tersebut ke nomor 3300.

2. Format SMS Banking BRI untuk Transfer ke Bank Lain

KETIK : Transfer (spasi) Kode Bank + Nomor Rekening Tujuan (spasi) Nominal (spasi) PIN

Contohnya anda akan transfer uang Rp. 300.000 ke rekening Bank BCA, kode Bank BCA adalah 014, maka penulisan formatnya seperti berikut ini:

Transfer 0144532332 300000 543216

Selanjutnya kirimkan pesan dengan format tersebut ke nomor 3300. Mudah dan tidak ribet jika sudah terbiasa dan hafal format-formatnya.

2. Cara Cek Saldo SMS Banking BRI

Seperti yang sudah kita bahas di pembahasan di atas, bahwasannya aplikasi BRI SMS Banking ini menyediakan banyak fitur yang bisa dinikmati oleh nasabahnya. Termasuk fitur cek saldo rekening anda.

Selain transfer, cek saldo SMS Banking ini juga bisa. Ada menunya tersendiri di dalam aplikasi BRI SMS Banking. Namun, jika ingin langsung ke menu perpesanan di smartphone/gadget anda, bisa pakai format berikut ini.

Format Cek Saldo Rekening Lewat SMS Banking BRI

Untuk cek saldo anda bisa langsung ketik:

SALDO (spasi) PIN kirim ke 3300

Nah itulah format-format yang digunakan jika anda ingin menggunakan SMS Banking BRI untuk melakukan transaksi. Perlu diketahui, untuk saat ini setiap mengirim SMS Banking, akan dikenai biaya SMS Banking BRI sebesar Rp. 500,-

Nah, bagaimana? Sudah tahu dan paham mengenai cara SMS Banking BRI? Cukup mudah bukan. Jadi, langkah yang pertama anda harus melakukan registrasi dan aktifasi. Selanjutnya, baru bisa menggunakan layanan BRI SMS Banking ini.

Tinggalkan komentar