Kumpulan Contoh Pantun Jenaka Terlucu, Cinta, Pendidikan, dan Nasehat

CONTOH PANTUN – Apa kabar pembaca Gallery Sepedaku? Anda sedang mencari kumpulan contoh pantun jenaka alias pantun lucu? Atau pantun cinta? Apa pantun pendidikan? Atau juga pantun nasehat dan lainnya? Udah jangan kemana-mana. Lihat dan baca dulu di sini, siapa tahu pantunnya menarik dan bagus bagi anda.

Contoh pantun berbalas:

Kamu cantik anak siapa…
Tolong dong jawab jangalah malu…
Aku ingin izin ke orang tua…
Apakah boleh bilang I love you…

Jawab:

Suami istri harus setia…
Saling menjaga untuk bersatu…
Dasar kamu suka bercanda…
Membuat aku makin love you to…

Pantun di atas hanyalah satu dari banyaknya contoh-contoh pantun di artikel ini. Sebelum ke contoh-contoh yang lebih banyak lagi, izinkan penulis untuk bertanya.

Apakah anda sudah bisa berpantun? Jika belum, yuk kita belajar berpantun di sini.

Pantun merupakan jenis puisi lama yang banyak disukai oleh banyak orang. Mulai dari anak sekolah sampai orang dewasa. Namun tidak semua orang bisa berpantun, lebih tepatnya belum pandai berpantun. Karena, sebenarnya semua orang pasti bisa berpantun.

Salah satu kunci untuk bisa berpantun yaitu dengan belajar. Mustahil seorang yang pandai berpantun tanpa didasari dengan pembekalan belajar terlebih dahulu. Nah, mungkin anda penasaran terkait apa saja yang perlu dipelajari untuk bisa berpantun?

Jika anda penasaran, silahkan baca hal-hal yang berkaitan dengan pantun. Mulai dari pengertian pantun, ciri-ciri, struktur pantun, dan jenis-jenis pantun.

Pantun

Contoh Pantun jenaka lucu, cinta, nasehat. agama, dan pantun teka teki.Contoh Pantun jenaka lucu, cinta, nasehat. agama, dan pantun teka teki.
Sumber: qudsfata

Pantun terkenal akan penggunaan bahasanya yang terkesan menarik. Karena pantun memiliki struktur baris dan struktur bahasa yang tersusun rapi sesuai dengan kaidah pantun. Tentunya tidak sembarang dan terdapat ilmu khusus untuk membuat suatu pantun.

Nah berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dan dipelajari sebelum membuat pantun. Apa saja hal tersebut? Seperti yang sudah disebutkan di atas, yaitu pengertian, ciri-ciri, strukur, dan jenis-jenis.

Pengertian

Pengertian Pantun
Sumber: qudsfata

Pantun adalah jenis dari puisi lama yang di setiap baitnya terdiri dari empat baris dan mempunyai sampiran dan isi. Secara umum pantun dapat diartikan sebagai suatu karya fiksi yang dibentuk dan dibangun dengan berbagai unsur keindahan penyusunan kosa kata. Unsur tersebutlah yang menyebabkan karya sastra hadir dan nampak seperti ada dan terjadi.

Unsur ini juga bisa disebut dengan unsur intrinsik, yaitu suatu unsur yang membangun suatu cerita atau alur cerita di dalam pantun. Perpaduan unsur intrinsik di dalam pantun akan menciptakan suatu pantun yang semakin bagus.

Selain unsur-unsur intrinsik, pengolahan kata-kata yang tepat dan menarik juga sangat berpengaruh terhadap bagus tidaknya suatu pantun. Terkait pengertian pantun, ada beberapa ahli yang memiliki definisi-definisi pengertian pantun sendiri. Diantaranya yaitu:

a. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pantun adalah bentuk puisi Indoensia melayu, setiap bait “kuplet” terdiri atas empat baris dengan sabjak a-b-a-b. Dan pada setiap lariknya terdiri dari empat kata, yakni baris pertama dan kedua merupakan suatu tumpuan “sampiran” saja. Sedangkan baris ketiga dengan baris keempat adalah isi peribahasa sindirian.

b. Herman J Waluyo

Pantun merupakan sebuah puisi melayu asli dan sudah mengakar sejak lama di budaya masyarakat.

c. Kaswan dan Rita

Pantun ialah suatu jenis pantun melayu lama yang setiap baitnya terdiri dari empat larik dan memiliki saja a-b-a-b. Larik pertama dan kedua adalah sampiran, dan larik ketiga dan keempat adalah isi sampiran tidak berisikan maksud, hanya diambil rima persajaknya.

d. Edi dan Farika

Pantun adalah bentuk puisi lama yang sudah dikenal luas  dengan berbagai bahasa Nusantara. Di dalam bahasa Jawa, pantun terkenal dengan sebutan parikan, dan di dalam bahasa Sunda pantun terkenal dengan paparikan.

e. Alisyahbana

Pantun merupakan suatu puisi lama yang sangat terkenal di kalangan masyarakat dulu, atau sangat dikenal oleh masyarakat lama. Mempunyai ciri-ciri setiap baitnya terdiri atas empat baris.

