Pengertian Bullying dan Karakteristiknya dalam Kehidupan

PENGERTIAN BULLYING – Bullying merupakan perilaku yang benar-benar harus dihindari dan jangan dilakukan, karena memang tidak baik untuk dilakukan. Pada kesempatan ini, Gallery Sepedaku akan menjelaskan fakta seputar bullying.

Kata bullying sendiri berasal dari bahasa inggris yang jika diterjemahkan akan memiliki makna banteng yang senang merunduk kesana kemari. Secara etimologi, kata bully berarti penggertak, orang yang menggangu orang lemah.

Bisa disimpulkan bahwa, pengertian bullying adalah sebuah perilaku agresif yang dilakukan secara sengaja dan kejadiannya berulang-ulang dengan tujuan menyerang seseorang yang lemah, mudah dihina serta tidak melakukan pembelaan.

Secara umum bisa diartikan demikian, sedangkan beberapa ahli menjabarkan pengertian bullying.

Pengertian Bullying Menurut Para Ahli

Pengertian Bullying
Sumber: The Bully Book

1. Menurut Black dan Jackson (2007)

Black dan Jakson mengungkapkan pengertian bullying dapat diartikan sebagai perilaku agresif yang dilakukan secara sengaja dengan tujuan menyakiti atau mendominasi. Faktor yang menyebabkan anak-anak sering melakukan perilaku bullying yakni karena adanya perbedaan fisik, usia, bahkan keterampilan anak.

2. Wicaksana (2008)

Pengertian Bullying menurut pandangan wicaksana adalah kekerasan fisik dan psikologis jangka panjang yang dilakukan seseorang atau kelompok, terhadap seseorang yang tidak mampu mempertahankan dirinya dalam situasi di mana ada hasrat untuk melukai atau menakuti orang itu atau membuat dia tertekan.

3. Elliot (2005)

Bullying sebagai tindakan yang dilakukan seseorang secara sengaja dengan tujuan membuat orang lain takut atau terancam. Bullying bisa menyebabkan korban merasa takut, terancam atau tidak bahagia. Pengertian bullying dapat disederhanakan sebagai tindakan yang melibatkan ancaman.

5. Olweus (2005)

Menurut Olweus, pengertian bullying merupakan perilaku negatif seseorang yang dilakukan secara berulang-ulang dan terjadi dari waktu ke waktu. Perilaku bullying ini ternyata juga membuat si korban merasa tersudut dan sulit melakukan perlawanan.

Faktor yang Menjadi Penyebab Terjadinya Bullying

Faktor Penyebab Bullying
Sumber: End Bullying

Menurut bebera orang, apabila melihat dari sudut pengertian bullying. Bullying bisa disebabkan oleh beberapa hal ini diantaranya adalah

1. Faktor Keluarga

Kebanyakan para pelaku bullying memang berasal dari keluarga yang bermasalah. Misalkan saja berasal dari orang tuanya yang sering kali menghukumnya secara berlebihan atau karena situasi rumah yang sumpek, agresi dan kerap kali terjadi perselisihan.

Secara tidak langsung, perilaku anak akan meniru perilaku orang tuanya ini, karena kebanyakan anak memiliki perilaku berdasarkan dari pengamatan perilaku orang tuanya. Dari meniru inilah kemudian nanti akan berkembang menjadi perilaku bullying.

2. Faktor Sekolah

Beberapa sekolah umum tidak semuanya mempunyai budaya dekat dengan siswa. Tidak jarang perilaku bullying ini paling banyak terjadi di area sekolah. Salah satu faktor yang menyebabkan bullying di area pendidikan ini ialah karena kurangnya pengawasan guru terhadap siswa.

Secara tidak langsung, perilaku bullying ini berkembang dengan pesat karena sekolah tidak mengawasi dengan baik siswanya. Misalnya saja, memberikan hukuman yang sifatnya tidak membangun karakter anak. Jadi anak tidak hanya menghafal pengertian bullying saja, namun bisa menerapkan pada kesehariannya.

3. Faktor Pengaruh Teman Sepermainan

Interaksi dengan teman sepermainan juga menjadi salah satu faktor penyebab perilaku bullying. Karena banyak waktu yang dihabiskan bersama teman, apalagi kalau temannya terbilang tidak baik maka secara perlahan lingkungan ini akan mendorong anak untuk melakukan bullying nantinya.

Beberapa anak memang melakukan bullying dalam usaha pembuktian bahwa mereka cocok dan pantas untuk menjadi bagian dalam sebuah kelompok.

4. Faktor Individu

Faktor individu dimana seseorang yang kekurangan pengetahuan menjadi salah satu faktor penyebab munculnya perilaku bullying. Karena semakin baik tingkat pengetahuan seseorang tentang bullying akan mengurangi atau bahkan menghapuskan perilku bullying.

Karakteristik Perilaku Bullying

Karakteristik Bullying
Sumber: thelocal

Ada beberapa karakteristik dari perilaku bullying, berikut ini beberapa penjelasannya.

