Pengertian Buku Digital, Jenis dan Fungsinya Lengkap

PENGERTIAN BUKU DIGITAL – Hay pembaca Gallery Sepedaku? Perkembangan teknologi digital yang kian lama kian pesat perlahan memberikan pengaruh terhadap kehidupan manusia. Hal ini kemudian terlihat dari generasi milenial yang tidak bisa lepas dari teknologi, bahkan ada sebagian yang memang tidak bisa terpisahkan dari teknologi.

Banyak yang menggunakan teknologi termasuk internet untuk menyimpan data atau informasi penting. Penggunaan buku tidak lagi harus berwujud, karna kini kita bisa menikmati kemudahan buku digital.

Media informasi menjadi hal pertama yang terkena imbasnya arus digitalisasi. Sejak zaman dulu, buku selalu diterbitkan dalam bentuk kertas dan buku real.

Tetapi dengan seiring perkembangan zaman, akhirnya banyak dikonversikan menjadi bentuk buku digital. Nah, inilah bentuk dari kreatifitas dan produktifitas untuk memanfaatkan teknologi.

Pengertian Buku Digital

Pengertian Buku Digital
Sumber: wikipedia

Pengertian buku digital adalah jenis informasi yang biasanya berisi teks, gambar, audio ataupun video yang dimuat secara digital sehingga bisa diakses dengan perangkat elektronik seperti komputer, laptop/PC, handphone dan lainnya.

Pada dasarnya, buku digital memiliki kesamaan dengan buku konvensioanl dengan tujuan untuk memberikan informasi berupa teks atau gambar.

Buku digital membantu menyebarluaskan informasi dengan cepat jika dibandingkan dengan buku konvensional. Terlebih lagi, penggunaan buku digital ini mengurangi penggunaan kertas yang berlebih. Selain itu, buku digital juga mudah untuk dibawa kemana-mana, mudah diakses, serta praktis.

Pada dasarnya, buku digital memiliki kesamaan dengan buku jenis konvensional yakni bertujuan untuk memberikan informasi dalam bentuk teks atau gambar. Yang membuat keduanya berbeda adalah karena fitur yang ditawarkan oleh buku digital.

Jenis Buku Digital Berdasarkan Format Filenya

Pengertian Buku Digital Sekolah
Sumber: kata

Dari pengertian buku digital, yakni informasi berupa tulian, gambar atau sejenisnya. Maka buku digital tentunya memiliki banyak format. Berikut ini adalah pengertian buku digital berdasarkan jenisnya jika dibagi berdasarkan format filenya.

1. AZW  (Amazon World)

Amazon World adalah salah satu format buku digital (ebook) milik Amazon. Formatnya sendiri menyerupai format ebook dari MOBI dengan tingkat kompresi tinggi.

Untuk format ini, kadang menyertakan juga Digital Right Management (DRM) yang merupakan ID (kode unik) yang dikhususkan untuk Kindle Amazon.

2. EPUB (Electronic Publication)

Electronic Publication adalah format yang di definisikan oleh forum open digital book dari Internet Digital Publishing Forum (IDPF) yang lebih mengacu pada XHTML da XML.

Karena ini adalah standar yang berkembang. Spesifikasi ini bisa dijumpai di beberapa situs diantaranya adalah situs IDPF, Adobe, Barnes & Noble, Apple.

Semuanya itu memiliki Digital Right Management (DRM) sendiri. Versi terbarunya adalah ePub 3 tetapi belum digunakan secara meluas.

3. MOBI (MobilPocket)

Mobil pocket adalah format yang bisa digunakan oleh hampir semua PDA dan Smartphone. Dalam PC dengan Sistem Operasi Windows bisa melakukan konversi file .chm, .doc, .html, .acf, .pdf, .rtf, dan .txt kedalam format ni.

4. PDB (Palm Database File)

Palm Database File adalah format yang memuat beberapa format buku digital berbeda untuk ditujukan ke perangkat berbasis sistem operasi Palm yang disebut sebagai PalmDOC.

5. PDF (Portable Document Format)

Format buku digital ini dicetuskan oleh Adobe dalam produk Adobe Acrobat yang digunakan dalam pertukaran dokumen. Format tersebut di dukung oleh semua platform komputer dan perangkat Smartphone.

Walaupun demikian, ada beberapa perangkat yang bermasalah menggunakan format PDF ini. Yang bermasalah dengan format ini biasanya karena ukuran layar yang tidak sesuai dengan format PDF.

6. KF8 (Kindle Fire Format)

Format buku digital yang satu ini sebenarnya hampir samadengan ePub yang disusun dalam PDB dengan DRM Amazon.

7. PRC (Palm Resource File)

PRC adalah format yang mengkombinasikan atau menyertakan beberapa format buku digital MobiPocket dengan menggunakan e-reader atau AportisDOC.