Lalu perbarisnya terdiri dari empat sampai enam kata atau delapan sampai dua belas suku kata. Dan baris pertama dan kedua berupa sampiran, sedangkan baris ketiga dan keempat berupa isi.

f. Hidayat

Pantun yaitu salah satu dari jenis puisi melayu lama yang secara umum sudah dikenal di tanah air Indonesia.

g. Sunarti

Pantun sebagai salah satu bentuk dari puisi lama yang mempunyai keindahan dari segi bahasa. Salah satu keindahan pantun yaitu terdiri dari rima a-b-a-b.

h. R.O. Winsted

Pantun adalah sebuah rangkaian kata yang memiliki keindahan untuk melukiskan suatu kehangatan cinta, rindu serta kasih sayang, ataupun dendam dari penuturnya.

i. Dr. R. Brandstetter

Pantun berasal dari kata “tun” yaitu merupakan bahasa nusantara. Jika di bahasa Papangga tun adalah dari kata tuntun yang maknanya teratur. Sedangkan dalam bahasa Tagalog, yaitu tonton yang memiliki makna bercakap sesuatu dengan aturan tertentu. Dalam bahas Jawa yaitu tuntun, yang maknanya yaitu benang.

Namun bisa juga berbentuk kata atuntun, yang maknanya teratur. Dan bisa juga metuntun yang arti dan maknanya adalah memimpin. Dalam bahasa Toba, pantun memiliki arti kesopanan dan kehormatan.

j. Surana

Pantun adalah suatu puisi lama yang terdiri dari empat larik yang memiliki rima a-b-a-b. Larik pertama dengan kedua yaitu bagian objektif yang disebut dengan sampiran, biasanya berupa kiasan. Sedangkan untuk larik ketiga dan keempat adalah bagian subyektif yang dinamakan dengan isi.

Ciri-ciri

Ciri ciri Pantun
Sumber: masirul

Jenis puisi lama yang awal kata mulanya ialah patuntun, pada dasarnya ialah sebuah harapan untuk bisa menjadi penuntun hidup untuk yang membaca atau mendengarnya. Isinya tidak hanya tentang nasehat atau himbauan saja, ciri khas sebuah pantun juga terkesan sangat kental, untuk lebih jelasnya berikut ini adalah ciri-ciri pantun.

a. Setiap Baitnya Terdiri dari Empat Baris

Tiap bait suatu pantun biasanya memiliki isi sebuah untaian kata-kata yang satu gagasan. Dan gagasan tersebut umumnya memiliki ciri khas yang bergantung pada jenis puisinya.

Puisi lama yang disebut dengan pantun ini memiliki ciri khas yang kuat pada tiap baitnya, yaitu terdiri dari empat baris. Baris tersebut dinamakan larik.

b. Setiap Barisnya Terdiri dari 8 – 12 Suku Kata

Awalnya sebuah pantun tidak ada yang tertulis. Pantun dahulu hanya berbentuk suara lisan. Oleh karena itu, pantun dibuat dengan kosa kata yang singkat, padat, dan berisi. Jadi pantun umumnya hanya terdiri dari delapan sampai dua belas kata.

c. Mempunyai Sampiran dan Isi

Salah satu keunikan sehingga pantun memiliki sifat jenaka adalah sampiran dari pantun. Sampiran atau bisa dikatakan sebagai pengantar, biasanya tidak berkaitan dengan isi. Tetapi menggambarkan sebuah kebiasaan atau peristiwa yang terjadi di dalam masyarakat.

Struktur penempatannya, sampiran selalu berada di awal atau baris pertama dan kedua sebuah pantun. Sementara itu, isi sebuah pantun selalu berada di akhir, atau menyusul setelah adanya lampiran.

d. Berima / Sajak a-b-a-b

Rima atau yang sering disebut dengan sajak yaitu kesamaan bunyi yang berada di dalam puisi. Umumnya, suatu puisi lama sangat kental dengan rima. Begitu juga dengan pantun, khusus untuk puisi lama jenis pantun mempunyai ciri khas yang sangat kuat di sajaknya. Apa sajak khas dari pantun? Sajak atau rimanya adalah a-b-a-b.

Apa maksud dari rima atau sajak a-b-a-b? Yang dimaksud dari sajak a-b-a-b yaitu kesamaan bunyi antara baris pertama dan baris ketiga serta baris kedua dan baris keempat. Jadi, kesamaan bunyi dalam sebuah pantun selalu terjadi antara sampiran dengan pantun.

