Cara Membuat Slime dari Shampo, Lem, dan Bahan Terbaik Lainnya

By | April 18, 2018
Cara Membuat Slime dari Shampo

CARA MEMBUAT SLIME – Apa kabar pembaca Gallery Sepedaku yang budiman? Selamat datang di portal Gallery sepedaku. Sebelumnya kami sudah membuat artikel berisi informasi tentang cara mengecek nomor IM3. Kali ini, kita akan memberikan informasi tentang pembuatan slime. Ada banyak macam cara dan bahan untuk membuat slime. Dari bahannya sendiri bisa dengan shampo, tepung, lem, sabun, dan bahan lainnya.

Kepopuleran mainan yang terbuat dari campuran bahan polimer yang berbentuk cair dengan tambahan larutan polivinil alkohol serta ion borat atau yang sering disebut dengan slime di era milineal ini, memang sudah tidak diragukan lagi.

Selain karena telah menjadi mainan trend bagi kaum milineal, barangkali alasan lain yang membuat slime menjadi mainan yang cukup digandrungi yaitu karena cara membuat slime yang mudah, dan cenderung fleksibel karena bisa dibuat dari beragam bahan.

Tidak hanya itu, faktanya slime juga bisa menjadi mainan yang ampuh menghilangkan kejenuhan, bosan, bahkan juga bisa berfungsi sebagai pereda emosi.

Hal tersebut bisa terjadi karena, tekstur slime yang kenyal bisa dengan mudah anda remas-remas. Dan dari kegiatan meremas itulah, rasa emosi dan bosan bisa sedikit berkurang.

Cara Membuat Slime dengan Beragam Bahan Terbaik

Cara Membuat Slime dari Lem, Shampo, dan Bahan lainnya

Sumber: Little Passports

Mencari bahan untuk membuat slime tentu bukanlah sesuatu yang sulit. Sebab ada banyak sekali bahan aman dan cocok yang bisa anda pilih untuk membuat slime.

Salah satu bahan yang bisa anda coba yaitu menggunakan bahan-bahan sederhana yang sering anda gunakan setiap hari, seperti sabun, shampo, rinso, tepung, sunlight.

Selain bahan tersebut, anda juga bisa menggunakan bahan lain seperti lem, lem fox, lem povinal dan lem UHU.  Kemudian, bagaimana cara membuatnya? Berikut beragam bahan dan cara mudah membuat slime.

Cara Membuat Slime Ekstra Kenyal dengan Lem

Meskipun cenderung menggunakan bahan yang lebih banyak. Untuk membuat slime menggunakan bahan lem fox putih ini bisa anda coba untuk mewujudkan slime dengan tekstur ekstra kenyal dan stretchy. Dan bahan-bahan tambahan yang perlu disiapkan yaitu:

  • 3 sendok makan Lem Fox PVAC.
  • 3 Sendok makan (SDM) air.
  • Obat tetes mata.
  • 1 sendok teh (sdt) baking powder.
  • Seperempat sendok teh baby oil.
  • Sabun cair seperempat sendok teh.
  • Dan yang terakhir pewarna makanan.

Sedangkan langkah-langkah atau membuat slime dengan bahan lem fox lainnya, sebagai berikut:

  1. Siapkan wadah kering, kemudian campurkan dengan cara mengaduk bahan-bahan seperti lem fox, baking powder, serta air menjadi satu hingga merata.
  2. Tambahkan obat tetes mata, sabun cair, dan pewarna makanan ke dalam adonan slime sesuai takaran dengan tekstur yang anda inginkan.
  3. Selanjutnya, tambahkan baby oil dan aduk sampai merata jika tekstur sudah seperti yang anda inginkan
  4. Setelah selesai, taruhlah slime yang sudah siap ke dalam wadah kering dan tertutup agar kekenyalan slime bisa terus terjaga.

