Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar Terbaru [99% Diterima]

CONTOH SURAT LAMARAN KERJA – Apa kabar pembaca Gallery Sepedaku? Apa kabar pembaca Gallery Sepedaku? Anda sedang mencari informasi tentang surat lamaran kerja tulis tangan yang baik dan benar? Atau yang diketik? Di sini ada contoh untuk surat lamaran kerja umum, PT, rumah sakit, Bank, Guru, dan masih banyak lagi. Hal yang dibahas meliputi contoh-contoh, cara membuatnya secara tulis tangan sendiri ataupun ketikan, serta bagaimana cara melamar kerja yang baik dan benar supaya 99% bisa diterima.

Melamar pekerjaan adalah satu-satunya jalan seseorang jika tidak ingin menjadi pengusaha. Namun, bisa juga menjadi langkah awal seseorang untuk menjadi pengusaha. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwasanya di Indonesia masih sangat membutuhkan banyak lapangan kerja. Hal ini bisa dilihat antara pelamar kerja dengan tempat yang dilamar kerja masih tidak sebanding. Sehingga melamar kerja pun semakin susah dan pengangguran pun semakin banyak.

Di tengah rumitnya mencari pekerjaan, seharusnya seseorang berpikir bagaimana agar bisa menjadi pilihan di tengah banyaknya pelamar kerja. Hal pertama yang bisa membuat pelamar kerja menjadi pelamar yang terpilih kerja adalah membuat lamaran kerja yang baik dan benar.

Bagaimana ciri-ciri lamaran kerja yang baik dan benar?

Lamaran kerja yang baik dan benar yaitu lamaran kerja yang memenuhi semua persyaratan yang diminta oleh tempat kerja yang dilamar. Karena umumnya suatu tempat kerja akan menerima lamaran kerja yang memenuhi persyaratan yang diminta. Baik tempat kerja tersebut perusahaan swasta, BUMN, ataupun pegawai pemerintahan.

Persyaratan tersebut biasanya meliputi surat lamaran dan dokumen-dokumen riwayat identitas diri seperti ijazah terakhir, Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Akte Kelahiran, daftar riwayat hidup, kartu kuning, dan lainnya.

Dari semua itu, surat lamaran adalah salah satu persyaratan yang penting dan cukup berpengaruh terhadap diterima atau tidaknya lamaran kerja yang diajukan. Oleh karena itu, penting untuk membuatnya secara baik dan benar supaya memperbesar peluang diterima.

Lalu, bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar? Caranya akan kita jelaskan setelah anda membaca pembahasan tentang surat lamaran pekerjaan yang ada di artikel ini.

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan dan Ketikan

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan 1
Sumber: michiganradio

Surat lamaran untuk melamar kerja adalah lampiran lamaran kerja yang akan dilihat dan dibaca pertama kali oleh bagian HRD personalia. Ada dua jenis teksnya, yaitu teks ditulis tangan dengan teks hasil ketikan. Dari keduanya manakah yang paling recomended?

Sebenarnya keduanya recomended, baik tidaknya yaitu bergantung kepada tempat kerja yang dilamar. Jika tempat kerja yang dilamar meminta surat lamaran ditulis dengan tangan, maka sebaiknya ditulis menggunakan tangan. Dan jika tempat kerja meminta diketik, maka sebaiknya diketik. Contoh surat lamaran kerja tulis tangan dan diketik pada dasarnya tidak ada bedanya. Hanya saja cara menulis dan kertas yang digunakan berbeda.

Namun, ada juga tempat kerja yang dalam mengumumkan persyaratan membuat surat lamaran tidak dijelaskan. Yang seperti ini biasanya bebas, boleh diketik atau di tulis tangan. Bagi HRD personalia, berkas yang satu ini adalah cerminan kepribadian pelamar kerja. Jadi, poin pentingnya adalah kerapian dan kelengkapan surat yang anda buat.

1. Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan 2
Sumber: lowongankerja20

Bagaimana cara membuat surat lamaran untuk melamar pekerjaan yang ditulis tangan bisa bagus di mata HRD personalia?

Tentu yang pertama adalah dari segi tulisannya bisa dibaca apa tidak. Kalau tulisannya saja tidak jelas, misal banyak coretannya, hurufnya tidak jelas, dan lainnya. Tanpa pertimbangan yang lama HRD akan menolak surat yang anda buat. Surat lamaran sebaiknya di tulis di kertas portofolio bergaris dengan keadaan rapi tanpa ada lekukan ataupun lipatan.

Selanjutnya yaitu struktur surat lamaran pekerjaan yang benar. Struktur penulisan surat lamaran yang dimaksud yaitu mulai dari tanggal pembuatan sampai tanda tangan pelamar harus lengkap. Isi suratnya sesuai dengan bagian dan tempat kerja yang dilamar atau tidak.

Tulislah selengkap mungkin dan serapi mungkin dengan standar EYD yang ada. Jangan sampai ada coretan-coretan, dan jangan sampai ada salah kata atau salah huruf pada bagian-bagian penting seperti nama perusahaan dan alamat perusahaan.

Struktur atau Format Surat Lamaran Keja

  1. Alamat dan tanggal pembuatan (Pojok kanan atas).
  2. Lampiran.
  3. Perihal.
  4. Alamat yang dituju.
  5. Salam pembuka.
  6. Isi surat (kata pengantar, biodata pribadi, kemampuan dan pengalaman kerja).
  7. Salam penutup.
  8. Tanda tangan serta nama terang. (Pojok kanan bawah).

Untuk mempermudah dalam membuat surat lamaran ini, anda bisa manfaatkan stuktur atau format di atas. Supaya lebih jelas lagi, bisa anda lihat di contoh surat lamaran kerja tulis tangan berikut ini.