Struktur

Struktur Pantun
Sumber: masirul

Struktur pantun secara umum dikenal dengan teks pantun biasa, talibun, dan karmina. Tiap-tiap jenis teks pantun mempunyai struktur teks sendiri-sendiri. Untuk lebih jelasnya di bawah ini adalah penjelasan dari masing-masing struktur teks pantun.

a. Pantun Biasa

Pantun biasa adalah jenis pantun yang paling sering kita dengar dan sering kita baca. Terdiri dari dua baris/larik sampiran dan diikuti dengan dua baris isi. Rima atau sajak yang dipakai umumnya adalah a-b-a-b, dan a-a-a-a. Jadi struktur teks pantun biasa terdiri dari

  • Sampiran, yaitu bagian awal pantun yang bersifat umum. Fungsinya untuk membentuk rima dan irama, supaya lebih mudah dicerna dan dipahami oleh yang mendengar atau membaca.
  • Isi, yaitu bagian akhir pantun yang bersifat menyampaikan isi pantun. Pada bagian isi ini terdapat suatu tujuan atau pesan dari pembuat pantun.

Contohnya pantun biasa dengan sajak a-b-a-b, yaitu:

Makan nasi pakai sambal… (sampiran sajak a)
Jangan lupa memakai tangan… (sampiran sajak b)

Jadi anak janganlah nakal… (isi sajak a)
Supaya jadi anak kesayangan... (isi sajak b)

Contoh pantun biasa dengan sajak a-a-a-a, yaitu:

Sungguh cantik bunga di taman… (sampiran sajak a)
Berdiri tegak sangat menawan… (sampiran sajak a)

Mari kita jaga kebersihan… (isi sajak a)
Karena kebersihan sebagian dari iman… (isi sajak a)

b. Pantun Talibun

Struktur pantun talibun terdiri atas sampiran yang terdiri dari tiga baris/larik. Dan juga tiga baris isi di akhir pantun.

Contoh pantun dari struktur pantun talibun, yaitu:

Burung elang terbang tinggi…
Mengincar makanan di daratan Jawa…
Mendapatkan makanan di tengah rawa…

Wahai para pemuda pemudi…
Ayo tingkatkan semangat berusaha…
Untuk meninggalkan kesesatan di dunia…

c. Pantun Karima

Struktur pantun talibun hanya terdiri dari dua baris yang mencakup sampiran dan isi dengan rima atau sajak a-a. Jenis pantun yang menggunakan struktur ini biasa disebut dengan pantun kilat.

Contoh pantun dengan struktur teks pantun karima, yaitu:

Gelas antik mahal harganya… (sampiran sajak a)

Orang cantik indah wajahnya... (isi sajak a)

Jenis-jenis

Jenis jenis pantun
Sumber: materipelajar

Pantun dibagi menjadi dua macam jenis. Yaitu pantun berdasarkan siklus kehidupan atau usia, dan pantun berdasarkan isinya.

1. Jenis-jenis Pantun Berdasarkan Siklus Kehidupan / Usia

  • Pantun Anak
  • Pantun Orang Dewasa
  • Pantun Orang Tua

2. Jenis-jenis Pantun Berdasarkan Isi

  • Pantun Jenaka
  • Pantun Nasehat
  • Pantun Kiasan
  • Pantun Teka-teki

Kumpulan Contoh Pantun

Kumpulan Contoh Pantun 1
Sumber: news.akurat

Bagaimana? Sudah cukup jelas dengan penjelasan terkait pengertian, ciri-ciri, struktur, dan jenis-jenis pantun? Semoga dengan penjelasan di atas, anda semakin paham dan pandai dalam membuat pantun.

Namun, semua penjelasan di atas akan lebih mudah diterima apabila dilengakapi dengan contoh-contohnya. Untuk itu, pembahasan selanjutnya adalah tentang contoh-contoh pantun.

Selain akan mempermudah anda dalam mempelajari ilmu tentang pantun, anda juga bisa menjadikan contoh-contoh di bawah ini menjadi referensi pembuatan pantun.

1. Pantun Jenaka (Pantun Lucu)

Pantun Jenaka atau Pantun Lucu
Sumber: bericontoh

Pantun jenaka adalah pantun yang berisikan hal-hal yang menarik dan lucu. Makanya, tidak jarang yang menyebut pantun jenaka sebagai pantun lucu. Pantun ini termasuk pantun yang paling banyak digemari orang.

Mulai dari yang anak-anak sampai yang sudah menjadi orang tua. Alasanya sudah pasti karena kebanyakan orang memang menyukai hal-hal yang mengundang senyum dan tawa.

