Jenis Virus Komputer dan Cara Mengatasinya

Bukan hanya makhluk hidup saja yang dapat terjangkit virus, komputer pun juga bisa terjangkit virus. Apa itu virus komputer? Apa saja dampak negatifnya dan ada berapa jenis virus komputer itu?

Virus komputer ialah program atau aplikasi yang dapat menggandakan dirinya sendiri dan menyebar pada program dan data lainnya dengan cara menyisipkan diri.

Dan pada kejadian ini, biasanya user tidak menyadari jika komputernya sudah terserang virus sampai salah satu data hilang yang tidak bisa dijalankan.

Pada umumnya jenis virus komputer di buat untuk hal yang tidak menguntungkan. Ketika memori menjadi kecil, maka akan terjadi hank atau freeze. Dampak yang paling fatal ialah dapat mencuri data pribadi hingga merusak hardware pada komputer.

Dampak Buruk Beragam Jenis Virus Komputer

Jenis Virus Komputer
Sumber: i1.wp.com

Jenis virus komputer memiliki dampak buruk bagi komputer itu sendiri. Ketika virus memperbanyak dirinya sendiri, membuat penggunaan memori komputer anda menjadi berkurang hampir 95% pada sistem operasi windows.

Tidak hanya windows, beragam jenis virus komputer juga dapat menyerang linux/GNU,os/2 IMB, mac free BSD, dan sun operating sistem. Dan virus ganas akan menyerang dan merusak perangkat keras komputer anda.

Data-data penting yang tersimpan bisa hilang begitu saja, serta membuat kinerja pada komputer anda menjadi lamban. Ketika ini sudah terlanjut terjadi, siapa yang tidak kesal bukan?

Jenis Virus Komputer dan Cara Mengatasinya

Jenis Virus Komputer
Sumber: techadvisor.co.uk

Sudahkah anda mengetahui apa saja jenis virus komputer? Penting untuk mengetahui apa saja jenis virus komputer karena setiap jenis virus komputer memiliki bahaya yang berbeda-beda.

Beragam jenis virus komputer tersebut juga mempunyai cara untuk mengatasi yang beragam pula. Pertanyaan-pertanyaan anda di atas akan di ulas di bawah ini, berikut jenis virus komputer dan cara mengatasinya:

A. Virus Komputer Trojan dan Cara Mengatasinya

Jenis virus komputer yang paling familiar ditelinga pengguna komputer ialah jenis virus trojan. Virus trojan merupakan salah satu jenis virus yang dapat mencuri data-data yang ada di perangkat komputer.

Dari mana munculnya jenis virus ini? Biasanya jenis virus tersebut karena internet dan email yang diterima oleh user. Untuk mengatasi jenis virus ini biasanya anda dapat menggunakan sofware trojan remover.

B. Virus Worm dan Cara mengatasinya

Jenis virus komputer yang kedua ialah virus wrom. Jenis ini merupakan virus yang tergolong berbahaya. Mengapa demikian? Karena virus ini dapat berkembang biar serta bereproduksi secara cepat.

Ketika anda membiarkan virus ini, maka pada kapasitas hard disk anda akan penuh oleh file-file sampah. Sangat merugikan bagi pemilik komputer.

Untuk mengatasi serangan virus worm, dapat anda lakukan dengan melakukan scanning. Anda dapat menggunakan antivirus seperti AVG, Avira dan sebagainya.

C. Virus Memory Resident dan Cara Mengatasinya

Selanjutnya ialah virus memory resident, yang merupakan virus yang dapat menginfeksi memori komputer anda. Membuat kinerja pada komputer anda menjadi lemot atau lamban, dan membuat pekerjaan anda memakan waktu yang agak lama.

Virus ini aktif ketika anda menyalakan komputer. Bagaimana mengatasi virus jenis ini? Cara mengatasinya anda dapat menggunakan antivirus contohnya seperti Avira, Avast dan lain-lainnya.

D. Virus Web Scripting dan Cara Mengatasinya

Jenis virus yang ke empat ialah web scripting. Virus ini muncul jika anda menghubungkan komputer anda dengan internet.

Virus jenis ini biasanya mempunyai kode program yang dipergunakan agar membuat tampilan website menjadi menarik.

Namun hal ini akan menggangu program anda. Dengan menginstall Microsoft Tool maka dapat mengatasi jenis virus ini. Lakukan secara displin agar nantinya hasil yang akan didapat juga maksimal.