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Contoh Surat Lamaran Kerja
Sumber: i.pinimg

File di atas adalah salah satu contoh surat lamaran kerja yang ditulis tangan. Struktur yang digunakan mungkin ada sedikit perbedaan dengan struktur atau format surat lamaran yang sudah dijelaskan di atas. Tetapi file surat lamaran di atas sudah memenuhi standar yang baik dan benar untuk surat lamaran pekerjaan.

2. Surat Lamaran Kerja Ketikan

Contoh Surat Lamaran Kerja di Ketik
Sumber: jxtgroup

Membuat surat lamaran pekerjaan dengan cara diketik tidak jauh berbeda dengan cara ditulis tangan. Mulai dari struktur dan bahasa yang dipakai tidak ada perbedaan.

Bedanya hanya dicara penulisannya saja. Surat lamaran pekerjaan yang diketik terkesan lebih rapi dan tertata dengan baik, karena sudah terformat oleh komputer.

Namun perlu diingat bahwa surat lamaran pekerjaan yang dilihat bukan hanya dari segi kerapian tulisan saja. Isi dan kelengkapan struktur juga merupakan poin penting. Berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja yang diketik.

Contoh Surat Lamaran Kerja Ketikan

Purwokerto, 11 Desember 2017

Lampiran:  –
Perihal     : Lamaran Kerja

Kepada Yth.
Kepala HRD Personalia PT INDAH SEJAHTERA
Jl. Yos Soedraso No. 11 kawasan industri, Jakarta.

 

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi yang saya dapat dari Bursa Kerja Kabupaten Banyumas, bahwasanya perusahaan PT Indah Sejahtera sedang membuka lowongan pekerjaan. Dengan surat ini saya ingin mengajukan lamaran kerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Berikut ini adalah biodata saya:

Nama                           : Raden Ahmad Maulana Iskandar Yusuf Ibrahim
Tempat/tgl. Lahir     : Bogor, 11 Agustus 1994
Usia                              : 23 Tahun
Jenis Kelamin            : Laki-laki
Alamat Asli                 : Jl. Pemuda Pancasila No. 03 Blok A, Bogor, Jawa Barat
Pendidikan Terakhir : SMK Kejuruan Pemesinan
No. Telp/HP.              : 0812211221122

Saya belum memiliki pengalaman kerja dimanapun. Namun dengan bekal kemampuan dan ketrampilan saya di bidang pemesinan dan pengalaman magang selama 6 bulan di PT Maju Jaya Indonesia. Saya yakin bisa bekerja dengan baik dan benar di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan data-data yang diperlukan sebagai kelengkapan surat lamaran kerja ini.

  1. Foto Copy Ijazah
  2. Foto Copy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Foto Copy Transkrip Nilai
  4. Kartu Kuning
  5. Daftar Riwayat Hidup
  6. 2 Lembar Pas Poto 4×6

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sungguh-sungguh dan penuh harap. Atas perhatian, pertimbangan, dan kebijakan Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat Saya

Raden Ahmad Maulana Iskandar Yusuf Ibrahim

Contoh di atas hanyalah salah satu dari banyaknya surat lamaran pekerjaan yang bisa dibuat sendiri. Jadi, jika anda ingin membuat surat lamaran untuk kerja, tidak harus sama seperti di atas. Jadikan contoh di atas sebagai referensi anda ketika membuat surat ini.

Masih banyak contoh-contoh yang bisa dijadikan referensi untuk membuat surat lamaran pekerjaan. Berikut ini ada banyak contoh surat lamaran pekerjaan untuk berbagai profesi.

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Lamaran Kerja
Sumber: sinauwerno-werno

Surat lamaran untuk melamar kerja yang baik dan benar merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Kenapa? Seperti yang sudah disampaikan di atas, bahwa surat lamaran adalah berkas lamaran kerja yang akan dilihat dan diperiksa pertama kalinya oleh HRD personalia.

Jika surat lamaran yang dibuatnya tidak baik dan benar, tentu akan ditolak. Nah, supaya tidak terjadi kesalahan dalam menulis surat lamaran pekerjaan, anda bisa ambil contoh dari sini. Karena contoh-contoh yang ada di artikel ini sudah layak dan memenuhi standar surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar.

1. Surat Lamaran Kerja Umum

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar
Sumber: rangkumanmakalah

Ini adalah surat lamaran pekerjaan yang biasa dipakai oleh kebanyakan orang saat melamar kerja. Kebanyakan adalah orang-orang yang melamar pekerjaan di perusahaan-perusahaan swasta seperti PT. Di Indonesia sendiri sampai saat ini, penyumbang lowongan pekerjaan terbesar adalah dari perusahaan swasta yaitu Persero Terbatas (PT).

Terlebih sistem yang dipakai oleh perusahaan tersebut dalam hubungan dengan karyawannya adalah sistem kontrak. Jadi, ketika habis masa kontrak kerjanya, kemugkinan besar karyawan akan diputus hubungan kerjanya. Kecuali karyawan yang terpilih, biasanya 1 dari 10 karyawan kontrak yang terpilih untuk lanjut menjadi karyawan tetap. Dan lainnya kembali lagi mencari pekerjaan, atau membuka usaha.

Itulah salah satu alasan kenapa setiap tahun tetap masih banyak pencari kerja yang belum mendapat kerja. Jadi, mau tidak mau dalam melamar kerja anda harus bersaing dengan ratusan bahkan ribuan pelamar kerja lainnya. Dan agar bisa lolos dan diterima kerja, tentu anda harus berjuang sebaik mungkin. Salah satunya dengan cara membuat surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar seperti contoh surat lamaran kerja yang ada di artikel ini.