Contoh Pantun Jenaka

Contoh Pantun Jenaka atau Pantun Lucu
Sumber: interioritats

1. Kita dan Mereka

Satu dikali satu sama dengan satu…
Dua dikali satu adalah dua…

Kita adalah aku dan kamu…
Mereka adalah dia dan dia…

2. Pak Dadang dan Bu Mamang

Pak Dadang bermain kendang…
Bu Mamang memakan rendang…

Ada uang abang ku sayang…
Ngga ada uang abang ku tendang…

3. Udang Dibalik Batu

Ada udang dibalik batu…
Ada ikan dibalik kayu…

Sungguh menawan kamu di mata aku…
Menusuk sampai ke hati aku…

4. Langit dan Bumi

Buah mangga buah rambutan…
Kayu manis pedas sekali…

Aduh siapa berparas tampan…
Oh ternyata abang kumis yang tak bergigi…

5. Si Kulit Hitam

Habis gelap terbitlah terang…
Habis malam terbitlah pagi…

Kulit gelap tidaklah terang…
Biarkan gelap asal manis sekali…

6. Jagalah Pandangan

Main bola di tanah lapang…
Nanam padi di tanah ladang…

Jagalah mata dalam memandang…
Jangan sampai jadi mata keranjang…

7. Orang Galak

Burung Jalak burung merpati…
Buah pepaya buah kelapa…

Abang galak pake sekali…
Seperti buaya sedang memakan mangsa…

8. Senyum Indah

Ular pyton sangat berbisa…
Bisa meracuni seekor kodok…

Kamu tersenyum penuh pesona…
Tapi sayang giginya tinggal dua…

9. Cinta Setia

Dunia ini sudahlah tua…
Seperti lapuknya selembar kain…

Cintaku memang tidak bisa mendua…
Asal mata tidak melirik yang lain…

10. Kekasih Hati

Sebilah paku patah di dalam peti…
Sungguh indah suara burung berparuh…

Sungguh indah menatap kekasih hati…
Sampai bergetar seluruh tubuh…

2. Pantun Cinta

Pantun Cinta
Sumber: daftarkumpulan terbaru

Pantun cinta adalah pantun yang berisikan tentang cinta. Salah satu cara ampuh meluluhkan hati kekasih yaitu dengan berpantun. Buatlah pantun cinta untuk kekasih sebagus dan semenarik mungkin.

Kekasih mana yang tidak senang apabila dibuatkan pantun cinta gombal. Terlebih ketika sedang ada masalah yang membuat hubungan sedikit kacau. Sampaikan maafmu melalui pantun cinta yang romantis, biar lebih dramatis.

Contoh Pantun Cinta

Contoh Pantun Cinta
Sumber: motekar

1. Pantun Cinta untuk Kekasih yang Ngambekan

Seekor ikan ada di kolam…
Sepucuk bunga ada di taman…

Kalaulah cinta sudah mendalam…
Buat apa kita ngambekan…

2. Pantun Cinta Gombal Paling Romantis

Satu-satu aku sayang Ibu…
Dua-dua aku sayang Ayah…

Beribu-ribu orang menunggu…
Cuma kamu yang paling indah…

3. Pantun Cinta Bertepuk Sebelah Tangan

Buah kedondong warnanya hijau…
Rasanya asam jika di makan…

Hati gelisah rasanya galau…
Karena cinta bertepuk sebelah tangan…

4. Pantun Cinta Ungkapan I Love You

Pohon jati pohon yang berkayu…
Pohon pisang pohon yang tak berkayu…

Tiga kata ingin ku ucapkan padamu…
Sayangku aku sunggu I love You…

5. Pantun Cinta Lucu

Malam-malam berangkat ronda…
Keliling desa untuk menjaga…

Kini mantan sudah menjadi janda…
Namun wajah masih cantik jelita…

6. Pantun Cinta Sejati

Sakit gigi sakit hati…
Sungguh terasa tidak karuan…

Meskipun berkali-kali disakiti…
Cinta sejati akan tetap bertahan…

7. Pantun Cinta Romantis

Beli jajan di warung depan…
Tidak lupa membeli kopi…

Tiap hari berduaan…
Ayah Bunda romantis sekali…

8. Pantun Cinta Terbakar Cemburu

Sambal terasi sangatlah pedas…
Karena cabai banyak sekali…

Lihat dia bikin hatiku panas…
Tiap hari godain kekasih hati…

9. Pantun Cinta untuk si Dia

Mentari pagi cerah sekali…
Sungguh indah dipandang mata…

Sudah lama aku menanti…
Ingin ku pasangkan cincin di jari si dia…

10. Pantun Cinta untuk Hati yang Terpendam

Pergi ke kota lihat si dia…
Jalan berdua dengan kekasihnya…

Aku jatuh cinta dengan si dia…
Tapi sayang sudah ada yang punya…

3. Pantun Pendidikan

Pantun Pendidikan
Sumber: kakakpintar

Pantun pendidikan adalah pantun yang memiliki gagasan tentang pendidikan. Biasanya berisikan tentang motivasi untuk semangat belajar. Pendidikan memang suatu hal yang sangat penting dan harus ditanamkan sedini mungkin.

Artinya, berikan pendidikan sejak anak masih berusia kecil. Apabila sejak kecil sudah terbiasa dengan pendidikan, kelak besar anak akan lebih mudah untuk menjadi seorang yang berpendidikan.