Cara Membuat Slime dari Sunlight

Cara Membuat Slime

Sumber: Fun at Home with Kids

Yang kedua, anda bisa membuat slime dengan cara yang tidak kalah mudah. Yaitu menggunakan bahan sabun cair. Berikut bahan-bahan yang perlu anda siapkan:

  • Detergen bubuk 1 gelas.
  • Siapkan 1 ¼ gelas air putih.
  • Tepung terigu.
  • Sabun cuci piring (sunlight) 3 sdm.
  • 3 sendok makan sabun mandi anak.
  • Pewarna makanan.

Dan langkah-langkah atau cara mudah membuat slime yaitu:

  1. Campurkan detergen bubuk, tepung, cairan sabun cuci piring (sunlight) serta sabun mandi anak ke dalam wadah dan aduk sampai adonan merata.
  2. Tambahkan air sesuai dengan porsi dengan tekstur yang anda inginkan.
  3. Selanjutnya, masukkan pewarna makanan untuk membuat slime terlihat lebih menarik.
  4. Simpan adonan slime ke dalam wadah kering dan tertutup.
  5. Slime siap dimainkan.

Cara Membuat Slime dengan Shampo Rambut dan Baking Soda

Cara Membuat Slime dari Shampo

Sumber: mjobalert

Selain menggunakan lem dan sabun cair. Cara mudah membuat slime lain seperti membuatnya dari bahan dasar shampo dengan tambahan baking soda juga bisa anda coba.

Cara membuatnya cukup mudah, yaitu tidak jauh berbeda dengan cara membuat slime dengan bahan shampo dan garam.

Mulailah dengan menyiapkan wadah sebagai tempat membuat adonan. Tuangkan shampo atau kondisioner dengan tambahan sedikit baking soda.

Kemudian, aduk adonan hingga mengental. Jika hasil adonan kurang mengental, anda bisa menambahkan baking soda lagi.

Namun, hal yang perlu anda ketahui ketika membuat slime dengan bahan shampo dan baking soda yaitu, hasil adonan slime yang akan anda dapatkan akan memiliki tekstur gempal dan tidak lengket.

Cara Membuat Slime untuk Hasil Terbaik, Gunakan Bahan Berikut Ini

Cara Membuat Slime dari Shampo

Sumber: Little Passports

Slime akan dikatakan sempurna jika slime yang anda buat memiliki tekstur adonan sesuai dengan keinginan anda. Namun, kenyataannya tidak semua cara pembuatan slime bisa sesuai ekspektasi anda.

Saya sendiri, pernah melakukan uji coba berulang-ulang sebelum akhirnya menemukan dan bisa mengatakan bahwa cara  terakhir ini, merupakan cara yang sempurna.

Dan bagi anda yang ingin mencobanya, siapkan shampoo yang memiliki tekstur encer seperti merk Lifebuoy atau Zinc, detergen bubuk, bedak, pewarna makanan, jika perlu baby oil sussons dan lem. Untuk lem, anda bisa menggunakan lem fox, povinal, atau lem UHU.

Lanjutkan dengan menyiapkan wadah kering. Tuangkan lem, setengah sachet shampo, dan pewarna makanan secukupnya kedalam wadah. Aduk semua bahan sampai adonan tercampur rata dan kental.

Sebenarnya, pada tahap ini, anda sudah akan menemukan adonan slime dengan tekstur yang baik. Tetapi, jika anda masih merasa kurang, anda bisa menambahkan bahan lain seperti detergen.

Anda juga bisa menambahkan baby oil, atau bedak bayi jika anda rasa adonan slime terasa lengket.