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum

Banyumas, 13 Maret 2017

Lampiran : 9 Lembar
Perihal     : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.
Kepala Personalia PT Indonesia Raya
Di tempat

 

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                               : Rony Saputra
Tempat Tanggal Lahir : Pekalongan, 1 Janury 1997
Usia Sekarang                : 20 Tahun
Alamat Domisili            : Jl. Ahmad Yani No. 11 Blok C Pekalongan Timur
Pendidikan                     : SMK Teknik Otomotif
Nomor Hp.                     : 0821122334455

Dengan surat ini saya ingin mengajukan lamaran kerja di PT Indonesia Raya sebagai operator produksi.

Saya memiliki keahlian dalam bidang mengoperasikan mesin perkakas. Selain itu saya juga memiliki bekal pengalaman kerja sebagai operator mesin CNC di salah satu perusahaan ternama di Jakarta.

Dengan modal keahlian dan pengalaman tersebut saya berharap bisa bergabung di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Saya siap ditempatkan di bagian mana saja dan saya yakin bisa bekerja dengan baik dan benar.

Untuk bahan pertimbangan, saya lengkapi beberapa berkas persyaratan yang diminta oleh perusahaan yaitu sebagai berikut:

  1. Foto Kopi Ijazah Terakhir
  2. Foto Kopi Transkrip Nilai
  3. Foto Kopi Kartu Identitas Diri (KTP)
  4. Foto Kopi Akta Kelahiran
  5. Foto Kopi Kartu Keluarga (KK)
  6. Foto Kopi SKCK
  7. Foto Kopi AK 1
  8. Daftar Riwayat Hidup
  9. Pas Photo 2 Lembar 4×6

Demikian surat lamaran kerja dari saya, besar harapan saya untuk bisa bergabung di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Atas perhatian dan pertimbangan Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.

 

 

Rony Saputra

2. Surat Lamaran Kerja PT (Persero Terbatas)

Contoh Surat Lamaran Kerja di PT
Sumber: giuliopaletta.photoshelter

Surat lamaran kerja di perusahaan persero terbatas (PT) yang baik dan  benar itu seperti apa?
Sebenarnya sudah dicontohkan baru saja tadi. Yaitu di pembahasan surat lamaran yang umum.

Namun, itu hanya 1 dari banyaknya surat lamaran yang berbeda-beda bahasa dan kata-kata yang dipakai. Dalam membuat surat lamaran untuk mencari kerja, tentu tidak mungkin pelamar yang satu dengan yang lainnya sama. Pasti ada perbedaan.

Dari banyaknya pelamar yang diterima kerja tentu tidak dari satu surat lamaran yang sama. Para pelamar kerja yang berhasil diterima tentu banyak yang menggunakan bahasa dan pola sendiri-sendiri. Meskipun pada dasarnya menggunakan struktur yang sama dengan yang ada di contoh-contoh di sini.

Bagaimanakah contoh surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar untuk melamar pekerjaan di PT selain contoh di atas? Silahkan lihat dan baca contoh berikut ini.

Contoh Surat Lamaran Kerja di PT (Persero Terbatas)

Karawang, 21 Desember 2017

Kepada Yth.
HRD PT NUANSA INDAH PRATIWI
Jl. Melati Indah No. 91 Blok H, Karawang Barat

Hal : Lamaran Pekerjaan

 

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi yang saya terima dari sebuah media cetak koran Radar Karawang terbitan tanggal 17 Desember 2017. Dengan ini saya bermaksud untuk melamar pekerjaan di PT Nuansa Indah Pertiwi sebagai staf administrasi perusahaan.

Berikut ini adalah biodata diri saya:

Nama                                : Muhammad Fazza An Nahl
Tempat/Tanggal Lahir : 11 Desember 1993
Usia                                  : 24
Jenis Kelamin                : Laki-laki
Alamat Asli                     : Sawangan Wetan, RT 03/02 Kec. Patikraja Banyumas
Domisili                           : Perumahan Karaba Indah No. 39 Blok Z, Karawang
Pendidikan Terakhir     : SMK Akutansi
No. Telepon                     : 081200011112

Saya memiliki kemampuan di bidang akutansi dengan  baik. Selain itu, saya juga mampu mengoperasikan komputer dengan baik. Saya belum memiliki pengalaman kerja. Namun saya memiliki pengalaman magang selama 5 bulan menjadi asisten administrasi di perusahaan bonafit di Jakarta.

Dengan kemampuan dan pengalaman magang tersebut saya berharap Bapak/Ibu pimpinana bisa menerima saya untuk menjadi bagian perusahaan.

Sebagai pelengkap surat lamaran ini, saya lampirkan beberapa dokumen-dokumen persyaratan yang diminta oleh perusahaan.

  1. Foto Copy ijazah
  2. Foto Copy sertifikat magang
  3. Foto Copy KTP
  4. Foto Copy SKCK
  5. Foto Copy AK 1
  6. Daftar riwayat hidup
  7. Pas Foto 4×6 (2 lembar)

Demikian surat lamaran yang saya buat dengan data sebenarnya. Dengan penuh harap Bapak/Ibu pimpinan bisa memberikan kesempatan baik kepada saya. Atas pehatian dan pertimbangannya saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya

Muhammad Fazza An Nahl

3. Surat Lamaran Kerja Rumah Sakit

Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit
Sumber: gc-solutions

Surat lamaran untuk kerja di rumah sakit tidak jauh berbeda dengan pada umumnya. Secara format dan strukturnya bisa dikatakan sama. Yang membedakan hanya nama instansi dan bagian apa yang akan kita lamar.