E. Virus Multipartite dan Cara Mengatasinya

Virus ini terdiri dari beberapa file yang dapat menginfeksi pada sistem oprasi tertentu di komputer anda. Persembunyian virus multipartite ini biasanya di RAM dan Hard disk komputer.

Cara mengatasinya ialah dengan melakukan defrag hard disk dengan disiplin atau teratur. Setelah itu anda juga masih perlu menggunakan disk defragmenter.

F. Virus FAT dan Cara Mengatasinya

Virus File Allocation Table (FAT) ialah virus yang mampu merusak file-file anda. File yang sudah terjangkit virus FAT ini seakan akan hilang, padahal file tersebut disembunyikan.

Jika anda merasa ada beberapa file anda yang hilang secara tiba-tiba, bisa saja disebabkan oleh virus FAT. Sama seperti virus lainnya, cara mengatasinya dengan menggunakan antivirus.

G. Virus Companion dan Cara Mengatasinya

Pada jenis virus ini, hal negatif yang di dapat jika terserang virus ini ialah data pribadi akan terganggu. Persembunyian virus ini ialah di dalam hardisk.

Virus ini memiliki kemampuan membuat ekstensi yang berbeda dari ekstensi file asli anda. Biasanya ada di file baru yang berlokasi di dalam hardisk. Dan cara mengatasi jenis virus tersebut anda dapat menginstall scan antivirus dan bisa juga mengunduh firewall.

Cegah Beragam Jenis Virus Komputer dengan Tips Berikut Ini

Anti Virus
Sumber: cdn.idntimes.com

Jenis virus komputer sudah anda ketahui, dan semua jenis virus tersebut sangat merugikan komputer kita. Kinerja kita semakin lamban dan tidak efisien.

Bukan hanya komputer yang dapat tersrang virus, alat elektronik lainnya juga bisa terjangkit virus seperti smartphone. Berikut ini kami paparkan tips mudah mencegah serangan beragam jenis virus komputer:

1. Batasi Penggunaan Flasdisk dan Memory Eksternal Lainnya

Tisp pertama dalam mencegah virus komputer ialah anda harus waspada dengan menggunakan memory eksternal seperti flasdisk. Siapa yang tahu bahwa flasdisk anda menjadi tempat sarang virus komputer.

Dan hal tersebut pastilah dapat merugikan anda serta komputer anda. Pastikan flasdisk atau perangkat memori eksternal anda aman dari virus.

Flasdisk yang keluar masuk komputer umum seperti warnet umumnya sudah dimasuki beragam jenis virus komputer.

2. Teliti Ketika Mendownload File di Internet

Ketika anda sedang mencari sebuah informasi untuk tugas maupun diri sendiri, maka mau tidak mau akan mendownload file-file yang dibutuhkan.

Dan hal ini pasti terhubung dengan internet, sedangkan internet merupakan media yang terbesar dari serangan jenis-jenis virus yang ada. Biasanya terdapat di iklan undian yang di internet yang merupakan sebuah penipuan. Jenis virus yang dapat menyerang komputer anda ialah virus trojan dan worm.

3. Aktifkan Firewall Komputer Anda

Solusi yang terakhir ialah saran yang dapat kami berikan, yakni untuk mencegah adanya virus yang akan menyebar ke komputer anda dengan mengaktifkan Firewall. Dengan mengaktifkan ini, hacker akan susah masuk ke komputer anda dengan mengatur filter setting.

Cara Mengatasi Beragam Jenis Virus Komputer yang Menyerang Browser

Cara mengatasi Virus Komputer
Sumber: JalanTikus

1. Uninstall Aplikasi Plugin yang Tidak Wajar

Apakah ada aplikasi plugin di komputer anda, padahal anda tidak pernah menginstallnya? Jika ada, lebih baik anda hapus atau uninstall plugin tersebut.

Cara mengetahui adanya aplikasi yang tidak wajar dengan mengklik ekstensi, dan cek apakah ada aplikasi yang aneh. Baca juga pengertian aplikasi.

2. Periksa Program yang Terinstall di Control Panel

Pernahkah ada kejadian dimana control panel anda terinstall dengan sendirinya? Hal ini dapat menyebabkan browser anda terjangkit virus, dan virus itu sangat merugikan komputer anda. Sebaiknya anda mengecek ulang kapan terakhir anda menginstall program untuk komputer anda.

Ketika sudah anda cek, sebaiknya anda sort program terkahir yang anda install sendiri, jika terdapat kejanggalan maka sebaiknya anda hapus secara permanen atau anda uninstal program tersebut. Karna jika dibiarkan akan menjangkit komputer anda dan dalam beberapa waktu akan semakin parah.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.