Pendidikan juga sangat berpengaruh pada cerah atau tidaknya masa depan seseorang. Karena seseorang yang berpendidikan tentunya lebih terpercaya ilmu dan pengalamannya. Namun, bukanlah suatu hal yang mudah untuk menyampaikan pendidikan pada anak.

Maka dari itu, memberikan semangat dan motivasi pada anak menjadi suatu hal yang penting. Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk memberikan semangat dan motivasi belajar pada anak. Salah satunya melalui pantun pendidikan.

Contoh Pantun Pendidikan

Contoh Pantun Pendidikan
Sumber: bangkudepan

1. Pantun tentang Pentingnya Pendidikan

Tanggal dua mei adalah hari pendidikan..
Hari lahirnya Ki Hadjar Dewantara…

Apabila orang tidak berpendidikan…
Selama hidup bisa sengsara…

2. Pantun Pendidikan untuk Anak Sekolah

Menyeberang sungai dengan perahu…
Perahu besar berwarna biru…

Hormatlah kamu kepada guru…
Dan jangan lupa sayangi temanmu…

3. Pantun Motivasi Belajar

Pagi-pagi belanja di pasar…
Tidak lupa membawa uang…

Jadi anak jangan malas belajar…
Ayo kawan semangat berjuang…

4. Pantun Sekolah Dasar Kelas 4

Makan gorengan pakai ketupat…
Jangan lupa minum air hangat…

Wahai kawan anak SD kelas empat…
Jangan lupa untuk selalu semangat…

5. Pantun Pendidikan Lucu 1

Tong berisi padat bunyinya…
Tong kosong nyaring bunyinya…

Anak rajin banyak ilmunya…
Anak malas banyak bohongnya…

6. Pantun Pendidikan Lucu 2

Si Mamang mengembala bebek…
Si Miming mengembala onta…

Jadi anak jangan suka mencontek…
Jika tidak ingin berdiri di dekat tiang bendera…

7. Pantun Pendidikan Lucu 3

Matahari pagi disebut dengan fajar…
Isi es dawet disebut cendol…

Si Preman malas belajar…
Sudah sepantasnya ulangan nilainya nol…

8. Pantun Indah tentang Pendidikan

Bunga melati bunga mawar…
Bunga anggrek bunga dahlia…

Sejak muda rajin belajar…
Usia lanjut penuh dengan bahagia…

9. Pantun Pendidikan Agama

Pergi ke pasar membeli tomat…
Beli tomat di warung pak camat…

Jadilah orang yang rajin shalat…
Kelak hidupnya penuh dengan berkat…

10. Pantun Pendidikan Moral

Pergi ke warung membeli sabun…
Tidak lupa membawa sepeda…

Jadilah anak yang sopan santun…
Jika ingin hidup mulia…

4. Pantun Nasehat

Pantun Nasehat
Sumber: hargakata

Pantun nasehat adalah pantun yaitu suatu pantun yang berisikan tentang nasehat-nasehat. Selain pantun bisa digunakan sebagai sarana menyampaikan motivasi pendidikan, pantun juga bisa digunakan sebagai sarana memberikan nasehat.

Umumnya pantun nasehat sangat erat kaitannya dengan agama. Karena bidang agamalah yang banyak membahas tentang nasehat-nasehat kehidupan. Terkadang ada tipe orang yang tidak suka dinasehati, padahal perilakunya perlu dinasehati. Mungkin sebuah nasehat dianggap sebagai bentuk emosi bagi orang-orang seperti itu.

Nah artinya, apabila kita ingin memberikan nasehat kepada seseorang yang perlu dinasehati harus menggunakan cara yang baik, sopan, dan tidak terkesan seperti marah-marah atau menyalahkan. Mungkin menasehati dengan menyinggung secara halus melalui pantun nasehat, orang akan lebih mudah menerima.

