Pengertian Bank Sentral Lengkap dengan Fungsi dan Tujuannya

PENGERTIAN BANK SENTRAL – Apa kabar pembaca yang terhormat? Kali ini di Gallery Sepedaku akan membahas tentang pemahaman mengenai Bank Sentral. Meliputi pengertian, fungsi, tujuan, dan tugas dari bank sentral.

Selain itu, di sini juga akan membahas apa perbedaan dari bank sentral dengan bank pada umumnya. Tentunya hal ini juga penting untuk diketahui. Baik, mari kita langsung ke pembahasannya.

Pengertian Bank Sentral secara Umum

Pengertian Bank Sentral
Sumber: fakt

Setiap negara pasti memiliki bank sentralnya masing-masing misalnya saja negara Amerika yang memiliki bank sentral bernama Federal Reserve Sistem atau the Feed indonesia juga memiliki bank sentralnya sendiri yakni Bank Indonesia.

Apa itu pengertian Bank Sentral? Pengertian Bank Sentral adalah lembaga yang memiliki peran yang sangat penting untuk perekonomian di suatu negara.

Di setiap negara memiliki bank sentral, seiring dengan perkembangan perekonomian di dunia. Adapun pengertian Bank Sentral lainnya ialah Bank Sentral merupakan lembaga yang bertanggung jawab atas kebijaksanaan moneter pada negara tersebut. Itulah pengertian bank sentral yang dapat menjadi pemahaman baru anda.

Pengertian Bank Sentral dari Segi Kestabilan Moneter

Pengertian Bank Sentral Secara Umum
Sumber: kabarmas

Bank Sentral pada awalnya berkembang dari Bank Komersial yang bertanggungjawab untuk menerbitkan uang kertas dan bertindak sebagai bankir dan agen pemerintah atau yang dikenal sebagai bank sirkulasi. Selanjutnya Bank Sirkulasi mengalami perubahan dengan tujuan menjaga kestabilan moneter.

Pada era modern saat ini tidak adanya lagi bank sentral yang berfungsi sebagai bank komersial. Dan seluruh bank sentral berfungsi sebagai otoritas moneter.

Sehingga sebagian dari bank sentral memiliki fungsi tambahan sebagai pengawas bank dan pengatur bank serta sebagai penanggung jawab terlaksananya sistem pembayaran. Kepemilikan bank sentral dapat dimiliki oleh pemerintah maupun swasta.

Perbedaan Pengertian Bank Sentral dan Pengertian Bank Umum

Perbedaan Bank Sentral dan Bank Umum
Sumber: tentang bank

Setelah membahasa tentang pengertian bank sentral, maka akan dijelaskan tentang perbedaan bank sentral dan bank umum, berikut perbedaannya:

  1. Bank sentral hanya ada satu saja dalam suatu perekonomian sengan untuk bank umum jumlanya cukup banyak dalam suatu lembaga perekonomian.
  2. Bank sentral itu sendiri dikuasai oleh pemerintah sedangkan bank umum banyak dimiliki oleh pihak dari swasta
  3. Tujuan bank sentral didirikan ialah sebagai pengawas dan mengatur kegiatan bank umum serta lembaga keuangan yang lain. Dan bank sentral ini juga membantu pemerintah untuk menciptakan kegiatan ekonomi yang stabil dan tinggi sedang untuk bank umum berguna menghasilkan serta memberikan keuntungan untuk pemiliknya.
  4. Bank umum tidak memiliki hak untuk mencetak uang seperti yang dilakukan oleh bank sentral yang memiliki hak sebagai pencetak uang negara. Wewenang ini tentunya ditentukan sendiri oleh pemerintah yang berwenang sesuai undang-undang yang berlaku.

Fungsi Bank Sentral menurut Undang Undang

Fungsi Bank Sentral
Sumber: kumpulanartikelpendidikan

Setelah mengetahui pengertian Bank Sentral, selanjutnya kita akan membahas tentang fungsiā€“fungsi bank sentral. Berdasarkan pada Undang-undang no. 3 Tahun 2004 yang menjelaskan tentang definisi , fungsi dan tujuan bank sentral di indonesia. Berikut penjelasan fungsi bank sentral:

1. Sebagai Bankir, Agen, dan Penasehat Pemerintah

2. Bank Sentral sebagai Bankir

  • memberikan pinjaman sementara.
  • memelihara rekening pemerintah.
  • menerima poembayaran pajak.
  • memberikan pijaman khusus.
  • melaksanakan transaksi menyangkut jual beli valuta asing (valas).
  • membantu pengedaran surat berharga pemerintah.
  • membantu pembayaran pemerintah dari pusat ke daerah.
  • mengumpulkan dan menganalisis data ekonomi.

3. sebagai Agen dan Penasehat Pemerintah

  • adanya pemberian bantuan dalam bentuk bunga atas jasa hutang yang telah diberikan sebelumnya.
  • sebagai penyampai informasi terkait kondisi kestabilan keuangan berupa pasar uang hingga pasar modal.
  • bertugar sebagai pengelola terhadap hutang untuk skala nasional.

4. Melancarkan Pembayaran

  • menyelenggarakan kliring antar bank umum.
  • menciptakan uang kartal.

5. Memelihara Cadangan Devisa Negara

  • eksternal reserve sebagai alat pembayaran international.
  • internal reserve sebagai keperluan jumlah uang beredar.