1. Adanya perilaku Agresif yang Menyenangkan Pelaku ketika Menyakiti Korban

Secara sederhananya, bullying adalah hasrat untuk menyakiti yang kemudian dimunculkan dalam aksi membuat seseorang tersakiti. Dan kebanyakan pelaku bullying ini merasa senang ketika membully korbannya.

2. Korban Merasa Tertekan

Bullying melibatkan kekuatan dan kekuasan yang tidak seimbang sehingga korban menjadi tertekan dan tersudutkan. Selain itu ada ketimpangan sehingga hanya menudutkan satu pihak saja.

3. Dilakukan Secara Terus Menerus dan Berulang Ulang

Karena berdasarkan pengertian bullying, bullying ini adalah perilaku agresif terhadap seseoran yang tipe proaktif dan dilakukan secara terus menerus dan berulang-ulang.

Ciri Ciri Korban dan Pelaku Bullying

Ciri ciri Korban Bullying dan Pelakunya
Sumber: bullyout

Beberapa ciri seorang korban bullying adalah sebagai berikut;

  • Secara akademis, korban terlihat lebih cerdas dari yang tidak menjadi korban atau sebaliknya.
  • Secara sosial, korban terihat lebih memiliki banyak hubungan yang erat dengan orang tau mereka.
  • secara mental atau psikis, korban memendang dirinya sebagai orang yang lemah, kepercayaan diri yang rendah, dan kecemasan sosial yang terbilang tinggi.
  • Secara fisik, korban bullying adalah pribadi yang lemah. Untuk korban laki-laki cenderung fisik dan untuk korban perempuan dalam bentuk kata-kata.
  • Secara Perorangan, walau korban menginginkan penerimaan secara sosial tetapi lebih cenderung jarang melakukan kegiatan yang menjurus ke arah sosial.

Beberapa ciri seorang pelaku bullying adalah sebagai berikut;

  • Biasanya hidup berkelompok serta menguasai kehidupan sosial di area sekolah
  • memposisikan diri di tempat tertentu di sekolah
  • Cenderung populer atau dikenal banyak orang disekolah
  • Gerak-geriknya mudah untuk ditandai seperti suka berkata kasar, melecehkan, atau jahil.

Jenis Jenis Bullying dan Contohnya

Jenis jenis Bullying
Sumber: Click2Houston

Ada beberapa jenis bullying yang dikategorikan oleh beberpa pakar ilmu pengetahuan diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Jenis Bullying Fisik

Pengertian bullying fisik ini biasanya terlihat jelas, dan siapapun bisa melihatnya karena memang sentuhan fisik terlihat antara pelaku dan korban.

Tindakan yang dikategorikan sebagai bullying fisik yakni kekerasan fisik seperti tentangan, jeweran, pukulan, melempar barang.

Perilaku fisik yang terkesan sederhana seperti senggolan pun termasuk bullying jika dilakukan dengan tujuan merendahkan seseorang atau mengintimidasi.

2. Jenis Bullying Verbal

Pengertian bullying verbal ini memang tidak tampak dalam pengelihatan tetapi bisa terdeteksi dengan pendengaran. Contohnya adalah membentak, mencela, memaki, menghina, mempermalukan di depan umum, memfitnah atau sekedar menebar gosip.

3. Bullying Jenis Mental dan Psikologis

Jenis bullying yang satu ini paling susah untuk di deteksi karena selain tidak tampak dimata juga tidak terdengar telinga, jadi harus sedikit awas untuk bisa mendeteksinya. Karena memang pembullyan ini dilakukan secara diam-diam.

Contohnya adalah mencibir, mengucilkan, memandang secara sinis, memandang dengan ancaman, menteror dan sejenisnya yang sulit untuk ditebak.

Tipe Tipe Bullying yang Paling Sering Terjadi

Tipe Bullying yang Paling Sering Terjadi
Sumber: forumforindonesiasby

Ada beberapa tipe bullying yang banyak diketahui diantaranya adalah sebagai berikut

1. Over Bullying

Over bullying ini meliputi bullying secara fisik dan verbal. Misalnya saja dengan mendorong hingga seorang korban jatuh, memukul, mengancam atau sejenisnya dengan tujuan untuk menyakiti atau menyudutkan.

2. Indirect Bullying

Indirect Bullying ini biasanya meliputi agresi relasional, dimana bahaya yang ditimbulkan adalah menghancurkan hubungan yang dimiliki korban, termasuk di dalamnya pengucilan, menyebarkan gosip atau meminta pujian dengan mengkompensasi persahabatan.

3. Cyber bullying

Seiring dengan perkembangan teknologi, kemudian sekarang muncul juga bullying dengan mengandalkan media sosial atau teknologi sebagai medianya.

Bisa dengan mengirimkan pesan pribadi, telephone maupun internet. Bullying ini bertujuan yang sama yakni untuk menghancurkan reputasi seseorang sehingga menjadi lebih tersudutkan.

Itu semua adalah tentang pengertian bullying. Dilihat dari pengertian, jenis-jenis, karakteristik, ciri-ciri bullying, dan sebagainya, sudah jelas bullying adalah perbuatan yang tidak baik. Jadi, mari kita hindari sifat dan sikap bullying, dan mulailah katakan stop bullying.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.