Pengertian Aplikasi, Jenis, dan Fungsinya [Jelas, Singkat, dan Lengkap]

Secara umum pengertian aplikasi atau sering disebut sebagai perangkat lunak (software) yang digunakan saat mengoperasikan komputer ialah alat terapan yang digunakan secara terpadu sesuai dengan keterampilan yang dimilikinya.

Software atau perangkat lunak merupakan perlengkapan komputer yang siap digunakan untuk user pada komputer.
Penggunaan software ini seringkali dikombinasi dengan kemampuan komputer yang lain.

Namun kombinasi bisanya tidak dilakukan secara langsung agar bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas yang dapat menguntungkan pemakai komputer.

Itu adalah sedikit penjelasan pengertian dari aplikasi secara umum. Ada beberapa pengertian tentang aplikasi lainnya yang tentunya perlu anda ketahui juga. Apa saja pengertian aplikasi tersebut? Silahkan baca pengertian-pengertian aplikasi di bawah ini.

Pengertian Aplikasi Menurut Para Ahli

Pengertian Aplikasi Menurut Para Ahli
Sumber: vimeo.com

Aplikasi atau sering disebut sebagai suatu program perangkat lunak yang dijalankan pada suatu sistem dengan tujuan mempermudah pekerjaan manusia. Ada beberapa pengertian aplikasi yang dikemukakan oleh para ahli, antara lain:

1. Aplikasi menurut Ali Zaki dan Smidev Community

Aplikasi ialah suatu komponen yang dapat dimanfaatkan sebagai media untuk mengelola suatu data atau file.

2. Aplikasi menurut Sri Widianti

Aplikasi menurut Sri Widianti ialah suatu software atau perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola suatu data mentah menjadi sebuah informasi yang dapat bermanfaat bagi sistem yang berkaitan dan para penggunanya.

Pengertian dari Sisi Kemajuan Teknologi Masa Kini

Pengertian Aplikasi Menurut Teknologi Terkini
Sumber: integrasi.science

Dengan kemajuan jaman yang semakin pesat memicu meningkatnya jumlah pengguna aplikasi. Meskipun begitu, banyak yang masih belum paham arti dari pengertian aplikasi yang sebenarnya.

Seiring berkembangnya kemajuan jaman, aplikasi dibagi menjadi tiga jenis yaitu aplikasi desktop, aplikasi web, dan aplikasi mobile.

Aplikasi desktop ialah aplikasi yang hanya dapat digunakan pada komputer. Sedangkan aplikasi web ialah aplikasi yang dapat digunakan apabila ada jaringan internet.

Ketiga ialah aplikasi mobile yaitu aplikasi yang dapat digunakan pada aplikasi mobile saja. Berjalanya suatu aplikasi dapat berjalan dengan dioperasikan oleh OS (Operating System) yang ada pada perangkat tersebut.

Pengertian Aplikasi Mobile

Pengertian Aplikasi Mobile
Sumber: dewina-journal.foutap.com

Pengertian dari aplikasi mobile ialah suatu perangkat lunak atau sering disebut software yang dirancang untuk mempermudan pekerjaan manusia.

Aplikasi juga digunakan untuk memecahkan suatu masalah secara akurat. Aplikasi mobile adalah suatu aplikasi dengan tujuan seorang pengguna aplikasi tersebut dapat menggunakan aplikasi tanpa mengurangi kegiatanya seperti berjalan, dan berpindah tempat.

Aplikasi pada handphone merupakan salah satu contoh aplikasi mobile. Dengan aplikasi mobile ini pengguna dapat melakukan pengolahan data, belajar, bahkan melakukan komunikasi dengan orang lain secara leluasa dan tanpa batasan ruang gerak.

Contoh Aplikasi Komputer dalam Kehidupan Sehari hari

Contoh Aplikasi Komputer
Sumber: cara-terkini

Pengertian aplikasi dari komputer dan beberapa contoh yang dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari, antara lain:

1. Aplikasi Pengolah Kata

Aplikasi pengolah kata biasanya digunakan manusia untuk mengolah kata. beberapa aplikasi pengolah kata yang umum digunakan seperti: Microsoft Word, OpenOffice Writer, dan Star Office Writer.

2. Aplikasi Pengolah Angka

Aplikasi pengolah angka merupakan jenis aplikasi yang digunakan untuk mengolah berbagai jenis angka, dengan aplikasi tersebut pengguna dapat melakukan pengurangan, penambahan, dan pembagian angka secara cepat dan juga mendapatkan hasil perhitungan yang tepat. Contoh aplikasi yang sering digunakan ialah: Microsoft Excel.

3. Aplikasi Multimedia

Jenis aplikasi multimedia ini digunakan dalam pengolahan beberapa jenis media informasi seperti teks, gambar, video, audio, grafik, tabel dan banyak lagi. Contoh aplikasi yang digunakan dalam aplikasi multimedia seperti: Windows Movie Marker dan Adobe Flash Player.

Perkembangan Jenis Aplikasi Berdasarkan Medianya

Aplikasi Masa Kini
Sumber: hipertextual.com

Perlu adanya pemahaman tentang pengertian dari aplikasi yang lebih mendalam baik secara umum maupun secara khusus.

Dalam kehidupan sehari-hari di jaman yang serba canggih ini tentunya manusia tidak dapat lepas dari yang namanya program aplikasi.

Apalagi bagi para pekerja kantoran, mahasiswa, wartawan serta pekerja lain yang diwajibkan selalu up date informasi tentunya sangat membutuhkan adanya program aplikasi.

Dalam perkembanganya, pengertian aplikasi dibagi mejadi tiga yaitu aplikasi desktop, aplikasi web, dan aplikasi mobile.