Contoh Pantun Nasehat

Contoh Pantun Nasehat

1. Pantun Nasehat Belajar

Main layang sama si dia…
Main layang sambil berlari…

Jika ingin hidup bahagia…
Rajinlah belajar setiap hari…

2. Pantun Nasehat Agama

Dua tambah tiga sama dengan lima…
Sepuluh dikurang lima sama dengan lima…

Wahai kamu anak pemuda…
Jadilah orang yang taat agama…

3. Pantun Nasehat untuk Orang yang Tidak Shalat

Pagi-pagi makan bakwan…
Paling enak pakai sambal tomat…

Jangan bangga rupa menawan…
Bersyukurlah dengan rajin shalat…

4. Pantun Nasehat untuk Menjaga Diri

Buah durian buah berduri…
Untuk di makan di waktu istirahat…

Wahai anak jagalah diri…
Karena Allah maha melihat…

5. Pantun Nasehat untuk Wanita Cantik

Kota Pekalongan kotanya batik…
Batiknya bagus dan berkualitas…

Wahai kamu si gadis cantik…
Menjauhlah dari pergaulan bebas…

6. Pantun Nasehat untuk Teman

Langit yang cerah tidak berawan…
Langit yang mendung tertutup awan…

Bolehlah kita mencari kawan…
Asal jangan yang seperti setan…

7. Pantun Nasehat untuk Anak

Tukang rames memasak nasi…
Nasi liwet nasi kebuli…

Wahai anak bersihkan hati…
Jauhkan sifat dengki dan iri hati…

8. Pantun Nasehat untuk Mengingat Mati

Bunga mawar untuk si dia…
Dia senang senyum sendiri…

Jangan bangga dengan wajah cantik…
Karena semua orang bakalan mati…

9. Pantun Nasehat Remaja

Selamat pagi selamat bekerja…
Selamat malam selamat tidur…

Hai kamu anak remaja…
Ayo bergerak jangan menganggur…

10. Pantun Nasehat Kehidupan

Makan roti pukul delapan…
Minum panas jangan ditiup…

Jangan pernah putus harapan…
Ayo semangat jalani hidup…

5. Pantun Romantis

Pantun Romantis
Sumber: google

Pantun romantis sebanarnya sangat berkaitan dengan pantun cinta. Hanya saja, pantun romantis bertema lebih spesifik dan hanya berisi hal-hal yang romantis saja. Jadi pantun ini lebih dikhususkan untuk orang-orang yang sudah memiliki pasangan hidup.

Di dalam sebuah hubungan cinta, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjadikan hubungan selalu romantis dan semakin romantis. Tidak harus membeli sesuatu dengan harga yang murah apalagi yang mahal untuk meromantiskan suatu hubungan asmara.

Dengan sebuah pantun yang indah dan romantis juga bisa membuat suasana menjadi lebih romantis di dalam suatu hubungan asmara. Pantun yang seperti apa? Bisa lihat dan baca contoh-contoh pantun romantis di bawah ini.

Contoh Pantun Romantis

Contoh Pantun Romantis
Sumber: arif.rahman

1. Pantun Romantis untuk Kekasih

Dia dan dia sama dengan mereka…
Ibu dan Ayah sama dengan orang tua…

Aku dan kamu adalah cinta….
Cinta tiada dua cinta selamanya…

2. Pantun Romantis Gombal

Jalan-jalan ke kota tua…
Tidak lupa selfi-selfi bersama…

Disangka bidadari dari surga…
Ternyata kekasihku tercinta…

3. Pantun Romantis buat si Dia

Siang-siang minum es kelapa muda…
Rasanya sungguh segar luar biasa…

Ingin sekali ku sampaikan pada si dia…
Bahwa aku di sini sangat merindukannya…

4. Pantun Romantis Lucu bikin Pasangan Tersenyum Indah

Pak Mimin punya burung…
Burungnya besar bertelur dua…

Jangan mikir lama atau yang engga-engga…
Mari kita mulai bercinta…

5. Pantun Romantis untukmu

Beli baju warnanya biru…
Untuk dipakai di tahun baru…

Wahai gadis siapa namamu…
Bolehkah aku kenalan denganmu…

6. Pantun Romantis Sekali

Makan siang sama si Ibu…
Jam dua belas di warung Pak Danu…

Sungguh sayang ku merindukanmu…
Siang malam terbayang wajahmu…

7. Pantun Romantis paling Indah

 Setelah hujan ada pelangi…
Warnanya cerah indah sekali…

Wahai pujaan sungguh ku sangat  menanti…
Menanti hari pernikahan nanti…

8. Pantun Romantis Kocak bikin Kekasih Tak Berdaya di Hadapanmu

Kota London Kota Paris…
Kotanya besar dan juga indah…

Sayangku paling manis…
Mau ngga ku ajak nikah…

9. Pantun Romantis bikin Kekasih Luluh di Hadapanmu

Indahnya bintang menghiasi malam…
Indahnya mentari menghiasi pagi…

Langkah terhenti kaki pun diam…
Melihat kamu manis sekali…

10. Pantun Romantis bikin Greget Pasangan

Jalan-jalan ke Kota Bali…
Jangan lupa untuk berselfi…

Lihat mantan sedang sendiri…
Sungguh aku terpesona lagi…

6. Pantun Anak Anak

Pantun anak
Sumber: google

Pantun anak adalah pantun yang isinya bertemakan nuansa anak-anak. Jadikan bukan lagi tentang cinta apa lagi romantis-romantisan. Namun jika dengan pantun nasehat, pendidikan, dan pantun jenaka atau pantun lucu tentu masih bisa dikaitkan.

Misalkan pantun nasehat, kenapa bisa dikaitkan dengan pantun anak? Karena anak membutuhkan nasehat. Dan untuk menasehati anak sangat bagus dengan menggunakan pantun. Karena menasehati dengan media atau cara yang disukai anak akan lebih mudah diterima.

Begitu juga dengan pantun pendidikan dan pantun jenaka. Usia anak-anak sangat membutuhkan pendidikan dan juga hal-hal yang lucu. Baik tidak usah panjang lebar, langsung saja ke contoh-contohnya.