8. TPZ (Topaz File Extension)

Format buku digital yang satu ini mengatur layout pada halaman bersama dengan versi OCR yang tidak kedap suara. Format ini juga biasanya digunakan untuk membuat buku-buku tua dengan cepat karena proses konversinya yang otomatis.

9. HTML (HyperText Markup Langugue)

HTML sendiri adalah format yang merupakan bagian dari WWW. Banyak teks yang didistribusikan dalam format ini, termasuk di dalamnya CSS yang merupakan gaya yang sama seperti halnya HTML.

10. XML (extensible Markup Langugue)

Format ini biasanya digunakan untuk pertukaran data.

11. JPEG (Joint Photographic Experts Group)

Yaitu format buku digital yang memiliki ukuran besar karena informasinya adalah dalam bentuk gambar sebagian besarnya.

Fungsi Buku Digital atau Ebook di Era Modern

Manfaat Buku Digital
Sumber: masstlc

Jika dilihat kembali berdasarkan pengertian buku digital, akan ditemukan fungsi dan tujuan dari pembuatan buku digital ini.

Untuk fungsinya sendiri, sebenarnya ada beberapa versi yang menjelaskan mengenai apa saja fungsi dari pembuatan buku digital atau ebook.

Berdasarkan pengertian buku digital, buku digital memiliki fungsi sama seperti halnya buku konvensional yakni sebagai media informasi, hanya saja media yang digunakan bukan media real tetapi media digital.

Bisa ditemukan banyak sekali informasi yang bermanfaat di dalamnya. Untuk lebih detailnya, berikut ini adalah fungsi buku digital atau ebook.

1. Buku Digital Berfungsi Sebagai Media Informasi

Sama halnya dengan buku pada umumnya, buku digital juga memiliki fungsi dan tujuan yang sama yaitu untuk media informasi. Karena pada dasanya pengertian buku digital adalah media informasi.

Dengan menggunakan buku digital, tentunya informasi yang ada bisa disampaikan mudah untuk disebarluaskan dan mudah untuk diakses jika dibandingkan dengan buku konvensional.

Buku konvensional bisa diperoleh dari toko buku atau perpustakaan, sedangkan buku digital bisa diperoleh dengan gampang dan mudah dijumpai di internet.

Hal ini juga sebenarnya sebagai peluang penulis, tanpa harus menghubungi penerbit, bisa langsung menyebarkan tulisannya sendiri dalam bentuk buku digital.

Jadi pengertian buku digital tidak melulu terbatas pada jenis buku fisik dan maya saja, namun bisa juga diartikan sebagai wacana bisnis yang bisa anda coba.

2. Buku Digital Berfungsi Sebagai Media Pembelajaran

Seorang pengajar biasanya akan membutuhkan bahan ajar untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Untuk membuat suasana belajar mengajar lebih menarik atau menyenangkan dan tidak monoton.

Seorang pengajar terlebih dahulu membuat bahan ajar semenarik mungkin agar audiens mudah dan tidak kesulitan dalam memahami penjelasannya.

Disinilah buku digital difungsikan sebagai bahan ajar, dan disajikan dalam bentuk multimedia sehingga lebih menarik untuk dibaca dan dibahas.

Dan tidak menutup kemungkinan juga, pengajar memberikan tugas dalam bentuk multimedia untuk kemudian digunakan audiens sebagai medianya.

Dan ini memang bisa dibilang manjur untuk proses belajar mengajar. Terutama untuk yang sudah berstatus mahasiswa.

3. Buku Digital Media Bisnis

Buku digital juga bisa berfungsi sebagai media bisnis. Karena tidak sedikit buku digital yang dijadikan alternatif bagi penulis buku yang kesulitan menembus penerbit.

Karena pada umumnya memang buku diterbitkan dalam bentuk kumpulan kertas dan bisa dikatakan membutuhkan biaya jika masuk percetakan hanya untuk penerbit indhie.

Maka buku digital digunakan seorang penulis untuk mengekspose tulisannya atau mempublikasi karyanya secara komersil melalui internet. Selain itu, karya ini juga akan dilindungi hal cipta.

Contoh Buku Digital

Contoh Buku Digital
Sumber: udn

Untuk buku digital sendiri sebenarnya sudah tidak asing lagi bagi banyak orang. Tetapi hanya beberapa saja format yang familiar, misalnya saja format PDF, JPEG, HTML, atau buku digital 3D.

Sekarang ini lebih marak buku digital bentuk PDF dan HTML atau aplikasi seperti halnya Wattpad, blog, website, atau beberapa fitur terkenal lainnya. Dengan adanya buku digital, arus informasi semakin terbuka untuk didapatkan siapapun. Demikian penjelasan dari pengertian buku digital, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.