Secara garis besar, melamar kerja di rumah sakit hanya dikhususkan untuk orang yang memiliki riwayat pendidikan di akademi keperawatan. Meskipun ada bagian-bagian tertentu yang bisa dimasuki oleh orang yang tidak memiliki riwayat pendidikan akademi keperawatan.

Nah berikut ini adalah contoh surat lamaran untuk melamar kerja di rumah sakit untuk bagian tenaga perawat. Contoh ini juga bisa dipakai untuk melamar kerja di rumah sakit selain di bagian tenaga pearawat. Cukup dengan mengganti nama bagian yang dilamarnya saja.

Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit

Purwokerto, 20 September 2017

Kepada Yth.
Pimpianan HRD
RSUD BANYUMAS
Jl. Dirgantara No.11 Blok C Kota BanyumasDengan Hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                                       : Retno Mutiany
Tempat dan Tanggal Lahir : 13 Maret 1994
Jenis Kelamin                        : Perempuan
Agama                                     : Islam
Status                                      : Belum menikah
Alamat                                    : Parikraja RT 01/02 Kec. Patikraja Kab. Banyumas
No. Telp                                  : 021443443443

Berdasarkan dengan informasi dari koran Harian Pagi terbitan tanggal 11 September 2017. Perihal kesempatan berkarir sebagai tenaga perawat di RSUD Banyumas, maka dengan melalui surat ini saya berniat untuk mengajukan lamaran kerja untuk menempati bagian tersebut.

Saya memiliki keahlian di bidang keperawatan dan mampu berinteraksi serta bersosialisasi dengan baik. Di tambah dengan pegalaman magang sebagai asisten perawat di salah satu rumah sakit di Jakarta selama 6 bulan. Saya yakin dengan bekal tersebut saya bisa bekerja dengan baik dan benar di Rumah Sakit yang Bapak/Ibu pimpin.

Sebagai bahan pelengkap dan bahan pertimbangan, berikut ini saya lampirkan beberapa dokumen yaitu:

  1. Foto Copy Ijazah Terakhir
  2. Foto Copy Transkip Nilai
  3. Foto Copy KTP
  4. Foto Copy Kartu Kuning (AK 1)
  5. Curriculum Vitae (CV)
  6. Foto Copy Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  7. Foto Copy Sertifikat Magang
  8. Photo Terbaru

Demikian surat ini saya buat, selanjutnya dengan penuh harap Bapak/Ibu pimpinan berkenan memanggil saya untuk ke tahap selanjutnya. Atas perhatian dan kebijakannya saya mengucapkan banyak terima kasih.

 

Hormat Saya

 

Retno Mutiany

4. Surat Lamaran Kerja Bank

Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank 1
Sumber: nu online

Bank adalah salah satu tempat kerja atau perusahaan yang bergerak di bidang keuangan. Mulai dari penyimpanan sampai peminjaman. Bekerja di Bank merupakan salah satu pekerjaan cukup banyak dimintai. Pasalnya selain gajinya yang berkecukupan, fasilitas tempat kerjanya juga nyaman.

Ngomong-ngomong soal pekerjaan di Bank, kita beralih ke surat lamaran untuk kerja di Bank. Hampir keseluruhan surat lamaran pekerjaan itu menggunakan format yang sama. Termasuk juga surat lamaran di Bank. Buat anda yang masih bingung membuat surat lamaran pekerjaan untuk melamar di Bank, bisa contoh format dan bahasanya dari contoh surat lamaran kerja di Bank di bawah ini.

Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank

Surabaya, 29 Februari 2017

Hal : Lamaran Kerja

Kepada Yth.,
Manager HRD PT BANK BCA
Jl. Gatot Subroto No.10
Surabaya

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari situs resmi Bank BCA, yaitu perihal lowongan pekerjaan sebagai Customer Service di Bank BCA, dengan ini saya:

Nama Lengkap               : Indah Dewi Prastiani
Tempat/Tanggal Lahir : Jakarta, 11 Oktober 1993
Status                               : Belum Menikah
Alamat Rumah               : Jl. Teguh IV No. 2 Blok III, Komplek Kodamar, Jakarta
Pendidikan                      : S1 – Akutansi
IPK                                    : 3.5
No. Telp/Email              : 08122128923/[email protected]

Mengajukan diri untuk melamar kerja di Bank BCA di bagian Customer Service. Sebagai pelengkap surat ini, saya lampirkan:

  1. Curriculum Vitae
  2. Foto Copy Ijazah S-1
  3. Foto Copy Transkip Nilai
  4. Foto Copy Kartu Tanda Penduduk
  5. Foto Copy Sertifikat Pelatihan
  6. Pas Foto Berwarna 4×6 (4 lembar)

Dengan penuh harap Bapak/Ibu pimpinan berkenaan untuk memberikan kesempatan wawancara kepada saya. Sehingga saya bisa menjelaskan secara terperinci mengenai potensi diri saya.

Demikian surat lamaran ini, terima kasih atas perhatiannya.

 

Hormat Saya

 

Indah Dewi Prastiani

5. Surat Lamaran Kerja Hotel

Contoh-surat-lamaran-kerja-di-hotel
Sumber: rocket managemen

Melamar kerja di hotel bukan merupakan hal yang mudah. Terlebih jika hotelnya berbintang. Tentu melamar kerja di hotel tersebut membutuhkan usaha yang cukup keras.