Cara Membuat Slime Tanpa Borak, Dijamin Aman dan Mudah

Cara Membuat Slime tanpa Borax

Sumber: lifestyle.kompas

Jika cara diatas bisa menghasilkan slime yang sempurna. Cara dan bahan berikut ini akan menghasilkan adonan slime yang aman untuk anak-anak. Misalnya dengan membuat slime tanpa menggunakan borak. berikut beberapa bahan yang perlu anda siapkan:

  • Baking soda
  • Air hangat
  • Lem cair
  • Foam clay
  • Sendok teh atau spoon
  • 3 wadah adonan
  • penyaring

Cara membuat slime yang aman untuk anak ini bisa anda buat dengan langkah-langkah berikut:

  1. tuangkan foam clay ke dalam wadah adonan.
  2. tambahkan air hangat, kemudian aduklah.
  3. selanjutnya, saring kedua campuran bahan diatas untuk mengambil sari foam clay dengan campuran air tadi.
  4. setelah memperoleh sarinya, tambahkan lem cair dan aduk secara perlahan selama kira-kira satu menit.
  5. kemudian siapkan wadah kedua, dan tuangkan satu sendok teh baking soda dengan tambahan air.
  6. Setelah semuanya siap. Campur adonan diwadah pertama dan adonan diwadah yang kedua menjadi satu.
  7. Aduk selama kurang lebih satu menit secara perlahan.
  8. Setelah adonan mengental dan terbentuk, anda bisa mengangkat asonan slime untuk dikeringkan dengan menggunakan bantuan kipas.

Begini Cara Membuat Slime Tidak Lengket di Tangan

Cara Membuat Slime tidak Lengket

Sumber: slimeupdate

Apa slime yang anda buat memiliki hasil yang lengket ditangan saat anda memainkannya? Jika iya, membuat slime dengan menambahkan campuran bedak bayi ataupun minyak bisa anda coba.

Anda bisa menambahkan bedak dengan cara meratakannya pada slime secukupnya. Untuk memastikannya, anda bisa merasakan adonan slime dengan cara memegang dan menariknya ke atas. Jika sudah terasa lunak dan tidak lengket maka adonan slime siap.

Cara ini, juga tidak jauh berbeda jika anda menggunakan tambahan bahan seperti minyak atau baby oil. Yaitu dengan cara menambahkan minyak atau baby oil kedalam adonan sampai slime memiliki tekstur yang tidak terlalu holdable.

4 Cara Mengatasi Slime Terlalu Padat dan Keras

Cara Membuat Slime yang Padat

Sumber: ShopSmart

Mengalami kegagalan dalam pembuatan slime, misalnya hasil adonan slime yang terlalu keras tentu akan sangat membuat kesal. Namun, jangan buru-buru menyerah dan meninggalkan adonan slime tersebut.

Karena ternyata adonan slime anda yang terlalu holdable atau padat bisa anda atasi dengan cara khusus.  Nah, berikut beberapa tips khusus untuk mengatasi adonan slime yang tidak strechy:

1. Tambahkan Slime Sticky Secukupnya

Siasati adonan slime yang keras dengan menambahkan adonan sticky atau slime lembek secukupnya. Ratakan keduanya hingga tekstur slime sesuai dengan yang anda inginkan

2. Tambahkan Slime Base Secukupnya

Memberikan tambahan slime base pada adonan slime yang keras juga bisa anda coba. Campurkan secukupnya, kemudian ratakan sampai anda rasa adonan sesuai dengan tekstur yang anda inginkan.

3. Tambahkan Detergen Cair Secukupnya

Memberi tambahan detergen cair atau biosoft kedalam adonan slime yang terlalu keras, holdable dan tidak strechy juga bisa menjadi solusi bagi anda. Yaitu dengan cara menambahkan detergen cair secukupnya, dan meratakannya.

4. Tambahkan Air Secukupnya

Dan hal terakhir yang bisa menjadi solusi simpel bagi anda yaitu mengatasi adonan slime yang terlalu padat dengan menambahkan air secukupnya kemudian meratakannya.

Itulah macam-macam cara ataupun bahan untuk membuat slime sendiri dengan mudah dan singkat. Cara membuat slime dari shampo, lem, atau dari bahan lainnya yang sudah dijelaskan, semoga menjadi tambahan ilmu pengetahuan bagi anda semua. Khususnya ilmu pengetahuan tentang membuat slime.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.