Cara Transfer Uang Lewat ATM Mandiri ke BCA, BRI, BNI, & Bank Lainnya

CARA TRANSFER UANG LEWAT ATM MANDIRI – apa kabar pembaca Gallery Sepedaku? Pada kesempatan kali ini, di sini akan membahas tentang cara transfer uang. Khususnya untuk cara transfer uang lewat ATM mandiri dari rekening mandiri ke bank lainnya seperti Bank BCA, BRI, BNI, dan Bank lainnya.

Anjungan Tunai Mandiri atau yang sering disebut dengan ATM atau dalam bahasa Internasional adalah Automated Teller Machine. Merupakan sebuah layananan dari pihak Bank dalam bentuk sebuah alat elektronik yang bisa digunakan untuk mengecek, mentransfer, dan mengambil uang tanpa dilayani oleh pegawai Bank/Teller.

Tentu ini adalah sebuah layanan yang sangat memuaskan dan memberikan kenyamanan bagi para nasabah Bank. Bagaimana tidak nyaman, dengan adanya ATM, para nasabah Bank jadi lebih mudah dalam melakukan transaksi tanpa harus mengantri.

Sampai saat ini 99% para nasabah Bank sudah menggunakan ATM. Selain sangat membantu ketika ingin melakukan transaksi, cara penggunaannya sendiri bisa dikatakan mudah dan tidak ribet. Mungkin bagi pemula cukup belajar 1-2 kali melakukan transaksi lewat ATM sudah bisa dan paham.

Namun, dalam penggunaannya tidak boleh sembarangan. Terutama bagi pemula, meskipun cara melakukan transaksi lewat ATM itu mudah, tapi tidak boleh asal-asalan dan ugal-ugalan. Karena jika telodor melakukan kesalahan, ATM bisa keblokir.

Oleh karena itu, jika kita belum tahu panduan tentang cara melakukan transaksi lewat ATM, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu caranya. Nah, berikut ini adalah contoh bagaimana melakukan transaksi melalui ATM. Yaitu panduan cara mentransfer uang lewat ATM Mandiri ke sesama dan ke Bank lain.

Cara Transfer Uang Lewat ATM Mandiri

Cara Transfer Uang Lewat ATM Mandiri ke BCA
Sumber: radio2.be

Ada sedikit perbedaan antara cara transfer uang lewat ATM Mandiri ke sesama mandiri dan ke Bank lain. Mungkin jika transfer ke sesama Bank Mandiri bisa dikatakan mudah. Yang sering menjadi masalah adalah tidak tahu bagaimana cara mentransfer uang lewat ATM Mandiri dari Mandiri ke Bank lain.

Nah untuk hal ini tentu membutuhkan panduan. Karena menggunakan mesin ATM itu bisa dikatakan gampang-gampang susah. Dikatakan gampang memang jika sudah terbiasa ini merupakan hal yang sangat gampang. Tanpa panduan pun tentu akan bisa melakukan berbagai transaksi lewat ATM.

Namun ini bisa menjadi suatu hal yang susah, apabila kita baru melakukan transaksi lewat ATM. Karena jika belum terbiasa hal ini akan menjadi hal yang cukup menakutkan, soalnya berurusan dengan uang. Oleh karena itu, bagi pemula atau siapa saja yang belum tahu, usahakan harus tahu panduannya. Jika tidak memakai panduan, maka kemungkinan besar resiko ATM terblokir akan lebih besar.

Maka dari itu, penting untuk membiasakan membaca panduan terlebih dahulu sebelum praktek. Di sini akan memberikan 2 panduan, yaitu panduan cara transfer uang lewat ATM Mandiri ke sesama dan cara mentransfer uang lewat ATM Mandiri ke Bank yang berbeda atau Bank lain.