Karena pesaing jelas tentu banyak, dan kemampuan pun harus memenuhi standar yang diinginkan oleh pihak hotel. Hal pertama yang dilakukan jika anda ingin melamar kerja di hotel yang berbintang adalah membuat surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar. Jika belum bisa, silakan lihat contoh dari surat lamaran kerja di hotel yang akan kita bahas di bawah ini.

Jika membuat surat lamarannya saja sudah tidak menarik, tentu pihak hotel akan menolak anda dengan mudah. Oleh karena itu, sebelum anda membuat surat lamaran pekerjaan untuk bekerja di hotel, sebaiknya pelajari dan cari tahu bagaimana cara membuat surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar.

Contoh Surat Lamaran Kerja di Hotel

Jogjakarta, 16 November 2017

Kepada Yth.
Kepala Pimpinan Personalia
HOTEL ASTON
Jl. Pemuda Pancasila No. 10 Gang Baru
Jogjakarta

Dengan Hormat,

Berdasarkan pada informasi dari koran Sindo tanggal 14 November 2017 yaitu tentang lowongan pekerjaan sebagai Staff Housekeeping. Maka bersama dengan surat ini saya ingin mengajukan lamaran kerja untuk mengisi posisi tersebut.

Berikut ini adalah biodata singkat diri saya:

Nama Lengkap                 : Cici Tri Asih
Tempat/Tgl. Lahir           : Madiun, 17 April 1995
Usia                                    : 22 Tahun
Status                                 : Lajang
Alamat Tempat Tinggal : Dusun Dupak, Rt 02/09, Kec. Magetan Kab. Magetan
Pendidikan Terakhir      : S1 Ekonomi
Email/No. Hp                  : [email protected]

Saya mampu mengoperasikan komputer secara benar. Selain itu, saya memiliki pengalaman magang di hotel berbintang di daerah Jakarta. Meskipun belum memiliki pengalaman kerja, saya yakin dapat berkontribusi baik di bawah pimpinan Bapak/ibu.

Untuk bahan pertimbangannya, saya melampirkan dokumen-dokumen berikut ini:

  1. Curriculum Vitae
  2. Foto Copy Ijazah dan Transkip Nilai
  3. Foto Copy Sertifikat Magang
  4. Foto Copy KTP
  5. Foto Copy SKCK
  6. 3 Lembar Photo ukuran 3×4

Saya menantikan kesempatan yang diberikan Bapak/ibu pimpinan untuk mewawancari saya. Supaya saya bisa menjelaskan semua potensi yang terdapat pada diri saya.

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan penuh harap. Atas perhatian Bapak/Ibu pimpinan, saya ucapkan terimakasih.

 

 

 

Cici Tri Asih

6. Surat Lamaran Kerja Mall

Contoh Surat Lamaran Kerja di Mall
Sumber: jalansanasini

Mall adalah sebuah pusat perbelanjaan besar dengan banyaknya aneka barang perbelanjaan yang tersedia di dalamnya. Berbeda dengan pasar pada umumnya, para pedagang yang berada di Mall adalah para pelaku bisnis besar yang sudah mempunyai brand/merk terkenal.

Tidak heran jika pembangunan tempat yang disebut Mall ini memiliki area yang sangat luas. Sehingga untuk mendukung jalannya proses jual beli, pengelola Mall atau pun para pembisnis harus memperkerjakan banyak pegawai untuk mendukung semua itu.

Di antaranya adalah pegawai keamanan, pegawai kebersihan, Sales Promotion Girl (SPG), dan lainnya. Jika anda seorang yang ingin melamar kerja di Mall, sebaiknya harus benar-benar bagus dan menarik dalam membuat lamaran. Khususnya pada lampiran berkas surat lamaran pekerjaan. Bagaimana supaya surat lamaran pekerjaannya bagus? Lihat contoh berikut ini.

Contoh Surat Lamaran Kerja di Mall

Semarang, 8 Juli 2017

Kepada Yth. Kepala HRD
Moro Mall Indonesia Dept. Store
Purwokerto

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi yang saya terima pada tanggal 3 Juli 2017 di koran harian, perihal dibukanya lowongan kerja di Moro Mall Indonesia untuk mengisi bagian kasir. Maka dengan ini saya:

Nama                                   : Mamamia Ria Maria
Tempat/Tgl. Lahir            : Semarang, 27 Juni 1996
Jenis Kelamin                    : Perempuan
Alamat Tempat Tinggal   : Kali Bener RT 07/08, Purwokerto Selatan
Pendidikan Terakhir        : SMK Akutansi
No. Telepon                       : 082100990099

Mengajukan lamaran kerja di Moro Mall Indonesia untuk mengisi pada bagian yang dibutuhkan tersebut.

Saya serang yang baru menyelesaikan pendidikan sehingga belum memiliki pengalaman kerja. Namun, dengan bekal pengalaman magang di salah satu cabang Bank swasta indonesia selama 4 bulan, saya yakin bisa bekerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin secara profesional.

Sebagai bahan pertimbangan dan pelengkap surat lamaran ini, saya lampirkan berkas-berkas sebagai berikut:

  1. Satu lembar fotokopi ijazah terakhir
  2. Satu lembar fotokopi sertifikat magang
  3. Satu lembar fotokopi KTP
  4. Dua lembar foto 6×8

Demikian surat lamaran dari saya, besar harapan saya untuk bergabung menjadi salah satu bagian di Moro Mall Indonesia. Atas perhatian serta pertimbangannya, saya ucapkan terima kasih.