Contoh Pantun Anak Anak

Contoh Pantun Anak
Sumber: slideshare

1. Pantun Anak tentang Pendidikan 1

Alat musik petik namanya gitar…
Gitar dipetik sambil bernyanyi…

Jika kamu ingin jadi anak pintar…
Rajinlah membaca setiap hari…

2. Pantun Anak tentang Pendidikan 2

Pergi ke sawah memanen padi…
Membawa nasi dan air panas…

Sesama teman saling menghormati…
Bukan membenci atau menindas…

3. Pantun Anak tentang Pendidikan 3

Anak rajin juara kelas…
Ibu gembira senang sekali…

Jadi anak yang sabar dan ikhlas…
Jangan meminta tapi memberi…

4. Pantun Anak tentang Pendidikan 4

Ibu Siti sedang gelisah…
Anaknya sakit terkena palu…

Jika ada teman yang susah…
Maka kita harus membantu…

5. Pantun Anak tentang Pendidikan 5

Gadis cantik pakai kerudung…
Pergi ke warung membeli tepung…

Semenjak kecil rajin menabung…
Ketika besar jadi beruntung…

6. Pantun Anak Lucu 1

Tidur siang tidur malam…
Paling enak sambil dengar dongeng…

Sudah naik ke kelas enam…
Sudah besar kok masih cengeng…

7. Pantun Anak Lucu 2

Kue roti kue brownis…
Makan lontong sama sayur terong…

Aku tahu kamu anak yang manis…
Tapi sayang giginya ompong…

8. Pantun Anak Lucu 3

Pergi sekolah pakai sepatu…
Jangan lupa bawa bolpoin…

Aku punya teman yang lucu…
Udah gede makan disuapin…

9. Pantun Anak Lucu 4

Belajar nyanyi sambil menari…
Suara merdu bagus sekali…

Aku ganteng pakai sekali…
Tapi kenapa kok jarang mandi…

10. Pantun Anak Lucu 5

Liburan ke kota Garut…
Jangan lupa membeli dodol…

Pagi-pagi udah cemberut…
Sudah gede tapi suka ngompol…

7. Pantun Agama

Pantun agama adalah jenis pantun yang isi temanya tentang agama. Pantun agama atau religi, merupakan jenis pantun yang isinya mengandung nilai-nilai moral, mendidik, dan bisa juga sebuah nasehat.

Di dalam kehidupan di dunia ini, semua manusia sejatinya membutuhkan agama. Karena fitrahnya manusia memiliki rasa ingin menyembah dan menuhankan sesuatu. Karena sebebas-bebasnya hidup manusia, pasti tidak luput dari rasa tidak senang, galau, gelisah, dan tidak tenang.

Perasaan-perasaan tersebut membuktikan bahwa kita manusia adalah makhluk yang lemah. Makhluk yang membutuhkan pertolongan, makhluk yang hidup dalam di dunia dan akan mati meninggalkan dunia. Segala sesuatu yang lengkap tertata rapi pasti memiliki aturan. Begitu juga dengan dunia ini yang sudah lengkap tertata rapi.

Baiklah, tidak panjang lebar kita langsung saja ke contoh-contoh pantun agama berikut ini.

Contoh Pantun Agama

1. Pantun Agama “Kunci Bahagia”

Sungguh indah bulan purnama…
Bersinar terang ke arah bumi…

Siapa ingin hidup bahagia…
Amal ibadah adalah kunci…

2. Pantun Agama “tentang Ketaatan”

Pergi ke masjid naik sepeda…
Pergi haji naik pesawat…

Barangsiapa taat agama…
Hidup lurus tidak tersesat…

3. Pantun Agama “Jangan Merugi”

Orang pintar menjaga diri…
Orang bodoh menjual diri…

Rajin mengaji setiap hari…
Jika ingin tidak merugi…

4. Pantun Agama “Beriman”

Ada bintang ada bulan…
Ada siang ada malam…

Jika kita orang beriman…
Kasih sayang Tuhan tak pernah padam…

5. Pantun Agama “Jangan Maksiat”

Jaga mata jaga pandangan…
Agar mata tetap terawat…

Jika ingin di sayang Tuhan…
Jangan pernah berbuat maksiat…

6. Pantun Agama “Taubat”

Hari lebaran ada ketupat…
Hari raya juga harus shalat…

Ayo sobat mari bertaubat…
Jangan menunggun ajal mendekat…

7. Pantun Agama “Bersyukur”

Anak pak haji namanya Fatur…
Nasi lembut namanya bubur…

Jika hidup di dunia makmur…
Jangan lupa selalu bersyukur…

8. Pantun Agama “Orang Jujur”

Panjatkan do’a sebelum tidur…
Semoga besok do’a terkabul…

Orang pintar orang yang jujur…
Orangnya baik tak pernah ngibul…

9. Pantun Agama “Penyesalan”

Orang beriman tak percaya jimat…
Meski percaya itu benda sesat…

Ayo kawan cepatlah taubat…
Jangan menunggu hari kiamat…

10. Pantun Agama “Nasehat”

Bunga melati harum baunya…
Bunga bangkai busuk baunya…

Janganlah kamu cinta dunia…
Karena dunia ini hanya sementara…

8. Pantun Teka Teki

Pantun teka-teki adalah jenis pantun yang memuat sebauh permainan tanya jawab dalam bentuk karya sastra. Pantun ini tergolong pantun yang sangat menarik. Pasalnya ini merupakan jenis pantun yang menantang untuk mengasah otak.