6. Bank Supervision

7. Prudential Supervision

Segala bentuk pengawasan terhadap beragam jenis bank akan terus dijaga kestabilannya sehingga tetap dapat membantu perlindungan terhadap hak dan kebutuhan masyarakat yang menjadi nasabahnya.

8. Monetary Supervision

Adanya tanggung jawab dalam menjaga kestabilan nilai mata uang negara. Hal ini secara tidak langsung menyatakan bahwa bank dapat di fungsikan sebagai penyangga kebijakan moneter negara yang tentunya melibatkan pemerintah saat itu.

  • Mengawasi kredit memelihara cash reserve bank umum.
  • Sebagai banker dan lender of lash resort.

Tujuan Bank Sentral

Sudah paham tentang pengertian bank sentral? Apakah ada tujuan dari bank sentral itu sendiri? Ya, disini akan dibahas beberapa tujuan bank sentral, yakni tujuan tunggal dari bank sentral menjaga dan memelihara kestabilan nilai rupiah.

Tugas Bank Sentral

Tugas Bank Sentral
Sumber: twitter

Bank sentral mempunyai tugas utama untuk memegang peranannya. Tugas bank sentral ialah:

  • mengatur uang dengan cara menetapkan dan menjalankan berdasarkan kebijakan moneter.
  • Menetapkan cash pemerintah.
  • Menyediakan kredit untuk pemerintah mengatur serta mendorong kelancaran pada sistem pembayaran.
  • Dan produksi membantu melelang dan menjjual surat hutang negara.
  • Mengedarkan uang sebagai alat pembayaran yang sah.
  • Memiliki hak penuh atas produksi uang dan mencetak uang.
  • Memiliki hak tunggal atas pencetakan uang.

Wewenang Bank Sentral menurut Undang Undang

Wewenang Bank Sentral
Sumber: primaradio

Wewenang yang diberikan oleh undang undang dalam melaksanakan tugas tersebut ialah:

  • Termaktub dalam undang-undang bahwa bank sentral mempunyai kewenangan dalam menetapkan hingga melakukan kebijakan moneter negara serta tetap melibatkan pemerintah. Dimana didalamnya juga ada kewenangan untuk menetapkan berapa tingkat cadangan diskonto serta mengelola pembiayaan atau kredit yang telah diajukan secara sah.Menetapkan sasaran moneter dengan memperhatikan laju inflasi. Ā Melakukan pengendalian moneter dengan tidak ada batasan pada operasi pasar terbuka di pasar uang, baik dalam bentuk rupiah maupun valuta asing.
  • Wewenang dengan tugas mengatur serta menjaga kelancaran sistem pembayaran yaitu mewajibkan penyelenggara jasa sistem pembayaran untuk menyampaikan laporan kegiatan. Memberikan persetujuan serta melaksanakan dan izin atas adanya penyelenggaraan sister jasa tersebut. Menetapkan penggunaan alat pembayaran.
  • Adanya kewenangan terhadap pengawasan bank dalam hal pemberian hingga pencabutan perizinan atas lembaga maupun bidang usaha yang didanai oleh bank sentral. Sedangkan wewenang selanjutnya yakni melakukan pengawasan terhadap bank individu maupun badan usaha dengan sistem perbankan. Terakhir yakni mempunyai kewenangan terhadap pengenaan sanksi apabila bank yang dimaksud terbukti menyalahi undang-undang yang berlaku.

Peran Utama Bank Sentral dalam Menjaga Kestabilan Keuangan

Euro Central Bank
Sumber: museumrotterdam

Bank Sentral memiliki lima peran utama dalam menjaga kesetabilan sistem keuangan, kelima peran tersebut ialah:

  • Bank Sentral berperan menjaga kesetabilan moneter melalui instrumen suku bunga dalam operasi pasar terbuka dan kebijakan ini di tuntut secara tepat dan berimbang.
  • Bank Sentral memiliki peran vital dalam hal kinerja keuangan yang sehat khususnya perbankan.
  • Bank sentral memiliki kewenangan untuk menjaga kelancara serta mengatur sisitem pembayaran , bank ini mengembangan sistem mekanisme dan pengaturan untuk mengurangi adanya resiko dalam sistem pembayaran yang semakin meningkat. Antara lain menerapkan sistem p[embayaran yang riel time atau natna sistem RTGS.
  • Bank Sentral melakukan fungsi riset dan pemantauan hasilnya tersebut akan menjadi rekomendari bagi pihak terkait dalam mengambil langkah yang tepat ketika mendapat masalah dalam sektor keuangan.
  • Fungsi utama bank sentral yakni sebagai jaring pengaman atas sistem keuangan untuk mengatasi permasalahan moneter dalam bentuk nilai matang uang maupun nilai modal. Dalam hal ini, di Indonesia sendiri memberikan kewenangan terhadap Bank Indonesia sebagai pemegang kewenangan untuk menjaga kestabilan keuangan negara.

Bagaimana apakah sudah jelas tentang pengertian bank sentral, fungsi-fungi bank sentral, tugas bank sentral, tujuan bank sentral, dan wewenang bank sentral? Semoga pengertian bank sentral dapat memberi wawaswan baru dan pemahaman lebih dalam lagi. Demikianlah pengertian bank sentral lengkap yang sudah dijelaskan, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.