 

 

Mamamia Ria Maria

7. Surat Lamaran Kerja Alfamart/Indomart (Mini Market)

Contoh Surat Lamaran Kerja di Mini Market
Sumber: harapanrakyat

Selanjutnya yaitu contoh dari surat lamaran kerja di Mini Market. Alfamart dan indomart adalah sebuah mini market yang kini sudah menguasai hampir seluruh daerah yang ada di Indonesia. Kedua mini market ini bisa dikatakan sebuah prospek yang sangat bagus.

Pengelolanya tentu sudah sangat profesional, sehingga mini market tersebut mampu bertahan dan berkembang pesat seperti sekarang ini. Dengan perkembangan dan kemajuan inilah kini minimarket tersebut sudah mulai membuka lowongan hampir setiap bulan.

Bekerja di mini market sekelas alfamart dan indomart adalah sebuah pekerjaan yang cukup menjanjikan. Pasalnya, ada jenjang karir dan upahnya pun memenuhi standar daerah. Jika anda salah seorang yang ingin bekerja minim market tersebut, berjuanglah. Karena yang melamar di mini market tersebut tidak sedikit.

Anda harus bisa membuat surat lamaran yang menarik dan bagus. Agar anda bisa terseleksi untuk bisa masuk menjadi bagian di alfamart.

Contoh Surat Lamaran Kerja di Alfamart/Indomart

Tanggerang, 25 April 2017

Kepada
Yth. Kepala Personalia PT SUMBER ALFARIA TRIJAYA Tbk
Jl. Raya Tanggerang Selatan No. 27 Blok H, Tanggerang

Dengan Hormat,

Bersama dengan datangnya surat ini, saya:

Nama                                : Anugrah Dwi Handa Murti
Tempat, Tanggal Lahir : Serang, 20 Februari 1997
Jenis Kelamin                 : Perempuan
Alamat Lengkap             : Desa XXX RT 01/02 Kec. XXX Kab. XXX
Pendidikan                      : SMK Multimedia
Nomor Telp.                    : 09732313456

Mengajukan lamaran kerja di PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Saya seorang yang baru lulus dari pendidikan formal sehingga belum memiliki pengalaman kerja. Namun saya memiliki kemampuan dalam mengoperasikan komputer dengan baik. Dengan semangat dan motivasi kerja yang tinggi, saya yakin bisa bekerja dengan baik dan benar di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Untuk melengkapi lamaran kerja ini, saya lampirkan:

  1. Foto Copy Ijazah
  2. Foto Copy Sertifikat
  3. Foto Copy KTP
  4. Foto Copy SKCK
  5. Curriculum Vitae
  6. Foto berukuran 4×6 (4 lembar)

Demikianlah surat lamaran kerja dari saya, dengan penuh harap Bapak/Ibu bisa memberikan keputusan yang terbaik. Atas waktu dan perhatiannya saya mengucapkan terima kasih.

 

Anugrah Dwi Handa Murti

8. Surat Lamaran Kerja Guru

Contoh Surat Lamaran Kerja Guru
Sumber: plimbi

Menjadi guru adalah salah satu profesi yang sangat mulia. Ikut andil dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa merupakan suatu hal yang sangat penting dan sangat berharga bagi bangsa.

Pepatah mengatakan guru merupakan “Pahlawan Tanpa Tanda Jasa”. Sebuah pepatah yang tidak diragukan lagi kebenarannya. Melihat bukti dan kenyataan yang ada memang seperti itu. Banyak orang sukses dikarenakan pendidikan yang bagus di waktu sekolah, tentu semua itu tidak bisa lepas dari campur tangan seorang guru yang mendidiknya.

Berbahagialah anda yang sudah sejak kecil memiliki cita-cita menjadi seorang guru. Karena tidak semua orang bisa menjadi seorang guru. Namun, untuk bisa menjadi seorang guru itu tidak mudah. Terlebih menjadi seorang guru di sekolahan formal.

Selain penguasaan ilmu yang harus dikuasai, proses melamar untuk diterima menjadi guru di sekolah formal pun bukan hal yang mudah. Oleh karena itu di sini kita ingin membantu dengan memberikan contoh surat lamaran kerja untuk guru.

Proses melamar menjadi seorang guru tidak jauh berbeda dengan melamar kerja pada umumnya. Yaitu harus membuat surat lamaran yang baik dan benar. Bagaimana surat lamaran sebagai guru yang baik dan benar?

Contoh Surat Lamaran Kerja di Sekolah

 Contoh Surat Lamaran Kerja Guru
Sumber: luk-the-psycho

Itulah contoh-contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar. Mulai dari lamaran kerja di PT sampai dengan lamaran kerja sebagai seorang guru. Pada dasarnya proses pembuatan surat lamaran pekerjaan bisa dengan menggunakan format dan struktur yang sama. Asal isi dan bahasanya bisa menyesuaikan dengan tempat kerja yang akan dilamar.

Mengenai surat lamaran pekerjaan tulis tangan dan ketikan, tidak akan menjadi pengaruh selama anda mengikuti persyaratan yang diminta oleh pihak tempat kerja yang dilamar. Sangat jarang tempat kerja yang membuat persyaratan khusus untuk cara menulis surat lamaran.

Jadi, surat lamaran yang baik dan benar adalah surat lamaran yang dibuat dengan format dan struktur yang benar seperti contoh-contoh di atas. Serta kerapian dan tidak adanya salah kata atau salah huruf pada tulisan.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar
Sumber: locita

Surat lamaran pekerjaan adalah berkas yang penting dan memiliki pengaruh terhadap diterima atau tidaknya lamaran yang diajukan. Sudah seharusnya seorang yang melamar kerja membuatnya dengan baik dan benar.

Jika di atas adalah penjelasan mengenai contoh-contoh surat lamaran kerja, lalu bagaimana cara membuatnya?