Ciri utamanya yaitu terdapat pertanyaan di dalam isi pantun dengan jawaban yang sangat menarik dan menantang untuk dijawab. Umumnya, pertanyaan akan diletakan dibagian akhir pantun.

Semakin menarik dan berkesan jenis bahasa yang dipakai dalam pantun ini kebanyakan adalah bahasa kiasan. Sehingga sangat menghibur dan bagus untuk mengasah otak kita. Lebih menariknya lagi, pantun ini cocok untuk semua usia.

Contoh Pantun Teka Teki

1. Pantun Teka Teki dengan Jawabannya 1

Dunia ini memanglah kejam…
Harus berani ambil tujuan…

Binatang apa giginya tajam…
Bila berjalan sambil tiduran…

(Jawab: Buaya)

2. Pantun Teka Teki dengan Jawabannya 2

Pergi memancing di pagi hari…
Tak dapat ikan dapatnya udang…

Ayo tebak apakah ini…
Terus bertambah tak pernah kurang…

(Jawab: Usia)

3. Pantun Teka Teki dengan Jawabannya 3

Lihat ulat di atas bunga…
Ulatnya sedih karena hujan…

Bulat-bulat apa namanya…
Harganya murah enak di makan…

(Jawab: Bakso)

4. Pantun Teka Teki dengan Jawabannya 4

Jual nasi di tengah kota…
Nasinya laku harganya murah…

Kamu tahu siapakah dia…
Kemana-mana membawa rumah…

(Jawab: Kura-kura)

5. Pantun Teka Teki dengan Jawabannya 5

Jalan-jalan ke Taman Mini…
Melihat orang minta sumbangan…

Kalau pintar jawablah ini…
Berkaki dua tak punya tangan…

(Jawab: Ayam)

6. Pantun Teka Teki Berbalas 1

Naik mobil ke Taman Mini…
Biar ga macet lewat jalan tol…

Kalau kamu pintar jawablah ini…
Apa kepanjangan DEPOL…

Balas:

Pergi ke warung untuk membeli…
Beli minuman yang pakai botol…

Aku yakin dan juga pasti…
Kepanjangan DEPOL (si ade ngompol…)

7. Pantun Teka Teki Berbalas 2

Ayah Ibu dia orang tua…
Orang terbaik di seluruh dunia…

Hai kamu cantik tahukah apa…
Tempat terindah tiada tara…

Balas:

Kakak Adik bersaudara…
Saudara baik saling menjaga…

Hai kamu ganteng ini jawabannya…
Tempat terindah adalah syurga…

8. Pantun Teka Teki Berbalas 3

Jangan sombong jangan berdusta…
Jadilah anak yang baik hati…

Coba tebak apa jawabannya…
Panjang dan cepat tidak berkaki…

Balas:

Jika ingin hidup bahagia…
Jangan pernah menyakiti hati…

Ku kira ular ternyata beda…
Bukan ular tapi kereta api...

9. Pantun Teka Teki Berbalas 4

Orang benar gagah berani…
Tidak pernah takut ataupun panik…

Coba kau tebak aktifitas ini…
Diam diam, tarik menarik…

Balas:

Siang-siang makan nasi…
Lauknya enak pakai sate kambing…

Ini pantun rumit sekali…
Tapi ku tahu jawabannya memancing…

10. Pantun Teka Teki Belum Berbalas

Bulet-bulet oh bola mata…
Pemberian indah dari Yang Kuasa…

Benda apa nempel di telinga…
Jika dipakai jelas jadinya…

Balas: ?

Kira-kira apa jawaban pantun di atas? Buat pembaca yang pintar dan cerdas, kami persilahkan corat-coret di kolom komentar untuk menjawab pantun belum berbalas tersebut. Jika benar semoga anda orang yang beruntung.

Demikian kumpulan contoh pantun di artikel ini. Mulai dari pantun jenaka atau pantun lucu, sampai dengan pantun teka-teki yang belum berbalas. Untuk penjelasan mengenai pengertian pantun, ciri-ciri, sampai jenis-jenis pantun, semoga bisa membantu anda untuk belajar berpantun. Jika tahu ilmunya, semua itu mudah. Benar bukan? Baca juga cara melacak no hp lewat Google Maps.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.