Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI ke Sesama / Rekening Bank Lain

CARA TRANSFER UANG LEWAT ATM BRI – Apa kabar pembaca Gallery Sepedaku? Kali ini kita akan berbagi tentang bagaimana cara mentransfer uang lewat ATM BRI. Berhati-hati itu penting, apalagi jika anda akan mentransfer uang melalui mesin ATM. Karena jika salah langkah bisa membuat kartu tertelan tidak bisa keluar di mesin ATM.

Ngomong-ngomong soal ATM, Sudah tahukah anda apa itu ATM?

ATM adalah singkatan dari Anjungan Tunai Mandiri (Autmatic Teller Machine). ATM merupakan suatu alat elektronik yang dibuat oleh pihak Bank untuk melayani nasabah Bank yang akan mengambil uang, transfer uang, mengecek saldo rekening, atau transaksi lainnya tanpa perlu dilayani oleh pegawai Bank (Teller).

Awal dikembangkannya ATM hanya untuk tempat mengambil uang saja. Seiring perkembangan teknologi, kini ATM Bank sudah banyak yang memberikan fasilitas-fasilitas seperti pembelian pulsa, tranfer ke Bank lain, dan untuk ke depannya bisa saja muncul fasilitas-fasilitas lain.

Hal ini tentu memberikan kepuasan sendiri terhadap nasabah Bank, sehingga saat ini hampir semua pemilik rekening Bank sudah memiliki kartu ATM.

Meskipun begitu, dalam penggunaan kartu ATM ini harus benar-benar berhati-hati. Karena sudah banyak kejadian kartu ATM yang tertelan mesin ATM. Penyebab umumnya yaitu salah masukin PIN kartu ATM. Tentu ini menjadi catatan penting buat pemilik kartu ATM.

Nah selain itu, pemilik kartu ATM juga harus tahu langkah-langkah menggunakan kartu ATM ketika hendak melakukan pengambilan uang, transfer uang, atau yang lainnya di mesin ATM. Termasuk masalah yang akan kita bahas, yaitu ketika hendak mentransfer uang lewat ATM BRI.

Bagaimana cara mentransfer uang melalui ATM BRI?

Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI ke Sesama BRI

Cara transfer uang lewat ATM BRI
Cara transfer uang lewat ATM BRI

Cara mentrasnfer uang lewat ATM BRI itu cukup mudah, asalkan sesuai dengan langkah-langkahnya. Bagi anda yang masih bingung dengan langkah-langkah untuk mengirim uang melalui ATM BRI, anda bisa baca tutorial atau panduan berikut ini.

Panduan Cara Mentransfer Uang Lewat ATM BRI dari Sesama BRI

Di bawah ini adalah panduan bagaimana cara transfer uang lewat ATM BRI. Bagi anda yang ingin mentransfer uang lewat ATM BRI, bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Memiliki Kartu ATM BRI yang masih aktif

Pertama pastikan kita memiliki kartu ATM yang masih aktif. Bukan cuma aktif saja, tentunya saldo rekeningnya lebih dari batas minimal kebijakan pihak Bank.

Saldo minimal untuk tabungan Bank BRI adalah Rp. 50.000,- Jumlah tersebut sudah termasuk jumlah yang ditahan, atau tidak bisa ditarik. Jadi, jika kita mempunyai kartu ATM BRI dengan sisa saldo tabungan Rp. 50.000,- maka ATM kita sudah tidak bisa melakukan penarikan atau transaksi lainnya.

2. Pergi ke Mesin ATM BRI

Kedua, jika sudah dipastikan kartu ATM BRI kita masih aktif dan sisa saldo masih di atas 3 x batas minimal, langsung saja pergi ke tempat yang tersedia mesin ATM BRI. Biasanya mesin ATM berada di tempat yang strategis (ramai, aman, dan nyaman).

3. Masukkan Kartu ATM BRI ke Slot/Lubang Kecil Memanjang Tempat Memasukan Kartu ATM

Ketiga, masukkan artu ATM BRI pada mesin ATM BRI. Jika belum terbiasa, pasti akan kebingungan mencari tempat masuknya kartu ATM. Tempat untuk memasukkan kartu ATM di mesin ATM biasanya berada di sebelah kanan arah kita menghadap mesin.

Biasanya terdapat gambar atau tulisan yang berisi keterangan cara memasukkan kartu ATM. Jika salah memasukkan kartu, misalkan terbalik maka secara otomatis kartu akan tertolak dan keluar.

4. Masukkan Nomor PIN dengan Benar

Jika kartu sudah masuk ke mesin ATM dengan benar, selanjutnya di layar pada mesin ATM akan muncul notifikasi untuk memasukkan nomor PIN ATM.

Pada tahap ini kita harus benar-benar berhati-hati. Karena jika salah memasukkan nomor PIN sampai berulang 3 kali, maka kartu ATM akan terblokir secara otomatis. Jika ini terjadi, jalan satu-satunya kita harus datang ke kantor Bank BRI setempat.

5. Pilih Bahasa

Setelah memasukkan nomor PIN ATM dengan benar, selanjutnya akan ada notifikasi untuk memilih bahasa.

Pilihlah bahasa yang kita kuasai supaya terhindar dari kesalahan yang bisa berakibat fatal. Umumnya pada mesin ATM hanya tersedia dua bahasa saja. Yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

6. Pilih Menu Transaksi Lain

Jika sudah memilih bahasa, selanjutnya akan muncul beberapa pilihan menu. Pilihlah menu transaksi, karena kita akan melakukan transfer uang.