Di sini kita akan memberikan tips-tips untuk membuat surat lamaran anda lebih menarik di hadapan HRD personalia. Sebenarnya tips yang akan kita bahas ini sudah umum. Namun banyak yang belum tahu bagaimana rincian membuat surat lamaran yang baik dan benar.

Tips Menulis Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik dan Benar

  1. Gunakan format atau struktur yang sudah ditulis dan dijelaskan di artikel ini.
  2. Perhatikan benar-benar informasi lowongan serta persyaratan yang diminta. Hal ini bertujuan supaya surat lamaran yang anda tulis tidak keluar konteks.
  3. Tulislah dengan menggunakan kata-kata dari bahasa baku dan sesuai EYD.
  4. Tulis surat lamaran dengan menggunakan bahasa kata-kata yang singkat, padat, jelas, menarik, sopan, dan mudah dipahami.
  5. Pada bagian alamat tujuan surat, penulisan nama orang yang dituju harus lengkap termasuk juga gelarnya. Begitu juga dengan penulisan nama tempat kerja dan alamat tempat kerja, tidak boleh ada yang salah.
  6. Jika sudah surat yang dibuat sudah selesai, sebaiknya dibaca ulang. Supaya bisa dipastikan tidak ada yang salah.
  7. Kertas yang dipakai harus benar-benar rapi dan bersih. Baik itu surat lamaran yang ditulis tanga ataupun yang diketik.
  8. Jika anda membuat surat lamaran dengan cara ditulis tangan, pastikan tulisan anda bagus dan mudah dibaca.

Tips-tips di atas merupakan ditulis berdasarkan pengalaman dan masukan dari orang-orang yang memiliki banyak pengetahuan di dalam dunia lamaran kerja.

Surat lamaran pekerjaan adalah pintu pertama yang harus berhasil lolos jika ingin diterima di suatu tempat kerja. Setelah berhasil lolos, anda akan mengikuti tes-tes lanjutan. Yaitu seperti tes psikotes, wawancara, dan tes kesehatan atau medical check up.

Nah, jika anda benar-benar ingin diterima kerja di tempat kerja yang anda lamar, sebaiknya jangan cuma sekedar cari tahu mengenai surat lamaran kerja yang baik dan benar saja. Cari tahu bagaimana cara melamar kerja yang baik dan benar. Cara ini meliputi anjuran-anjuran saat anda mengikuti tes lanjutan setelah seleksi surat lamaran dan berkas dokumen-dokumen lainnya berhasil lolos.

Cara Melamar Kerja yang Baik dan Benar Supaya Mudah Diterima

Cara Melamar Kerja yang Baik dan Benar
Sumber: linkedin

Setelah membahas tentang contoh surat lamaran kerja, pembahasan selanjutnya adalah tentang cara melamar kerja yang baik dan benar. Perlu diingatkan kembali, bahwasannya lolos seleksi berkas adalah tahap awal dalam runtutan melamar kerja. Setelah lolos seleksi surat lamaran pekerjaan dan berkas dokumen lainnya, anda akan mengikuti tes-tes lanjutan yang cukup sulit.

Tanpa bekal pengetahuan dan pengalaman anda akan merasakan kesulitan dan kemungkinan besar anda bisa gagal dalam menghadapi tes-tes lanjutan tersebut. Oleh karena itu, jika anda seorang yang pertama kali baru melamar pekerjaan,  sebaiknya banyak-banyak cari tahu tentang cara-cara menghadapi tes lanjutan.

Di sini kita akan berbagi pengalaman mengenai bagaimana cara menghadapi tes-tes lanjutan dengan baik dan benar. Supaya bisa lolos dan diterima kerja di tempat yang dilamar tersebut. Bagaimana caranya?

Tips atau Cara menghadapi Tes-tes Lanjutan dengan Baik dan Benar

Setelah berhasil lolos melewati seleksi administrasi yang mengharuskan anda menyiapkan berkas-berkas dengan memenuhi standar yang seperti ada di contoh-contoh surat lamaran kerja di atas. Selanjutnya masih ada cukup banyak tes-tes lanjutan yang harus dilewati dengan baik dan benar supaya bisa lolos sampai diterima kerja.

Umumnya, setelah lolos seleksi surat lamaran dan berkas-berkas lainnya, tes lanjutannya ada 4 macam. Yaitu tes psikotes, wawancara, medical, dan terakhir training.

Namun tidak semua tempat kerja seperti itu, ada yang kurang dan ada yang lebih dari 4 macam tes lanjutan tersebut. Namun kebanyakan tempat kerja hanya memberlakukan ke-4 macam tes lanjutan tersebut.

Bagaimana cara-cara yang baik dan benar untuk menghadapi tes lanjutan tersebut? Berikut ini adalah tips-tips menghadapi tes lanjutan berdasarkan dengan pengalaman orang-orang yang sukses mengikuti tes-tes lanjutan tersebut.

1. Psikotes

Tes psikotes adalah tes lanjutan pertama setelah lolos seleksi administrasi yang meliput berkas-berkas seperti surat untuk lamaran kerja, foto copy ijazah terakhir, foto copy Kartu Tanda Penduduk, dan berkas lainnya yang menjadi persyaratan dari pihak perusahaan. Bagaimana cara menghadapai tes psikotes?

Cara yang baik dan benar supaya lolos seleksi di tahapan tes psikotes adalah perhatikan dan ikuti instruksi dari personalia yang membimbing jalannya tes psikotes tersebut.

Tes psikotes ini terdapat beberapa jenis. Yang biasa dan pasti ada adalah tes wartegg, tes kraepelin, tes Edwards Personal Preference Schedule (EPPS), tes analaog verbal, dan tes logika aritmatika.