1. Cara Mentransfer Uang lewat ATM Mandiri ke Sesama Rekening Mandiri

Cara Transfer Uang Lewat ATM Mandiri
Sumber: atmbersama
  • Hal pertama yaitu pastikan nasabah memiliki kartu ATM yang masih aktif.
  • Kedua nasabah datang ke mesin ATM Mandiri terdekat.
  • Jika sudah di mesin ATM, masukkan kartu ATM Mandiri secara benar.
  • Ciri-ciri jika salah memasukkan kartu ATM yaitu mesin ATM akan menolak dan kartu ATM tidak mau masuk.
  • Jika sudah memasukkan ATM Mandiri dengan benar, biasanya akan muncul tampilan untuk memilih bahasa. Pilih bahasa Indonesia atau bahasa yang kita kuasai.
  • Selanjutnya akan muncul tampilan untuk memasukkan PIN ATM Mandiri kita. Ingat harus berhati-hati dalam memasukkan PIN, karena jika salah tiga kali, kartu ATM akan tertelan dan tidak bisa dikeluarkan.
  • Setelah memasukkan PIN dengan benar maka akan muncul tampilan menu utama yang berisi pilihan diantaranya yaitu penarikan tunai, bayar/beli, Mandiri prabayar, penarikan jumlah lainnya, dan transaksi lainnya.
  • Untuk melakukan transfer uang, maka kita pilih menu transaksi lainnya. Atau jika di tampilan utama sudah ada menu transfer maka pilih menu transfer.
  • Setelah memilih menu transfer, akan muncul dua pilihan yaitu tranfser sesama Mandiri atau ke rek. Bank lainnya.
  • Maka pilih ke sesama Mandiri.
  • Selanjutnya akan muncul kolom untuk mengisi nomor rekening mandiri tujuan. Karena sesama Mandiri maka langsung saja masukkan nomor rekening tanpa didahului dengan kode Bank.
  • Jika sudah selanjutnya pilih tombol bertulisan “Benar”.
  • Setelah itu akan muncul tampilan kolom untuk mengisi jumlah uang yang akan ditransfer, langsung saja masukkan jumlah uang yang akan ditransfer.
  • Pilih tombol “Benar”, lalu tunggu beberapa detik.
  • Setelah proses menunggu, selanjutnya akan muncul tampilan berisikan data-data transferan. Hal ini untuk memastikan kebenaran apakah benar nomor rekening tujuan kita.
  • Jika benar, pilih menu “YA”.
  • Apabila transaksi berhasil maka akan muncul tampilan tranfer atau transaksi berhasil. Setelah itu keluarkan akrtu ATM jika tidak ingin melakukan transaksi lainnya. Jika kartu ATM tidak keluar-keluar dari mesin ATM, maka langsung saja tekan “Cancel” di papan tombol untuk memasukkan nomor PIN.

2. Cara Mentransfer Uang Lewat ATM Mandiri ke Rekening Bank Lainnya (BCA, BRI, BNI, DLL)

Cara Transfer Uang Lewat ATM Mandiri ke BRI
Sumber: google

Cara mentransfer uang lewat ATM Mandiri ke Bank lainnya hanya ada sedikit perbedaan saja dari panduan cara transfer uang dari ATM Mandiri ke sesama Mandiri, perbedaan yaitu:

  • Ketika memilih menu transfer ke sesama Mandiri atau ke Bank lain. Untuk transfer ke Bank lain maka pilih menu transfer ke Bank lainnya.
  • Perbedaan kedua yaitu ketika memasukkan nomor rekening tujuan. Untuk mentransfer ke Bank lain maka wajib untuk memasukkan kode Bank tujuan terlebih dahulu sebelum memasukkan nomor rekening tujuan.

Bagaimana cara mengetahui kode Bank lain melalui mesin ATM? Sangat mudah, kita cukup menekan tombol kode Bank nanti akan muncul tampilan berisi daftar kode Bank lain. Kode Bank terdiri dari 3 digit nomor, misalkan kode Bank BCA yaitu 014.

Nah cari kode Bank sesuai dengan nomor rekening Bank tujuan kita. Jika sudah ketemu pilih menu kembali pada tombol yang sama. Masukkan 3 digit kode Bank selanjutnya masukkan nomor rekening tujuan, lalu pilih tombol “Benar”.

Setelah itu proses selanjutnya sama dengan panduan cara mentransfer uang lewat ATM Mandiri ke sesama Mandiri. Pastikan ketika muncul data nomor rekening tujuan kita benar, hal ini dapat kita ketahui ketika muncul tampilan berisikan data rekening tujuan setelah proses memasukkan nominal uang yang akan ditransfer.

Bagaimana? Mudah bukan? Memang jika kita belum tahu panduannya akan terasa menakutkan jika melakukan transaksi melalui ATM. Tapi perasaan itu akan hilang jika kita sudah mencoba dengan menggunakan panduan yang benar dan terpercaya.

Mungkin itu saja penjelasan mengenai cara transfer uang melalui ATM Mandiri ke sesama maupun ke Bank lain seperti Bank BCA, BRI, BNI, dan Bank lainnya. Jangan lupa baca juga artikel sebelumnya di situs kami tentang cara menghapus akun facebook secara permanen dan sementara.

Tinggalkan komentar