Setelah kita pilih menu transaksi, nanti akan muncul beberapa menu pilihan lagi. Pilihlah menu transfer atau pengiriman.

7. Pilih Bank Tujuan dan Masukan Nomor Rekening Bank Tujuan

Ketika sudah memilih menu transfer, selanjutnya akan muncul menu dialog mengenai tujuan rekening Bank yang akan dituju. Karena ini adalah langkah-langkah mentransfer uang lewat ATM BRI dari sesama rekening BRI, maka langsung saja masukkan nomor rekening yang dituju pada tempat penulisan nomor rekening di menu dialog tersebut.

8. Masukkan Nominal Uang yang Akan Ditransfer

Jika sudah memasukkan nomor rekening yang dituju dengan benar lalu tekan ok, selanjutnya akan muncul menu dialog lagi untuk memasukkan nominal jumlah uang yang akan ditransfer. Masukkan jumlah uang yang akan dikirim dengan benar dan teliti, lalu tekan ok.

9. Notifikasi Kebenaran Data

Selanjutnya adalah pemastian kebenaran data yang diimput. Pada tahap ini, sebuah notifikasi pemberitahuan tentang data penerima yang meliputi nama pemilik rekening tujuan dan nama Bank tujuan. Jika tidak ada yang salah, langsung tekan ok. Tunggu beberapa detik untuk proses pentransferan, jika berhasil maka akan ada notifikasi transfer berhasil.

10. Simpan Bukti Transfer

Jika transfer berhasil, mesin akan muncul notifikasi lagi berupa pilihan untuk mencetak data transaksi atau tidak. Jika ingin mencetaknya, pilih iya nanti akan muncul struck data yang keluar dari mesin ATM.

11. Keluar Transaksi

Setelah memilih pilihan mau dicetak atau tidak transaksi yang sudah berhasil, selanjutnya kelaur transaksi. Atau pilih lanjutkan transaksi jika ingin melakukan transaksi lagi.

Nah, itulah langkah-langkah cara transfer uang lewat ATM BRI antar sesama rekening BRI.

Bagaimana jika transaksi dari rekening Bank BRI ke rekening Bank selain BRI?

Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI ke Bank Lain

Cara Mentransfer Uang Lewat ATM BRI
Sumber: smsbangking

Bagaimana cara mentransfer uang lewat ATM BRI dari rekening BRI ke Bank lainnya?
Caranya sama saja dengan cara tranfer uang lewat ATM BRI yang sudah dijelaskan di atas.

Bedanya hanya pada bagian nomor (7) yaitu pada pilihan Bank tujuan dan masukkan nomor rekening Bank tujuan. Pada tahapan ini pilih menu kode Bank terlebih dahulu.

Selanjutnya akan muncul tampilan berisi kode-kode Bank selain Bank BRI. Pilih kode Bank yang akan dituju. Misalkan mau transfer uang ke rekening Bank BCA, maka lihat kode Bank BCA pada tampilan layar, kemudian diingat-ingat.

Lalu pilih kembali dengan menekan tombol yang ada perintahnya untuk kembali ke tampilan sebelumnya, yaitu tampilan dialog untuk masukkan nomor rekening Bank tujuan.

Masukkan kode Bank pada tempat untuk masukkan nomor rekening Bank tujuan. Lalu ikuti dengan masukkan nomor rekening Bank tujuan setelah kode Bank tujuan, tanpa spasi. Contoh transfer ke Bank BCA, kode Bank BCA adalah (014), dan nomor rekening tujuan (1234567890) jadi (0141234567890).

Nah bedanya hanya disitu saja. Langkah-langkah lainnya sama dengan langkah-langkah transfer uang lewat ATM BRI yang sudah dijelaskan di atas.

Cara Mentransfer Uang Lewat ATM BRI dari Kartu ATM Selain ATM BRI

Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI
Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI

Apakah bisa melakukan transaksi ATM dari Mesin ATM yang berbeda Bank?

Terkadang kita merasa was-was ketika hendak melakukan transaksi lewat mesin ATM yang bukan dari mesin ATM yang sesama Bank. Ada rasa takut ntar tidak bisa, rasa takut ntar kartu ATM nya tertelan, dan perasaan was-was lainnya.

Perlu kita ketahui, selama mesin ATM itu ada stiker yang berisi tulisan ATM BERSAMA, berarti mesin ATM tersebut bisa untuk bertransaksi semua jenis ATM yang terdaftar.

Lalu bagaimana dengan cara transfernya? Untuk cara transfer uang lewat ATM BRI dari ATM selain BRI sama saja dengan langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas.

Pesan dari kami hati-hati ketika akan melakukan transaksi lewat mesin ATM. Karena kejahatan selalu mengintai pada tempat-tempat yang berbau uang. Dan juga hati-hati dalam perjalanan menuju ATM, jika harus melalui jalan raya, perhatikan selalu keselamatan diri dan taatilah rambu-rambu lalu lintas yang ada.

Perlu juga untuk mengenal rambu-rambu lalu lintas, karena sebagai pengguna jalan kita harus bijak. Demi keselamatan bersama.

Demikianlah informasi yang bisa dijelaskan pada artikel ini mengenai cara transfer uang lewat ATM BRI. Semoga artikel ini membantu dan bermanfaat.

Tinggalkan komentar