Yang dibutuhkan dalam tes psikotes adalah kecepatan dan ketepatan. Sehingga dalam tes ini membutuhkan konsentrasi tinggi untuk mendengarkan instruksi pembimbing dan konsentrasi tinggi untuk mengerjakan.

Tips dari kami adalah kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu, khusus untuk tes krepelin harus benar-benar mengacu pada intruksi yang diberikan.

2. Interview/Wawancara

Interview atau wawancara adalah tes yang cukup menegangkan. Berbeda dengan surat lamaran kerja yang bisa dikerjakan di mana saja. Dalam tes ini pelamar kerja langsung berhadapan empat mata dengan HRD personalia dari perusahaan. Tidak sedikit yang gagal di tahap ini dikarenakan gugup dan tidak tenang. Jadi siapkan mental yang kuat untuk menghadapi tes ini.

Tips untuk menghadapi tes wawancara atau yang biasa disebut dengan interview adalah kerapian, kesopanan, dan ketegasan.

Kerapian yang dimaksud adalah pada cara berpakaian pelamar kerja. Pakaian yang sopan yaitu memakai kemeja putih, celana hitam, sepatu hitam, memakai sabuk, baju dimasukan, rambut pendek, dan memakai parfum.

Kesopanan yang dimaksud adalah bagaimana cara sikap anda dalam menghadap personalia yan mewawancari. Dihitung sejak masuk ruangan wawancara sampai proses tes wawancara selesai dan keluar ruangan. Tipsnya adalah berikan salam dan senyuman ketika masuk dan keluar ruangan, ulurkan tangan terlebih dahulu untuk menjabat tangan, dan jangan lakukan gerakan sebelum diintruksikan atau dipersilahkan.

Ketegasan yang dimaskud yaitu, jawablah semua pertanyaan dengan jujur, logis, singkat, padat, dan jelas. Jawablah seperlunya dan tidak usah bercerita jika tidak diinstruksikan untuk menceritakan.

3. Medical Chek Up/Tes Kesehatan

Medical Chek Up atau bahasa Indonesianya adalah tes kesehatan merupakan tahapan tes yang hampir keseluruhan pelamar kerja bisa dengan mudah lolos di tahap ini. Asalkan memiliki kondisi kesehatan tubuh yang tidak bermasalah.

Tips untuk menghadapi tes kesehatan adalah jagalah kesehatan jauh-jauh hari. Jika perlu semenjak mengikuti tes atau semenjak anda mencari informasi tentang contoh surat lamaran kerja, mulailah merubah pola hidup yang tidak sehat, seperti begadang dan merokok bagi yang merokok.

Usahakan sebelum tes kesehatan minum susu putih secara rutin setiap hari. Karena cara untuk menghadapi tes ini adalah bukan dengan berpikir seperti tes-tes sebelumnya. Tetapi pada tes ini kondisi kesehatan tubuh yang akan menjawab.

Jadi, jika ingin lolos tes kesehatan, jagalah kesehatan. Karena sangat disayangkan jika gagal di tahapan tes kesehatan ini. Jika diibaratkan, tes ini adalah langkah akhir untuk dinyatakan lolos seleksi.

4. Training/Pelatihan

Ini adalah tahapan adaptasi dengan pekerjaan yang akan ditempati. Pada tahapan ini pelamar kerja sudah 99% diterima kerja. Dengan catatan ikuti instruksi dan aturan kerja dengan benar. Masalah belum bisa adalah suatu proses. Jadi, jika seorang pelamar kerja sudah masuk ke tahap training, maka sudah bisa dinyatakan diterima. Tinggal nunggu tanda tangan kontrak kerja saja.

Pada umumnya, waktu training paling lama yaitu 3 bulan, dan paling sebentar yaitu 1 minggu. Tergantung kebijakan perusahaan. Di beberapa perusahaan, masa training sudah dihitung mendapatkan upah harian. Terlebih jika yang masa trainingnya sampai berbulan-bulan.

Bersyukur adalah suatu yang harus dilakukan apabila pelamar kerja sudah masuk ke tahapan pelatihan ini. Karena dalam proses seleksi dari awal sampai dengan tahapan pelatihan tentu ada campur tangan Tuhan. Bagi yang bersungguh-sungguh pasti Tuhan akan mempermudah dan melancarkan semua tahapan-tahapan.

Oleh karena itu, bagi anda yang baru akan melakukan seleksi kerja, berusahalah dengan bersungguh-sungguh. Dan jangan lupa untuk selalu berdo’a meminta diberi kemudahan dan kelancaran. Banyak pelamar kerja yang di masa sekolahnya selalu juara kelas, namun tidak lolos seleksi kerja.

Usaha anda yang lakukan dengan bersungguh-sungguh hanya memiliki kemungkinan 99% untuk lolos. Sedangkan 1% ada ditangan Tuhan yang akan menentukan. Jadi jangan lupa usaha dan do’a dalam setiap langkah yang anda lakukan.

Memiliki pekerjaan itu memang sangat penting, karena menyangkut kelangsungan hidup. Tetapi, sesulit apapun mencari pekerjaan, tetaplah di jalan yang benar. Jangan mudah tergiur dengan tawaran-tawaran seperti masuk kerja tanpa tes. Karena sudah banyak yang tertipu gara-gara tergiur dan termakan oleh iming-iming masuk kerja tanpa tes.

Demikianlah pembahasan dari kami tentang contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar. Dengan pembahasan dan penjelasan yang cukup panjang ini, semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi anda.

Satu pemikiran pada “Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar Terbaru [99% Diterima]”

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.