Adapun penjabaran dari aplikasi desktop ialah aplikasi yang dijalankan pada komputer, sedangkan aplikasi web ialah jenis program aplikasi yang dapat dijalankan hanya saat terdapat koneksi internet , dan yang terakhir adalah program aplikasi mobile yaitu aplikasi yang dapat dijalankan pada perangkat mobile.

Ciri – Ciri Aplikasi yang Berkualitas Tinggi

Ciri ciri Aplikasi Berkualitas
Sumber: developers-id.googleblog.com

Suatu aplikasi yang baik harus dapat berjalan dengan baik di berbagai perangkat dengan hanya di operasikan oleh OS (Operating Sistem) yang ada pada perangkat tersebut. Beberapa tanda dan ciri khusus pada jenis aplikasi yang berkualitas tinggi, antara lain:

  • Aplikasi dapat memenuhi kebutuhan user
  • Aplikasi dapat merespon perintah dengan cepat dan tepat
  • Aplikasi dapat berjalan diberbagi platform
  • Aplikasi membutuhkan resource (prosesor, memori, media penyimpanan) yang rendah.

Fungsi Aplikasi bagi Kehidupan Masyarakat Modern

Fungsi Aplikasi Bagi Kehidupan
Sumber: renirenofa – WordPress.com

Ada banyak keuntungan dan fungsi yang didapatkan dari penggunaan aplikasi secara bijak. Beberapa fungsi aplikasi yang haris dipahami oleh masyarakat antara lain:

1. Fungsi Aplikasi bagi Dunia Pendidikan

Dalam dunia pendidikan, penggunaan aplikasi dapat dijadikan solusi untuk menciptakan suasana nyaman dan hasil yang maksimal. Membuat penyajian materi dengan animasi yang lebih menarik menjadi salah satu contohnya.

2. Fungsi Aplikasi bagi Dunia Kedokteran

Penggunaan aplikasi dalam dunia kedokteran juga dianggap sangat penting, dengan adanya aplikasi, dokter dapat mendiagnosa penyakit secara cepat dan tepat. Sehingga penanganan terhadap penyakit juga dapat dilakukan sedini mungkin.

3. Fungsi Aplikasi bagi Dunia Bisnis

Penggunaan aplikasi dalam dunia bisnis memang sangat dibutuhkan, aplikasi biasanya digunakan seorang pengusaha untuk menghitung laba rugi agar dapat menghitung dengan cepat dan hasil yang tepat.

4. Fungsi Aplikasi bagi Dunia Ilmu Pengetahuan

Fungsi aplikasi dalam dunia pengetahuan tentu mempermudah kita untuk mendapatkan informasi yang berhubungan dengan ilmu pengetahua. Adanya aplikasi dapat memperluas ilmu pengetahuan masyarakat pengguna aplikasi tersebut.

5. Fungsi Aplikasi bagi Dunia Militer

Dalam dunia militer aplikasi dikembangkan lagi dalam bidang pertahanan. Seperti kegiatan pengontrolan pesawat sudah tidak dilakukan secara manual. Sehingga untuk hasil yang didapatkan lebih maksimal.

Contoh Aplikasi yang Paling Sering Digunakan Hampir Setiap Orang

Aplikasi Populer
Sumber: BGR.com

Mengingat kebutuhan manusia yang semakin banyak, penggunaan program aplikasi juga disesuaikan kebutuhan masing-masing individu. Berikut beberapa jenis aplikasi yang paling sering digunakan oleh setiap orang:

  1. Adobe Reader, adalah jenis aplikasi yang digunakan untuk membaca dokumen, seperti: doc, .doocx, .dan .pdf.
    Cleaner, jenis aplikasi yang digunakan untuk membersihkan file samppah dari komputer atau handphone guna meningkatkan kinerja peragkat tersebut.
  2. Game, aplikasi ini digunakan khusus untuk hiburan.
  3. Google Chrome, Mozilla Firefox, pengertian aplikasi tersebut ialah aplikasi yang digunakan untuk menjelajah dunia internet.
  4. Instagram, jenis aplikasi yang digunakan untuk membagi foto dan juga video kepada orang lain.
  5. Internet Download Manager, salah satu jeniis aplikasi yang berguna untuk mempercepar proses download.
  6. Microsoft Word, jenis aplikasi yang digunakan untuk mengolah kata, mengetik dan mengedit dokumen.
  7. Microsoft Excel, aplikasi yang digunakan untuk mengolah data dan menghitung angka secara cepat.
  8. Microsoft Powerpoint, aplikasi yang digunakan untuk menampilkan data yang bersifat prefentif.
  9. Smadav, Avast, jenis aplikasi yang digunakan untuk melindungi komputer dan perangkat anda dari malware dan virus.
  10. Shareit, aplikasi yang digunakan untuk mentransfer file atau data ke perangkat lain.
  11. SPSS, aplikasi ini digunakan untuk mengelola data statistik.
  12. Adobe Photoshop, Corel Draw, jenis aplikasi ini khusus untuk mengelola gambar.
  13. Sound Recorder, aplikasi yang digunakan untuk merekam suara.
  14. WhatsApp, salah satu jenis aplikasi yang digunakan untuk melakukan komunikasi dengan rang lain.
  15. Winamp, GOM Player, Windows Media Player, jenis aplikasi pemutar lagu atau video.

Oke, itulah pembahasan kita di artikel ini tentang pengertian aplikasi. Dari pembahasan di atas tentunya anda sudah mendapat pencerahan tentang apa itu aplikasi. Terima kasih sudah berkunjung di situs sepedaku.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.